3 Lomba Burung Online di Indonesia Sejak Tahun 2012-2020

Burungnya.com – Akhir-akhir ini banyak kicau mania mengeluh karena tidak bisa ikut gantangan dan lomba burung. Hal ini karena pandemi virus Corona yang mengharuskan masyarakat beraktivitas di rumah, termasuk belajar dan kerja. Tak heran, sekarang mulai muncul lomba burung online di Indonesia.

Perlu Anda ketahui, lomba burung online sudah ada sejak tahun 2012. Penyelenggara lomba ini adalah Omkicau.com. Kemudian berselang beberapa tahun tepatnya di tahun 2017 muncul aplikasi Gantangan Burung Online berbasis Android yang dibuat oleh Steve Stanley.

Sekarang yang terbaru di tahun 2020 adalah lomba burung online dari aaDuki atau DuniaKicau.com. Lomba ini beda dengan lomba burung online sebelumnya. Sebab, lomba burung yang ini sudah real-time atau dilakukan secara live streaming.

Mari mengenal beberapa lomba burung online di Indonesia sejak tahun 2012 sampai 2020.

Lomba Burung Online di Indonesia

1. Lomba Burung Online Omkicau.com (2012)

Lomba Burung Online Omkicau.com (omkicau.com)
Lomba Burung Online Omkicau.com (omkicau.com)

Menurut pantauan kami, lomba burung online pertama kali diadakan oleh Omkicau.com di tahun 2012. Mereka bekerjasama dengan Kicaumania.or.id, Smartmastering.com, IKPBS Solo, Papburi Solo, Sklbirdfarm.com, Black Bird Keeping (BBK) Cilacap, DT BirdFarm Jogja, Sangkarburung.com, dan Hai Gun SF Semarang untuk menggelar lomba burung online OmKicau.Com Cup I, seperti yang disadur dari situs omkicau.com (17/7/2012).

Sistem penilaian lomba tersebut mengirim video klip burung kicau yang telah ditentukan hari atau waktu pengambilan videonya. Penilaian berupa hasil akhir pemrosesan video (kualitas gambar, kualitas audio, kualitas editing) dan kualitas burung (variasi lagu, gaya, dan performa umum) berdasar tampilan yang ada di dalam video.

Video yang dikirim merupakan hasil satu potongan sebuah video, buka gabungan dari beberapa video. Selain itu, video bukan hasil dubbing. Di video harus ada label title lomba, tanggal pelaksanaan, jenis atau nama burung, serta nama dan alamat pemilik burung. Terakhir durasi maksimal video selama 5 menit.

Pemberian hadiah lomba hanya sebagai sumbang sih antar sesama kicau mania untuk meramaikan hobi burung, dan mendorong kicau mania untuk merawat burung peliharaannya secara lebih baik.

2. Aplikasi Gantangan Burung Online (2017)

Aplikasi Gantangan Burung Online (malangvoice.com)
Aplikasi Gantangan Burung Online (malangvoice.com)

Nah, untuk lomba burung kedua ini merupakan aplikasi Gantangan Burung Online dari Steve Stanley di tahun 2017. Aplikasi Android ini meliputi proses lomba hingga penjurian.

Cara kerja aplikasi Gantangan Burung Online, peserta login dulu, daftarkan jenis burung, identitas, dan sebagainya. Peserta memilih jenis lomba dan level lomba kicau. Setelah itu, peserta memilih jadwal lomba dan mengirimkan video burung kicau ke aplikasi melalui fitur upload.

Juri yang sudah berkompeten akan memberikan vote. Sesuai batas waktu yang telah ditentukan, peserta akan menerima notifikasi nilai atau score burung mereka. Pemenang akan mendapat koin yang bisa ditukar dengan gems atau bisa digunakan untuk daftar lomba gantangan lain.

Loading...

“Jadi untuk mendaftar lomba gantangan burung online, peserta bisa membeli koin virtual di Indomart,” kata Steve Stanley yang dikutip dari Malangvoice.com (14/3/2017).

3. Lomba Burung Online DuniaKicau.com (2020)

Hampir semua kicau mania terkena dampak pandemi virus Corona. Gantangan dan lomba burung sementara ditutup karena ada larangan physical distancing dari pemerintah. Oleh karena itu, aaDuki atau DuniaKicau.com menggelar lomba burung online secara live streaming.

Jadi, kali ini bukan kirim video atau upload video burung, tapi seperti video conference burung. Pesertanya 4 burung yang ikut lomba secara live streaming. Kemudian ada 1-2 juri profesional yang juga ikut dalam penilaian lomba.

Jenis burung yang dilombakan, mulai Murai Batu, Cucak Ijo, Kacer, Anis Merah, Kenari, Lovebird, Hwa Mei, Anis Merah, Konin, dan lain-lain.

Perlombaan burung menggunakan smartphone, koneksi internet stabil, live streaming, juri profesional dan independen, serta hadiah sejumlah uang.

Sistem Penilaian atau Pakem Penilaian Lomba Burung

  • Selama lomba berlangsung, burung boleh diberi lawan atau ditrek.
  • Burung harus single atau sendiri saat lomba.
  • Selama lomba tidak boleh ada suara selain burung.
  • Posisi sangkar bebas, boleh digantung atau di bawah.
  • Koneksi buffering atau lemot akan dikurangi poinnya.
  • Kamera terlalu banyak gerak akan dikurangi poinnya.
  • Posisi kamera maksimal 2 meter, kalau terlalu jauh dikurangi poinnya.
  • Suara bising selain burung akan dikurangi poinnya.
  • Disarankan smartphone atau kamera menggunakan tripod dan koneksi internet stabil.
  • Pendaftaran gratis, tapi terkadang ada syarat menggunakan sangkar merek tertentu.
  • Hadiah bisa berupa uang, tebok, atau peralatan burung lainnya.

Cara Daftar Lomba Burung Online

  1. Inbox ke Fanspage Facebook DuniaKicau.Com
  2. Nama burung
  3. Pemilik
  4. Domisili atau alamat
  5. Jenis burung
  6. Sisipkan video burung
  7. Biaya gratis

Tidak semua pendaftar bisa ikut lomba karena pesertanya cuma 4 orang. Jadi, calon peserta akan diseleksi terlebih dahulu atau disortir sesuai kriteria lomba.

Kesimpulan

Demikian beberapa lomba burung online di Indonesia mulai tahun 2012 sampai 2020. Pertama kali mungkin ide lomba ini muncul dari Omkicau.com. Kemudian lomba berikutnya dibuatkan aplikasi Android oleh Steve Stanley. Ketiga lomba burung live streaming yang diselenggarakan oleh aaDuki.

Baca juga:

Lomba seperti ini sangat berarti bagi kicau mania yang sedang dilanda pandemi COVID-19. Mereka pasti sudah bosan di rumah karena tidak bisa ke gantangan atau ke lomba burung. Dengan hadirnya lomba burung online, tentu menjadi hiburan tersendiri bagi kicau mania.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!