Makanan Burung Kolibri agar Rajin Bunyi (audubon.org)

7 Makanan Burung Kolibri agar Rajin Bunyi

Burungnya.com – Kalau di alam liar, burung Kolibri biasa mengonsumsi nektar dari bunga dan tumbuhan lainnya. Lantas, kalau dipelihara di rumah, kira-kira apa makanan burung Kolibri?

Sebenarnya hampir sama, nektar memiliki rasa manis layaknya madu atau gula. Jadi, burung Kolibri bisa diberi makanan yang mengandung gula.

Apa saja makanan yang mengandung gula? Makanan manusia yang rasanya manis juga bisa diberikan ke burung Kolibri, asalkan takaran dan porsinya tepat.

Jenis Makanan Burung Kolibri

1. Madu

Dari berbagai makanan manis, tentu saja madu yang paling istimewa. Sebab, madu mempunyai manfaat untuk menjaga stamina dan bisa menghangatkan tubuh.

Burung Kolibri yang mengonsumsi madu akan lebih rajin bunyi, lebih fighter, dan gacor. Meski begitu, jangan memberikan madu setiap hari dan dalam jangka panjang.

Alasannya, burung Kolibri yang kecil bisa kehilangan bulunya. Madu sifatnya panas, takutnya kalau mengonsumsi madu dalam jangka panjang bulu bisa rontok atau mengalami kebotakan.

2. Nektar Kemasan

Coba cari nektar kemasan di toko online atau ecommerce, nanti Anda akan mendapatkan beberapa merek nektar untuk Kolibri. Nektar ini sudah diracik khusus agar mirip dengan nektar asli.

Sehingga kandungan di dalamnya sudah pasti baik untuk performa burung Konin (Kolibri Ninja) dan jenis Kolibri yang lain. Nektar yang dijual di pasaran memiliki warna pink yang kelihatannya memang manis.

3. Susu Kental Manis

Sepertinya aneh melihat burung Kolibri meminum susu kental manis. Namun, nyatanya banyak sekali kicau mania yang memanfaatkan susu kental manis sebagai pengganti nektar.

Pemberian susu kental manis ini jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan burung kegemukan. Untuk itu, jadikan susu kental manis sebagai extra fooding saja atau minuman pendamping untuk mendongkrak stamina.

Jenis Makanan Burung Kolibri (forestsoils.org)
Jenis Makanan Burung Kolibri (forestsoils.org)

4. Nektar Buatan

Kami sudah menjelaskan tentang nektar kemasan yang dijual secara online. Lantas, kalau nektar buatan seperti apa?

Sama saja, bedanya nektar buatan, Anda yang membuatnya sendiri. Caranya mudah, siapkan air, gula, dan sirup. Kemudian campur semua bahan secukupnya saja agar tidak terlalu manis.

Setelah itu, berikan nektar buatan ke burung Kolibri sebagai extra fooding. Burung akan meminumnya karena rasanya mirip dengan nektar aslinya.

5. Voer

Makanan utama Kolibri yang tidak boleh ketinggalan adalah voer. Mengapa harus voer? Bukankah Kolibri di alam liar tidak makan voer?

Loading...

Ya, burung Kolibri di alam liar sudah mengonsumsi nektar dan kandungan cukup untuk kebutuhan nutrisi sehari-hari. Namun, karena di dalam kandang tidak bisa mencari nektar, jadi asupan gizinya bisa didapat dari voer.

Pakan voer mengandung karbohidrat sehingga tubuh burung Kolibri tidak akan kurus. Namun, berikan voer yang khusus untuk Kolibri atau burung-burung kecil.

Pasalnya, bentuk Kolibri kecil memancang. Dia akan kesulitan bila Anda memberikan voer yang besar-besar.

Oh iya, jangan memberikan voer dalam porsi besar. Alasannya burung bisa mengalami konstipasi atau sulit buang air besar.

6. Kroto

Jenis makanan utama yang seharusnya disediakan setiap hari pada Kolibri yaitu kroto. Namun, sekarang mendapatkan kroto cukup sulit.

Walau begitu, Anda harus berusaha mencarinya demi burung kesayangan. Sebab, tanpa kroto, burung Kolibri bisa kehilangan stamina, lemas, dan jarang bunyi.

Oleh karena itu, berikan kroto setidaknya satu cepuk setiap hari. Hal ini untuk menambah energi burung, meningkatkan stamina, dan membuat Kolibri gacor.

7. Buah Jeruk

Bagi yang belum tahu, buah jeruk dapat membuat suara Kolibri terdengar jernih dan ngeplong. Namun, sayang banyak burung tersebut yang kurang menyukai air jeruk.

Mungkin saja karena rasa jeruk yang terlalu asam, sehingga burung tidak suka. Kalau Anda rutin dan membiasakan makan jeruk manis, mungkin Kolibri akan menyukainya.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan burung Kolibri agar rajin bunyi. Ingat dari daftar makanan tadi ada yang makanan utama dan pakan tambahan.

Sehingga Anda harus pintar-pintar memilih makanan Kolibri, mana yang seharusnya diberikan setiap hari, mana yang cuma untuk pakan EF.

Kalau menurut kami, pakan sehari-hari Kolibri bisa kroto, air gula, dan voer. Kemudian, pakan EF berupa madu, nektar buatan, nektar kemasan, susu kental manis, buah-buahan manis, dan lain-lain.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • EF buatan untuk konin
  • burung jawa dikasih makan susukental manis
  • Ef burung kolibri
  • konin dikasih susu
  • logo pecinta burung kolibri
  • pakan burung kolibri bisa pakai pur

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!