Skip to content

21 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina yang Paling Akurat

Lovebird (trevorsbirding.com)

Burungnya.com – Beberapa pecinta Lovebird mengaku kesulitan mengetahui cara membedakan Lovebird jantan dan betina. Hal ini wajar karena Lovebird sendiri memiliki tiga kelompok tingkat kesulitan dalam membedakan jenis kelaminnya.

Selain itu, dari sisi fisik, Lovebird jantan dan betina tampak sama. Coba kalian pasti juga kebingungan saat diminta mana Lovebird yang kelamin jantan atau betina. Kalau bukan peternaknya, tentu akan kebingungan.

Untung saja, ada cara mudah mengenali fisik Lovebird biar tahu mana jantan dan betina. Anda bisa melihat cirinya dari ujung kepala sampai ujung kaki. Jangan lupa pelajari kelompok tingkat kesulitan perbedaan kelamin Lovebird.

Tiga kelompok tingkat kesulitan tersebut antara lain, kelompok Dimorfik (jenis kelamin Lovebird dapat dibedakan dengan mudah), kelompok Intermediate (jenis kelamin Lovebird cukup sulit dibedakan), dan kelompok Lovebird Kaca Mata (jenis kelamin Lovebird tidak konsisten, sehingga sangat sulit dibedakan), seperti yang dilaporkan oleh Omkicau.com.

Baca juga: 20 Cara Mengetahui Kelamin Lovebird Jantan dan Betina dengan Mudah

Jenis Lovebird Berdasarkan Kelompok Pembeda Kelamin

Kelompok Dimorfik

  • Lovebird Abisinia (Agapornis taranta)
  • Lovebird Madagaskar (Agapornis cana)
  • Lovebird Muka Merah (Agapornis pullaria)

Kelompok Intermediate

  • Lovebird Black Collared (Agapornis swinderniana)

Kelompok Lovebird Kaca Mata

  • Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae)
  • Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)
  • Lovebird Topeng (Agapornis personata)
  • Lovebird Fischer (Agapornis ficheri)

Nah, itulah beberapa jenis Lovebird yang mudah dan sulit dibedakan jenis kelaminnya. Terlepas dari itu semua, sebenarnya Anda dapat membedakan Lovebird jantan dan betina dengan akurat melalui beberapa cara berikut.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

1. Bentuk paruh Lovebird

Bentuk paruh Lovebird jantan dan betina (burungnya.com)

Bentuk paruh Lovebird jantan dan betina (burungnya.com)

Bentuk paruh Lovebird jantan lebih runcing atau mancung serta kecil, sementara bentuk paruh Lovebird betina cenderung tumpul, melebar, dan besar.

Trik ini sudah dipakai banyak penjual di pasar burung. Mereka bisa melihat Lovebird jantan dan betina dari ujung paruhnya.

2. Bentuk fisik Lovebird

Bentuk fisik (lovebirdcomunity.blogspot.co.id)

Bentuk fisik (lovebirdcomunity.blogspot.co.id)

Tubuh Lovebird jantan cenderung lebih kecil dari Lovebird betina. Coba dibandingkan keduanya saat berdampingan. Nanti akan kelihatan mana yang Lovebird jantan atau betina.

3. Kepala Lovebird

Bagian kepala Lovebird jantan berbentuk rata atau cepak, sedangkan Lovebird betina kepalanya cenderung melengkung atau cekung. Jadi bentuk kepala Lovebird jantan mirip seperti tentara.

Bagian atas kepala cepak atau rata. Sementara Lovebird betina tidak kelihatan ratanya.

4. Bentuk sayap Lovebird

Bentup sayap (rumahsangkicau.blogspot.com)

Bentup sayap (rumahsangkicau.blogspot.com)

Ujung sayap Lovebird jantan biasanya menyilang, kalau Lovebird betina ujung sayapnya tidak saling bertemu dan tidak menyilang (Cara ini hanya bisa dilakukan saat Lovebird diam).

Coba perhatikan keduanya saat sedang diam, nanti akan kelihatan ujung sayap Lovebird jantan selalu menyilang. Kalau betina sayapnya tidak bertaut satu sama lain.

5. Bentuk ekor Lovebird

Bentuk ekor (lovebirdku.com)

Bentuk ekor (lovebirdku.com)

Ekor Lovebird jantan berbentuk runcing, sedangkan ekor Lovebird betina lebih rata. Sekilas, ujung ekor Lovebird jantan mengerucut kecil. Kalau ujung ekor Lovebird betina lebar besar.

Ya, mungkin karena pantat Lovebird betina lebih besar karena untuk mengeluarkan telur. Sehingga ekornya ikut melebar untuk menutupi bagian pantatnya. Sementara Lovebird jantan ekornya cenderung runcing.

6. Cara bertengger Lovebird

Cara bertengger (parrotfeather.com)

Cara bertengger (parrotfeather.com)

Lovebird jantan akan bertengger dengan kaki agak merapat, sementara Lovebird betina kakinya agak melebar. Hal ini dikarenakan tulang pubis Lovebird betina agak lebar atau berjauhan, sementara Lovebird jantan tulang pubisnya rapat atau meruncing.

Sekali lagi ini karena Lovebird betina butuh ruang untuk mengeluarkan telurnya. Sehingga kaki agak dilebarkan. Nah, karena kebiasaan, kaki Lovebird betina sering berjauhan satu sama lain.

7. Cincin emas atau jarum

Cara membedakan jenis kelamin Lovebird menggunakan cincin emas (lovebirdku.com)

Cara membedakan jenis kelamin Lovebird menggunakan cincin emas (lovebirdku.com)

Ternyata cincin emas atau jarum juga dapat digunakan untuk melihat perbedaan Lovebird jantan dan betina. Caranya, siapkan tali dengan panjang 15-20 cm. Lalu, ikatkan ujungnya pada cincin emas atau jarum. Setelah itu, peganglah Lovebird menggunakan tangan kiri, usahakan bagian kepalanya jauh dari genggaman.

Kemudian, tempatkan cincin emas di atas kepala Lovebird dengan jarak 3-5 cm. Terakhir, perhatikan gerakan cincin emas yang digantung tadi. Jika cincin bergerak maju mundur searah, berarti Lovebird berkelamin jantan. Jika cincin bergerak memutar atau melingkar, berarti Lovebird berkelamin betina.

Baca juga: 20 Cara Mengetahui Kelamin Lovebird Jantan dan Betina dengan Mudah

8. Tulang pubis atau supit urang Lovebird

Beda tulang pubis Lovebird jantan dan betina (wikihow.com)

Beda tulang pubis Lovebird jantan dan betina (wikihow.com)

Pada Lovebird jantan, jarak antar dua tulang pubis akan terasa menyempit jika diraba. Untuk Lovebird betina, tulang pubisnya lebih elastis dan jarak antar kedua tulang pubis tersebut lebih lebar, kira-kira seukuran jari tangan manusia.

Tak hanya itu, saat meraba dua tulang supit udang Lovebird dewasa, maka tulang supit udang Lovebird betina akan terasa lebih lunak dan jika ditekan kedua tulang supit tersebut akan sepert terbuka. Sementara pada Lovebird jantan ketika ditekan, maka kedua tulang supit udangnya akan terasa lancip, rapat dan keras.

9. Tingkah laku Lovebird saat birahi

Bentuk paruh Lovebird (cherewed.com)

Beda Lovebird jantan dan betina (cherewed.com)

Lovebird jantan biasanya berdiri di dekat Lovebird betina sambil manggut-manggut. Kemudian, Lovebird jantan akan mengeluarkan suara tek tek tek atau cit cit cit (satu ketukan suara).

Terkadang, Lovebird jantan juga melompati Lovebird betina, mondar-mandir memanggil pasangan, meloloh Lovebird betina, gesek-gesek tangkringan, dan menaiki tubuh Lovebird betina.

Sementara, Lovebird betina akan merunduk dan membuka sayapnya lebar-lebar. Orang Jawa menyebut tingkah laku seperti ini posisi ngleper. Selain itu, Lovebird betina juga suka menggigit benda-benda di sekitarnya.

10. Cara Lovebird membangun sarang

Lovebird jantan dan betina membuat sarang (youtube.com)

Lovebird jantan dan betina membuat sarang (youtube.com)

Saat membangun sarang, di antara Lovebird jantan dan betina yang paling aktif adalah Lovebird betina. Lovebird betina akan mengambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang.

Sedangkan, Lovebird jantan hanya memberikan kulit kayu kepada Lovebird betina. Seharusnya pejantan lebih bertanggung jawab, tapi kalau burung Lovebird mungkin berbeda.

11. Tes DNA Lovebird dengan akurasi 99 persen

Tes DNA Lovebird (animalgenetics.us)

Tes DNA Lovebird (animalgenetics.us)

Jenis kelamin Lovebird dapat dibedakan menggunakan DNA yang diambil dari bulu atau darah. Keakuratan tes DNA diklaim mencapai 99 persen. DNA adalah singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis burung jantan dan betina.

Dengan perbedaan DNA inilah, Anda bisa tahu mana Lovebird jantan dan betina. Anda dapat melakukan tes DNA di laboratorium dengan biaya yang cukup mahal.

Baca juga: 10 Tanya Jawab Tes DNA Burung Untuk Mengetahui Jenis Kelamin

12. Lubang hidung Lovebird

Bentuk lubang hidung Lovebird (Burungnya.com)

Bentuk lubang hidung Lovebird (Burungnya.com)

Lubang hidung Lovebird bisa digunakan untuk menentukan kelamin jantan atau betina. Caranya dapat dilihat dengan memegang Lovebird tersebut, lalu ditiup pada bagian hidung.

Jika lubang hidung Lovebird berbentuk lonjong atau oval, maka dapat dipastikan itu jenis kelamin Lovebird jantan. Kalau lubang hidung Lovebird berbentuk bulat lebar, maka itu Lovebird betina.

13. Lingkar klep kacamata Lovebird

Lingkar kacamata Lovebird jantan dan betina (trevorsbirding.com)

Lingkar kacamata Lovebird jantan dan betina (trevorsbirding.com)

Lovebird jantan dan betina dapat dibedakan dari lingkar klep kacamatanya. Walaupun agak sulit, tapi terkadang perbedaan klep Lovebird jantan dan betina bisa kelihatan.

Untuk Lovebird jantan, biasanya klep atau lingkar kacamatanya lebih oval atau lonjong, sedangkan Lovebird betina klepnya lebih bulat.

Baca juga: 43 Jenis Lovebird di Seluruh Dunia Kategori Suara dan Warna

14. Anus atau kloaka Lovebird

Kloaka Lovebird jantan dan betina (Burungnya.com)

Kloaka Lovebird jantan dan betina (Burungnya.com)

Burung Lovebird jantan umumnya mempunyai anus atau kloaka yang lebih kecil dan seolah–olah terlihat menonjol atau lebih panjang. Kalau Lovebird betina biasanya memiliki kloaka atau anus yang lebih lebar dan terlihat lebih rata ketimbang kloaka Lovebid jantan.

Selain itu, bagian anus Lovebird jantan akan terasa keras, sedangkan Lovebird betina anusnya terasa lebih empuk. Untuk mengetahuinya, basahi dulu bagian vital burung Lovebird, kemudian buka bulu perlahan dan raba bagian anusnya.

15. Suara lovebird

Jenis Burung Lovebird untuk Lomba Suara Ngekek Panjang (olx.co.id)

Jenis Burung Lovebird untuk Lomba Suara Ngekek Panjang (olx.co.id)

Apakah bisa memastikan jenis kelamin Lovebird dari suaranya? Tentu saja tidak bisa, tapi dari kebiasaannya saat ngekek, kita bisa tahu itu jantan atau betina. Biasanya, burung jantan akan berkicau keras dan ngekeknya panjang saat sendirian.

Nanti begitu ada Lovebird betina, suaranya lebih keras lagi. Burung jantan jadi terlihat birahi. Kalau sudah dijadikan satu kandang, terkadang Lovebird betina akan dikejar-kejar dan dinaiki tubuhnya.

Suara Lovebird jantan perlahan akan menurun. Dia jadi jarang bunyi karena birahinya sudah dilampiaskan ke Lovebird betina.

16. Dicarikan Lovebird pasangan

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Akurat

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Akurat

Untuk mengetahui burung Lovebird jantan dan betina, coba dekatkan dengan Lovebird lain yang sebelumnya Anda sudah mengetahui jenis kelaminnya. Misalnya, Anda belum yakin dengan Lovebird baru Anda, kemudian Anda mempunyai satu ekor Lovebird lain yang jenis kelaminnya pasti betina.

Dekatkan Lovebird betina pada Lovebird Anda yang baru. Apabila Lovebird baru cenderung birahi dan menaiki Lovebird betina, berarti dia memang Lovebird jantan. Namun, bila dia biasa saja dan masih ngekek normal, ada kemungkinan Lovebird ini juga betina.

17. Cara Kawin Lovebird

Coba perhatikan cara kawin Lovebird jantan dan betina. Rata-rata Lovebird betina akan membentangkan sayap seperti pesawat saat birahi dan siap dikawin.

Kalau Lovebird jantan cenderung suka mendongak ke atas kepalanya. Sehingga terlihat seperti Lovebird jantan seperti menikmati Lovebird betina.

18. Posisi Kawin Lovebid

Lovebird jantan kawin selalu posisi di atas. Sedangkan Lovebird betina kawinnya berada di bawah. Ini mudah diamati apalagi saat keduanya sudah birahi.

Namun, kadang ada juga Lovebird betina yang terlihat di atas. Apakah ini suatu kelainan atau bagaimana, kami juga tidak tahu. Mungkin saja, Lovebird betina mulai bosan dengan gaya kawin yang gitu-gitu aja.

19. Lovebird Jantan Cari Bahan Untuk Sarang

Burung Lovebird jantan cenderung mencarikan bahan untuk membuat sarang. Sedangkan Lovebird betina lebih sering membangun sarang.

Ada rasa tanggungjawab dari Lovebird jantan untuk membangun sarang. Kalau Lovebird betina bertugas menjaga anak-anak biar selalu aman.

20. Lovebird Jantan Gampang Menyaut

Saat diputarkan suara Lovebird betina, nanti Lovebird jantan akan langsung menyaut. Mungkin ini sudah dari alam bawah sadarnya. Sehingga kalau Anda ingin membeli Lovebird, coba putarkan suara Lovebird betina.

Trik ini bisa sangat membantu terutama bila Lovebird tadi berada di kandang ombyokan. Berbeda bila Anda beli Lovebird dari penangkaran, karena tidak perlu melakukan semuanya. Dilihat dari ring di kaki sudah kelihatan mana Lovebird jantan dan betina.

21. Saat Lovebird Birahi

Ketika Lovebird sedang birahi, Lovebird jantan akan menggesekkan alatnya pada tangkringan dan benda lainnya. Sedangkan Lovebird betina lebih sering teriak-teriak tidak jelas.

Lovebird betina seperti tidak tenang karena birahinya belum tersalurkan. Anda bisa menurunkan birahi Lovebird dengan mentimun atau memandikannya.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membedakan jenis kelamin burung Lovebird jantan dan betina. Anda bisa mulai dari melihat fisiknya kemudian lanjut ke tingkah laku, suara, dan anusnya. Bila Anda masih belum puas, serahkan semuanya pada jasa tes DNA burung.

Sekarang sudah banyak jasa tes DNA burung. Nanti Anda akan diminta untuk mengambil sampel berupa darah burung atau bulu. Namun, dari keduanya lebih akurat darah.

Setelah itu, sampel di kirim ke laboratorium di luar negeri, hasilnya akan dikirimkan lewat email. Tak heran hasil dari tes DNA burung lebih mahal karena biaya laboratorium dan transportasi pengiriman sampel juga mahal.

Jika artikel dari Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • perbedaan lovebird jantan dan betina
  • cara membedakan lovebird jantan dan betina
  • ciri lovebird jantan
  • ciri ciri lovebird jantan
  • ciri lovebird betina
  • membedakan lovebird jantan dan betina
  • lovebird jantan dan betina
  • cara membedakan love bird jantan dan betina
  • ciri lovebird jantan dan betina
  • https://burungnya com/10-cara-membedakan-lovebird-jantan-dan-betina-paling-akurat/

7 thoughts on “21 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina yang Paling Akurat”

  1. terimakasih kak artikelnya bemanfaat sekali semoga dilancarkan rezekinya ya ka
    salam kenal saya kheren septiana dari ISB ATMA LUHUR

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.