Makanan Burung Lovebird Cepat Birahi (sfwallpaper.com)

10 Makanan Burung Lovebird Terbaik Biar Cepat Birahi Langsung Kawin

Burungnya.com – Salah satu penunjang burung Lovebird cepat birahi dan cepat kawin adalah makanan. Sebenarnya ada juga faktor lain, yakni usia. Namun, sebagian kicau mania meyakini makanan burung Lovebird yang paling berperan dalam membuatnya cepat birahi dan langsung kawin.

Cepat lambatnya kawin sepasang Lovebird dipengaruhi oleh usia dan kecocokan. Kemudian ditunjang dengan pakan extra fooding, maka Lovebird jantan akan birahi dan ingin kawin saat melihat betina.

Apa saja pakan burung Lovebird bisa membuatnya cepat birahi? Ada banyak varian makanan yang menunjang birahi Lovebird. Beberapa di antaranya adalah makanan yang berasal dari alam, seperti sayur-sayuran, buah, biji-bijian, vitamin, serta suplemen.

Makanan Lovebird Biar Cepat Birahi

Untuk membuat Lovebird cepat birahi atau cepat kawin, Anda bisa memberikan beberapa jenis makanan. Sebagian besar makanan ini alami, tapi ada juga yang sudah jadi atau biasa disebut vitamin dan suplemen bermerek. Anda bebas mau memberikan makanan alami atau buatan pabrik. Namun, kalau mau tanpa efek samping, Anda bisa memberi pakan yang alami saja.

Makanan Burung Lovebird Agar Cepat Kawin (weheartit.com)
Makanan Burung Lovebird Agar Cepat Kawin (weheartit.com)

1. Pakan Asinan

Kebutuhan kalsium Lovebird dapat tercukupi bila diberi tulang sotong atau bisa juga batu bata merah. Pemberian tulang sotong bisa secara utuhan atau dihaluskan kemudian dicampur dengan milet. Bata merah juga demikian, pemberiannya bisa utuhan atau dihaluskan terlebih dahulu.

Nah, dari dua pakan asinan ini dipercaya bisa membuat Lovebird cepat birahi. Sesekali coba berikan tulang sotong, biasanya Lovebird akan langsung kepo saat melihat burung betina. Begitu juga dengan Lovebird betina, dia akan langsung tertarik saat digoda pejantan.

2. Biji-bijian

Makanan utama burung Lovebird sejatinya adalah biji-bijian. Namun, karena hidupnya di alam, sehingga tumbuhan yang lain juga ikut dimakan. Kalau berbicara tentang biji-bijian kesukaan Lovebird, sudah pasti jawabannya sebagai berikut:

  • Milet putih.
  • Gabah.
  • Milet merah.
  • Biji fumayin.
  • Kuaci atau biji bunga matahari.

Kandungan di dalam biji-bijian tersebut yaitu protein dan vitamin. Fungsinya untuk menaikkan suhu tubuh agar selalu hangat dan meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Sayur-sayuran Lovebird

Burung Lovebird sangat menyukai makanan alami, seperti apel, pir, mengkudu, anggur, kangkung, sawi putih, seledri, krokot, daun mengkudu, jagung muda, serta daun-daunan yang lain. Pemberian sayur bisa digantung di dinding sangkar. Sementara pemberian buah, biasanya dipotong kecil atau digantung di dalam kandang.

4. Jagung Muda

Tahukah Anda jagung muda sangat cepat membuat Lovebird birahi. Oleh karena itu pemberian jagung harus diperhatikan. Kalau kebanyakan jagung, burung bisa over birahi. Selain itu, burung bisa sulit diatur.

Kalau di dalam sangkar, burung birahi akan sering gestang atau gesek tangkringan. Apa yang dimaksud Lovebird gesek tangkringan? Kondisi ini memperlihatkan burung Lovebird sudah tidak kuat menahan birahi sehingga dia sampai menggesek-gesekkan kelaminnya di tangkringan.

5. Telur Ayam Rebus

Biasanya burung Kenari yang makan telur rebus. Apakah Lovebird juga suka makan telur rebus. Sebenarnya burung Lovebird tidak suka telur, tapi bila dibiasakan beberapa hari sekali pasti hasilnya bagus.

Loading...

Telur rebus termasuk protein hewani yang bagus untuk kesehatan Lovebird dalam jangka panjang. Manfaat telur rebus ayam bisa meningkatkan keberhasil saat kawin, pemulihan kesehatan, perkembangan Lovebird, dan mengatasi Lovebird.

6. Kangkung

Pasangan jagung muda adalah kangkung. Ini jadi jenis makanan terbaik Lovebird biar cepat birahi dan kawin. Kangkung sudah menjadi makanan di penangkaran setiap hari. Makanan ini terbilang stabil, artinya walau Lovebird birahi tapi tidak sampai over birahi.

Kesejukan kangkung baik bagi tubuh Lovebird. Kangkung mempunyai sifat sejuk. Sehingga kalau Lovebird makan kangkung, nanti kesejukan tersebut bisa dirasakan sampai ke meridian usus dan lambung.

Kandungan vitamin A dan vitamin C pada kangkung tinggi sekali. Kebutuhan vitamin A sebanyak 70 persen dan vitamin C sebanyak 51 persen dapat terpenuhi cuma dengan mengonsumsi kangkung. Selain itu, kangkung rendah kalori sehingga tidak membuatnya gemuk.

7. Pakan Kemasan Racikan Peternak Lovebird

Kalau Anda melihat ke beberapa toko online, Anda akan mendapati salah satu pakan kemasan berisi racikan pakan tradisional. Makanan tersebut adalah Lovebird Extra Joss.

Komposisi dari makanan ini yakni canary seed, biji bunga matahari, milet putih, gabar beras merah, dan vitamin E. Anda bisa membeli makanan ini dari Bukalapak dengan harga sekitar Rp 25.000.

8. Vitamin WGO

Ada vitamin WGO yang bisa membuat Lovebird cepat birahi, cepat produksi, cepat kawin, dan cepat bertelur. Anda bisa membeli vitamin atau suplemen ini di Bukalapak dengan harga sekitar Rp 60.000. Dijamin vitamin Lovebird ini membuat Lovebird birahi.

9. Kecambah

Protein di dalam kecambah 19 persen lebih tinggi dari kandungan protein kacang hijau. Saat proses kecambah, terjadi hidrolisis protein yang menyebabkan kadar asam amino di dalam kecambah meningkat.

Manfaat kecambah untuk Lovebird bisa meningkatkan kesuburan dan bagus untuk produksi. Alasannya Lovebird mengandung vitamin E alfa yang bisa meningkatkan kesuburan Lovebird ternak.

10. Daun Bayam

Bayam mengandung sumber kalsium, vitamin A, vitamin E, vitamin C, zat besi, serat dan betakaroten. Kandungan zat besi di bayam sangat tinggi. Manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah, mencegah anemia, menjaga kesehatan mata Lovebird, dan menjaga burung agar bereproduksi dengan baik.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan burung Lovebird terbaik biar cepat birahi dan langsung kawin. Manusia saja harus mengonsumsi makanan tertentu agar tingkat birahi naik dan kuat semalaman. Burung Lovebird juga membutuhkan pakan seperti itu biar cepat birahi kemudian mengawini pasangannya.

Harapan setiap penangkar adalah melihat burung Lovebird cepat kawin, lalu produksi, dan menghasilkan anakan banyak. Setelah beberapa bulan kemudian bisa kawin lagi dan produksi lagi. Begitu seterusnya agar keturunan trah burung Lovebird tersebut semakin banyak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • sayur untuk lovebird saat sedang kawin
  • apa yg membuat birahi pada burung lovebird
  • buah dan sayur yang memacu birahi lovebird
  • https://burungnya com/makanan-burung-lovebird-terbaik-biar-cepat-birahi-langsung-kawin/
  • Makanan birahi lovebird cepat kawin

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!