Makanan Merpati agar Rajin Bertelur (pxhere.com)

3 Makanan Untuk Membuat Merpati Betina Rajin Bertelur

Burungnya.com – Pehobi burung Merpati betina diharapkan bisa rajin bertelur. Tujuannya agar burung Merpati bisa diseting giringannya untuk jadwal latihan dan lomba. Saat ini kebanyakan orang seakan cuma memperhatikan seberapa cepat Merpati. Namun, mereka tidak mempedulikan jadwal bertelur dan menyetel giringan.

Hal seperti itu dapat dimaklumi, mengingat sekarang sudah banyak kolongan di berbagai daerah. Sehingga, minat pehobi Merpati sudah terfokus pada lomba Merpati Kolongan saja. Sayangnya, mereka menjadi lupa bahwa menyesuaikan waktu giring sangat penting.

Salah satu penyesuaian waktu giring yang bagus bisa dengan menentukan jangka waktu bertelur secara rutin 1 kali dalam 1 minggu. Namun, bagaimana cara membuat Merpati rajin bertelur seminggu sekali?

Makanan untuk Membuat Merpati Rajin Bertelur (freepik.com)
Makanan untuk Membuat Merpati Rajin Bertelur (freepik.com)

Makanan Merpati Rajin Bertelur

Ternyata ada makanan Merpati yang dapat memicu burung rajin bertelur. Jadi, makanan ini tidak sekadar mengenyangkan saja, tetapi juga bisa membuatnya rutin bertelur. Makanan apa saja yang bisa merangsang burung Merpati cepat bertelur?

1. Pakan Merpati Grit

Burung Merpati merupakan pemakan biji-bijian seperti jagung dan lain-lain. Nah, biji jagung cukup keras untuk pencernaan burung. Sehingga diperlukan pakan pendamping agar biji jagung cepat hancur. Makanan tersebut adalah grit.

Grit berbentuk seperti pasir yang fungsinya sebagai pakan ngasin untuk membantu proses penghancuran biji jagung. Mengapa jagung harus dihancurkan? Alasannya jika biji jagung tidak dihancurkan di dalam pencernaan, maka akan menyebabkan masalah bertelur pada Merpati betina.

Jika Merpati terlalu sering makan jagung yang utuh-utuh, maka proses bertelur akan terganggu. Selain itu, Merpati betina tidak akan rajin lagi dalam bertelur. Bisa jadi, Merpati akan bertelur 10 hari sekali atau 14 hari sekali. Hal tersebut tentu akan mengganggu proses cabut telur dan membuat latihan Merpati betina berantakan.

2. Makanan Merpati Cangkang Telur

Banyak yang bertanya apakah kulit telur yang tajam tidak berbahaya untuk burung Merpati betina? Kulit telur atau cangkang telur tidak terlalu tajam apabila potongannya cukup halus. Sehingga cangkang telur dapat dijadikan camilan ngasin yang bagus untuk Merpati.

Loading...

Cangkang telur dapat membantu proses penghancuran biji jagung yang keras di dalam pencernaan. Sehingga sistem pencernaan burung Merpati akan lebih sehat dan tidak gampang sakit. Kulit telur ini bisa dijadikan alternatif apabila stok grit telah habis.

3. Pakan Merpati Terasi

Apakah terasi bisa dijadikan makanan Merpati? Lantas, apa Merpati bisa rajin bertelur setelah diberi terasi? Pertanyaan seperti ini sering muncul di kalangan pecinta Merpati. Jawabannya bisa, karena terasi terbuat dari campuran kulit udang yang telah busuk dan sudah hancur.

Terasi sifatnya bukan sebagai penghancur biji jagung di dalam pencernaan. Namun, terasi berfungsi sebagai pelunak agar biji jagung lebih lunak dan aman untuk pencernaan burung. Sehingga, bisa dikatakan bahwa terasi dapat dijadikan alternatif makanan untuk membuat Merpati betina rajin bertelur.

Selain makanan, burung Merpati betina harus dilatih umbaran agar otot sayap dan otot tubuh berkembang. Burung Merpati harus rajin bergerak agar proses bertelur menjadi lancar. Jadi, jangan lupa burung Merpati diberi makanan-makanan ngasin tadi dan diumbar di tanah lapang.

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan yang dapat memicu burung Merpati betina rajin bertelur. Daftar makanan tadi seperti grit, cangkang telur, dan terasi. Di samping itu, burung Merpati juga harus diumbar agar otot-ototnya sehat.

Baca juga:

Pemberian pakan yang rutin dan latihan umbaran setiap hari akan membuat burung Merpati betina rajin bertelur. Efek samping dari makanan tadi sepertinya tidak ada karena berasal dari bahan alami dan hewani.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • pakan merpati agar cepat bertelur
  • makanan merpati cepat bertelur
  • cara membuat jamu merpati agar cepat bertelur
  • manfaat terasi untuk merpati
  • khasiat terasi untuk merpati
  • agar merpati cepat bertelur
  • cara agar merpati cepat bertelur
  • ciri merpati betina yang cepat bertelur
  • cara merpati cepat bertelur
  • burung darA supYA cepat bertelur

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!