Manfaat Cuka Apel untuk Burung Merpati (duniahobi.org)

3 Manfaat Cuka Apel untuk Merpati dan Cara Memberikan

Burungnya.com – Biasanya cuka apel dipakai untuk membuat salad dan penambah rasa asam alami pada makanan. Setelah diujicoba ternyata cuka apel juga bermanfaat untuk burung Merpati Balap, Kolong, Tinggi, hingga Merpati Pos.

Apakah aman pemberian cuka apel untuk burung Merpati? Tentu saja aman, selama proses pemberiannya benar sesuai prosedur. Nah, bagi yang sudah penasaran dengan hubungan cuka apel dengan burung Merpati, mari menyimak penjelasan berikut.

Manfaat Cuka Apel untuk Merpati

1. Bunuh Bakteri dan Virus

Mungkin banyak di antara Anda yang belum tahu bahwa cuka apel bisa membunuh 170-an bakteri, terutama bakteri e-coli dan salmonella. Bakteri ini sering menyerang Merpati dan menyebabkan berak hijau.

Selain itu, cuka apel juga bermanfaat untuk membunuh virus ND Newcastle Disease atau virus tetelo. Virus ini cukup mematikan bagi Merpati dan bisa menyebabkan kematian.

2. Menyehatkan Pencernaan

Cuka apel ternyata mengandung asam organik yang dapat mengurai makanan sisa dalam tembolok. Sehingga makanan yang tidak tercerna sempurna di dalam tembolok akan segera keluar dan tidak menyebabkan penyakit.

3. Penetralisir Parasit

Burung Merpati cukup sering dijadikan tempat bersarang parasit, seperti tungau, kutu halus, hingga kutu Merpati besar. Nah, dengan adanya cuka apel, parasit tersebut akan hilang. Sehingga burung Merpati menjadi nyaman tanpa gangguan parasit.

Manfaat Cuka Apel untuk Merpati dan Cara Memberikan yang Benar (duniahobi.org)
Manfaat Cuka Apel untuk Merpati dan Cara Memberikan yang Benar (duniahobi.org)

Cara Memberikan Cuka Apel pada Burung Merpati

Cuka apel sifatnya asam dan tentunya kurang baik untuk saluran pencernaan. Namun, bila pemberian cuka apel benar, maka cairan tersebut tidak akan membahayakan burung Merpati.

Jadi, takaran pemberian yang dianjurkan saat memberikan cuka apel adalah 5-10 ml per liter air. Kalau mau aman, Anda bisa memberikan cuka apel kurang dari 5 ml per liter.

Loading...

Berikan saja 3 ml banding 1 liter air. Tujuannya agar minuman Merpati nanti tidak terlalu asam. Sebab, kalau Merpati banyak minum kandungan asam, maka hasilnya justru buruk.

Efek Kebanyakan Cuka Apel pada Burung Merpati

Kalau Anda kebanyakan memberikan cuka apel pada Merpati, maka hasilnya bisa sangat fatal. Anda sebaiknya jangan memberikan cuka apel melebihi dosis yang dianjurkan.

  • Masalah pencernaan atau gangguan pencernaan.
  • Menghambat terserapnya nutrisi dalam tubuh.
  • Membunuh bakteri baik yang bermanfaat untuk pencernaan.

Kesimpulan

Demikian beberapa manfaat cuka apel untuk burung Merpati dan cara memberikan. Secara garis besar, cuka apel bisa bermanfaat kalau pemberiannya tepat. Namun, bila Anda terlalu banyak memberikan cuka apel pada burung, hasilnya sangat buruk.

Baca juga:

Cuka apel mengandung asam yang tinggi sehingga bisa merusak pencernaan burung. Anda harus berhati-hati dalam memberikan cuka apel. Kalau terlalu banyak, cuka apel bisa jadi malapetaka, tapi kalau porsinya tepat, akan sangat bermanfaat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • manfaat cuka buat ternak burung

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!