Tips Kenari Ombyokan Cepat Bunyi (medium.com)

8 Tips Membuat Kenari Cepat Bunyi yang Baru Dibeli dari Ombyokan

Burungnya.com – Terkadang burung Kenari yang baru dibeli dari ombyokan masih malu-malu kucing. Burung tidak mau bunyi atau jarang bunyi. Lantas, bagaimana cara membuat Kenari cepat bunyi?

Sebenarnya burung Kenari belum bunyi setelah dibeli merupakan hal wajar. Sebab, burung masih beradaptasi dengan lingkungan baru. Bayangkan, dia awalnya berasal dari ombyokan yang di dalam satu kandang berisi banyak sekali burung Kenari. Kemudian Anda beli seekor Kenari, otomatis di rumah dia diam saja.

Berbeda ceritanya, kalau Anda membeli beberapa ekor Kenari sekaligus. Burung akan lebih cepat adaptasi karena masih bersama teman-teman lama. Walau tempat tinggal sudah ganti, burung Kenari mentalnya tidak akan down karena punya teman-teman yang lain.

Nah, berhubung pembahasannya tentang Kenari cepat bunyi, mari menyimak bersama tips tentang Kenari ombyokan agar cepat bunyi.

Tips Kenari Cepat Bunyi (danadesa.id)
Tips Kenari Cepat Bunyi (danadesa.i

Tips Membuat Kenari Ombyokan Cepat Bunyi

1. Pastikan Kenari Jantan

Sudah banyak artikel di Google dan Burungnya.com sudah pernah membahas tentang ciri Kenari jantan. Dari situ Anda akan lebih mudah memilih Kenari jantan dari ombyokan. Jika Anda kurang yakin, silakan tanyakan kepada penjualnya atau ajak teman yang sudah berpengalaman dalam memelihara Kenari.

2. Beli Minimal 2 Ekor Kenari

Burung Kenari sepertinya suka berkoloni. Sehingga Anda harus membeli Kenari minimal 2 ekor. Tujuannya untuk memperkuat mental burung setelah sampai di rumah majikan baru. Burung akan mudah adaptasi karena memiliki teman lama. Selain itu, burung Kenari lain bisa dijadikan pancingan agar Kenari utama cepat bunyi.

3. Saat Beli Kenari Pastikan yang Sudah Bunyi

Anda boleh memantau Kenari ombyokan dalam waktu yang lama. Ini untuk mempermudah Anda memilih Kenari yang sudah mulai belajar bunyi. Siapa tahu Anda mendapatkan Kenari gacor di ombyokan. Jadi jangan terburu-buru membeli Kenari dan langsung membawanya pulang.

4. Beli Kenari Muda 5-6 Bulan

Kalau mau cepat bunyi, beli saja Kenari muda berusia 5-6 bulan. Jangan membeli Kenari bakalan karena nanti dia mulai berkicau cukup lama. Kenari muda lebih mudah bunyi saat mendengar Kenari lain.

5. Pakan Burung Kenari

Setelah sampai rumah, berikan makanan Kenari yang bergizi. Anda bisa memberikan pakan voer atau biji-bijian. Yang penting jangan lupa tambahkan pakan extra fooding berupa buah, sayur, dan telur rebus.

Untuk buah, Kenari suka sekali dengan apel merah, pepaya, pisang, jeruk, dan lain-lain. Kalau sayur, Kenari bisa diberi kubis, sawi, wortel, selada, brokoli, gambas, dan mentimun.

6. Mandi dan Jemur

Pelihara burung Kenari tidak terlepas dari perawatan mandi dan jemur. Burung Kenari bisa dimandikan 2 hari sekali setelah pengembunan pagi. Saat burung tidak mandi, dia bisa diembunkan dan dijemur saja. Kalau saat waktu mandi, Kenari bisa diembunkan dulu, terus mandi, dan terakhir jemur.

Loading...

Embun bisa mulai jam 05.00 pagi, mandinya jam 06.30, lalu jemur jam 07.00 – 09.00. Proses mandi Kenari bisa disemprot halus atau mandi sendiri. Biarkan bulu mengering sebagian, lalu Kenari dijemur di bawah sinar matahari. Jemur maksimal 2 jam dan tidak boleh melewati jam 09.00.

7. Masteran Burung Kenari

Nah, setelah perawatan dasar, burung Kenari diberi masteran. Kenari bisa dimaster setelah jemur. Biasanya burung setelah jemur akan beristirahat. Nah, manfaatkan hal tersebut untuk memaster Kenari.

Jadi, setelah jemur, burung dikerodong full dan digantung di tempat yang sejuk dan tenang. Putar suara audio masteran yang bisa menenangkan jiwa burung Kenari. Tujuan masteran suara terapi alam ini relaksasi.

Setelah burung mulai terlihat beradaptasi, ganti suara masteran dengan suara burung Ciblek, Blacktrouth, atau Kenari yang sudah gacor.

8. Jamu Tradisional Burung Kenari Cepat Gacor

Bahan-bahan:

  • Biji-bijian Kenari 1 kg.
  • Jahe 1 ruas.
  • Kunyit 3 ruas.
  • Kuning telur mentah 2 butir.
  • Madu 4 sendok teh.
  • Minyak ikan 10 butir.
  • Vitamin Natur-E 3 butir.

Cara membuat Jamu:

  1. Jahe dan kunyit dikupas kulitnya, lalu diparut.
  2. Campurkan semua bahan dengan menambah air sepertiga gelas.
  3. Aduk-aduk adona sampai merata.
  4. Tunggu beberapa jam sampai jamu meresap ke pakan biji-bijian.
  5. Saring biji-bijian dan keringkan di bawah sinar matahari.
  6. Kalau perlu sangrai biji-bijian tadi supaya lebih kering.
  7. Simpan pakan Kenari di dalam botol tertutup atau toples tertutup.
  8. Berikan ke burung Kenari sebagai pakan harian atau pakan lomba.

Kesimpulan

Demikian beberapa tips membuat Kenari cepat bunyi yang baru dibeli dari ombyokan. Proses cepat lambatnya bunyi dipengaruhi berbagai faktor. Namun, dengan mengikuti semua tutorial tadi tentunya burung Kenari akan lebih cepat bunyi dan gacor.

Baca juga:

Burung Kenari yang tidak cepat bunyi kemungkinan sakit atau stres. Coba amati seluruh bagian tubuhnya, apakah terdapat luka atau tidak. Kemudian cek apakah Kenari diam di satu tempat atau lincah. Lihat pula tekstur kotorannya untuk mengamati apakah Kenari sehat atau sakit.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara merawat kenari yg baru dari byokan
  • obat untuk semprot kandang burung ombyok

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!