5 Model Tangkringan Pleci Biar Nagen dan Tidak Salto

5 Model Tangkringan Pleci Biar Nagen dan Tidak Salto

Burungnya.com – Hampir semua jenis burung mempunyai tingkat kenyamanan dalam bertengger. Jadi, model tangkringan Pleci dianggap penting untuk mendongkrak performa dalam berkicau.

Tak jarang, pembeli dan penjual burung Pleci selalu menyertakan tangkringannya supaya burung tidak perlu adaptasi dengan pangkringan baru.

Agar Burung Pleci Nagen dan Tidak Salto

Oh iya, model tangkringan juga bisa digunakan untuk membantu Pleci nagen dan tidak salto. Pasalnya, Pleci gacor kalau tidak nagen dan sering salto tidak akan mendapat nilai tambah.

Kedua masalah burung ini sebenarnya sudah umum dan menimpa hampir semua jenis burung. Salah satu faktor yang menyebabkan burung salto, yaitu tangkringan.

Jadi, sebisa mungkin Anda harus menyesuikan bentuk tangkringan agar Pleci merasa nyaman di dalam sangkar. Selain itu, cengkeraman burung Pleci menjadi lebih kuat dan tidak terluka karena mendapatkan pangkringan yang tepat.

Burung Pleci Salvadori Enggano (junglekey.in)
Burung Pleci Salvadori Enggano (junglekey.in)

Kayu untuk tangkringan Pleci biasanya sedikit kasar. Tujuannya agar Pleci dapat mencengkeram tangkringan dengan kuat. Bila kayunya licin, otomatis burung Pleci mudah terjatuh atau justru sering lompat-lompat sambil salto.

Untuk mengatasi hal tersebut, pilihkan model tangkringan Pleci yang tepat. Jangan sembarangan memasang tangkringan karena bila tidak cocok, maka Pleci bisa stres.

Baca juga: 12 Tips Ganti Sangkar Burung Agar Tidak Stres dan Macet Bunyi

Kami tidak memberikan gambar ilustrasi, tapi dari penjelasan secara lengkap, setidaknya Anda dapat membayangkan berbagai bentuk tangkringan Pleci.

Model Tangkringan Pleci

1. Bentuk Tangkringan huruf T

Pasti Anda sudah mengetahui bagaimana bentuk huruf T. Jadi, model tangkringan ini kurang lebih seperti huruf T. Letak tangkringan Pleci berada di tengah sangkar dengan penyangga tegak vertikal membentuk huruf T.

Loading...

2. Tangkringan Model huruf V

Model tangkringan ini berbentuk V. Penggambarannya, satu tangkringan di tengah bawah, lalu ditambah dua tangkringan di atas di antara tangkringan yang tengah tapi sejajar tidak menyilang.

3. Model Tangkringan Tangga

Kalau model tangga tentunya mudah dipahami. Jadi satu tangkringan Pleci di bawah dan satunya di atas tetapi dalam posisi sejajar seperti tangga, model ini paling banyak digunakan oleh Pleci mania agar Pleci tidak salto.

4. Model Tangkringan Pleci Bentuk Silang

Tangkringan model silang sering dipakai apabila Pleci sering lompat-lompat dan salto. Tempatkan satu tangkringan di bawah dan satunya di atas, bentuknya bersilangan atau tidak sejajar.

5. Tangkringan Pleci Sejajar Setengah

Untuk model tangkringan ini satu tangkringan ditempatkan di bawah dan satunya lagi di atas, tapi panjang kayu tangkringan bagian atas hanya setengah dari kayu tangkringan di bawahnya.

Baca juga: 5 Racikan Minuman Pleci Biar Cepat Gacor dan Ngalas

Nah, itu tadi model tangkringan yang cocok untuk Pleci. Sekarang berapa ukuran tangkringan agar Pleci bisa mencengkeram dengan kuat? Ternyata ukuran tangkringan Pleci yang benar dan nyaman adalah setengah centimeter atau 0,5 cm.

Burung Pleci Black Capped (leesbird.com)
Burung Pleci Black Capped (leesbird.com)

Untuk jenis kayu tangkringan Pleci, Anda bisa menggunakan kayu asem, dahan pohon cemara yang dihaluskan, dan jenis batang pohon bambu Jepang atau bambu Cina.

Ternyata pemilihan bambu-bambuan karena tangkringan Pleci tersebut menjadi terasa dingin. Sehingga tangkringannya dapat meredam kelincahan Pleci.

Baca juga: 7 Racikan Pakan Pleci Gacor Lengkap dengan Cara Pembuatan

Mengapa bentuk atau model tangkringan Pleci sangat penting? Sebab, di alam liar, Pleci hinggap di dahan atau ranting. Sementara di dalam sangkar tidak ada pohon. Jadi, harus menggunakan ranting atau dahan pohon yang bentuknya mirip dengan pohon yang biasa untuk bertengger Pleci.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • tangkringan pleci
  • gambar model tangkringan pleci
  • tangkringan burung pleci
  • cara agar pleci nagen di tangkringan
  • plangkringan yang bagus untuk burung pleci
  • cara agar pleci nagen
  • Cara agar pleci na
  • cara membuat tangkringan burung pleci
  • kayu yang cocok untuk tangkringan burung pleci
  • yg cocok buat tangkringan pleci dari kayu apa ya?

1 thought on “5 Model Tangkringan Pleci Biar Nagen dan Tidak Salto”

  1. Download atau Play Audio Terapi Burung Populer Gratis.
    Download Kicauan Burung Suara Kenari, Lovebird, Jalak, Murai, Kapas Tembak, Cucak, Parkit.

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!