Pakan EF Murai Batu Terbaik (smugmug.com)

10 Pakan EF Terbaik untuk Murai Batu dan Manfaatnya

Burungnya.com – Dalam memilih makanan Murai Batu sebaiknya tidak perlu yang mahal. Kalau untuk makanan saja, lebih baik carikan pakan EF (Extra Fooding) di sekitar rumah. Pakan EF Murai Batu lebih bagus daripada pakan voer kiloan. Sebab, kandungan gizi di dalam pakan tambahan lebih lengkap.

Manfaat pakan seperti ini lebih banyak dan tidak ada efek samping. Kalau pun ada efek sampingnya, biasanya cuma birahi terlalu tinggi akibat makan pakan EF kebanyakan. Jika Anda memberikan pakan tambahan dalam jumlah cukup, maka hasilnya akan memuaskan.

Pakan EF Murai Batu Terbaik

1. Jangkrik

Dari dulu, jangkrik sudah menjadi andalan kicau mania dalam memberikan pakan tambahan Murai Batu. Sebab, pakan ini mudah sekali didapat dan efeknya bagus untuk suara kicauan burung.

Manfaat jangkrik untuk Murai Batu dapat menambah stamina, mengatur pola birahi Murai, pembentukan sel, dan lain sebagainya.

Cara pemberian jangkrik bisa diberikan secara langsung ke paruh atau diletakkan di cepuk pakan. Kalau mau burung tetap fighter, lebih baik letakkan Murai Batu di wadah cepuk. Namun, bila ingin Murai Batu lebih jinak, berikan jangkrik langsung pakai tangan.

Tapi ada yang perlu diingat, sebaiknya kaki jangkrik dilepas agar burung tidak tersedak. Tujuan lainnya agar kaki gergaji jangkrik tidak nyangkut di tenggorokan Murai Batu.

2. Kroto

Bagi yang belum tahu, kroto adalah telur semut rang-rang atau angkrang. Dulu ada orang yang khusus mencari kroto di pohon-pohon rindang. Sekarang sudah banyak peternak kroto yang menangkar semut rang-rang di dalam toples.

Manfaat Kroto untuk Murai Batu dapat menjaga stamina, menjaga suhu panas pada burung, tubuh tetap bugar, fit, dan rajin bunyi. Selain itu, kroto juga bisa meningkatkan perkembangan otak dan membuat burung mudah merekam suara burung masteran.

Kroto juga bermanfaat untuk mengatasi Murai Batu yang macet bunyi, stres, dan lesu. Yang pasti kroto bisa membuat Murai Batu gacor.

3. Ulat Kandang

Murai Batu termasuk burung yang mudah gacor saat diberi pakan extra fooding. Pakan ini sangat bernutrisi tinggi tapi tidak akan membuat burung kegemukan.

Tak heran pakan ini sering dipakai untuk program diet Murai Batu. Jadi, Murai yang obesitas diberi makanan ulat kandang. Nanti burung tidak akan tambah gemuk, justru gizinya akan masuk ke tubuh burung.

4. Ulat Hongkong

Kandungan lemak pada ulat hongkong cukup tinggi. Sehingga Anda harus berhati-hati dalam memberikannya ke burung Murai Batu. Pastikan porsi ulat hongkong tepat agar burung tidak obesitas.

Lebih baik ulat hongkong diberikan ke burung dalam keadaan mati atau direbus dulu. Tujuannya agar kandungan lemak di dalamnya berkurang. Manfaat ulat hongkong untuk Murai Batu untuk meningkatkan tingkat fighter Murai Batu dan membuat Murai emosi.

Jenis Pakan EF Murai Batu Terbaik (youtube.com)
Jenis Pakan EF Murai Batu Terbaik (youtube.com)

5. Cacing

Tahukah Anda, kandungan protein pada cacing mencapai 72 persen. Anda bisa mencari cacing di sekitar pekarangan atau kebun. Agar lebih mudah, coba cari cacing dengan air garam. Caranya air dicampur garam terus disiramkan ke kubangan tanah. Nanti cacingnya keluar sendiri karena kekurangan oksigen.

Loading...

Manfaat cacing untuk Murai Batu bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mengoptimalkan sistem metabolisme, menstabilkan birahi, memperlancar produksi telur, mencegah burung mandul, membantu proses pertumbuhan, dan mengilapkan bulu.

6. Ikan Guppy

Tak banyak yang tahu, ikan Guppy sangat bergizi untuk Murai Batu. Manfaat ikan Guppy untuk Murai Batu dapat mengoptimalkan fungsi syaraf, merangsang pertumbuhan sel otak, mencegah penyakit mata, mendukung proses pertumbuhan, membantu metabolisme tubuh, membantu proses pembentukan sel darah merah, dan sebagai anti oksidan.

7. Larva Tawon

Kalau bicara tentang tawon atau lebah, pasti identik dengan madu. Namun, ini bukan madu, tetapi larva tawon. Manfaat larva tawon dapat mencegah burung Murai Batu terkena virus, meningkatkan kekebalan tubuh, mengoptimalkan memori otak, merangsang nafsu makan, meningkatkan massa otot, mempercepat perkembangan burung anakan, dan mempercepat proses mabung.

8. Belalang Hijau

Bagi yang tinggal di pedesaan, burung Murai Batu bisa dicarikan belalang hijau. Makanan tambahan ini bisa membuat burung cepat gacor. Tapi ingat, pemberian belalang hijau harus dipotong dulu kakinya. Kalau mau memberikan belalang sebaiknya dilakukan 2 hari sekali dengan porsi satu ekor saja.

9. Udang Kecil

Jika Anda sedang punya uang lebih, coba berikan udang kecil. Pemberian udang kecil cukup satu ekor sebelum lomba dan harus dikupas dulu kulitnya. Udang kecil bisa dijadikan alternatif untuk pengganti ulat hongkong dan kelabang. Manfaat udang kecil untuk Murai Batu bisa menambah birahi burung yang loyo biar fighter.

10. Telur Rebus

Kandungan protein di dalam telur rebus sangat tinggi. Sehingga burung Murai Batu akan menjadi lebih aktif bunyi. Pemberian telur rebus bisa diberikan putihnya saja atau kuningnya saja. Telur rebus bisa dicampur dengan jangkrik, kroto, atau ulat hongkong.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian pakan EF terbaik untuk Murai Batu dan manfaatnya. Burung Murai harus diberikan pakan tambahan yang bergizi dan alami. Jangan hanya memberi voer yang kebanyakan cuma untuk mengenyangkan perut saja.

Burung Murai Batu di alam mengonsumsi hewan-hewan hidup. Sehingga Anda juga harus memberikan makanan yang hidup-hidup agar nalurinya di alam liar pulih kembali. Namun, kalau Anda sudah sering memberikan voer, sebaiknya pemberian pakan EF secara berkala saja, jangan setiap hari.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • apakah jangkrik bikin obesitas murai
  • Cepuk yang benar digunakan untuk burung murai batu
  • makanan yg dpt meningkatka birhi burung mura
  • pakan ulat hongkong yg bagus buwat menghilangkan lemak pd burung murai fi kandang tangkar

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!