Setingan Lovebird Ngekek dengan Kerodong Basah dan Kering

Burungnya.com – Kerodong burung memiliki banyak fungsi dan manfaat. Ternyata fungsi kerodong tidak hanya untuk menjaga burung dari terpaan angin kencang dan serangga, melainkan juga untuk setingan Lovebird ngekek panjang. Ya, apabila kerodong dibasahi, maka kerodong tersebut dapat dijadikan alat untuk menyeting burung Lovebird.

Kerodong bisa dibasahi atau dibiarkan dalam keadaan kering. Sementara burung juga mempunyai dua pilihan yakni basah dan kering. Nantinya, antara kerodong dan burung saling ditukar kondisi basah serta kering. Mengapa harus ditukar? Sebab, setiap perawatan kerodong, memiliki manfaat yang berbeda pada Lovebird.

Terapi Sauna Kerodong Lovebird (arvabird.blogspot.com)
Terapi Sauna Kerodong Lovebird (arvabird.blogspot.com)

Setingan Kerodong Lovebird

1. Kerodong Basah – Lovebird Basah

Manfaat kerodong basah dan burung juga basah adalah membuat burung Lovebird tidak galak, tidak giras, serta membuat Lovebird jinak. Sensasi basah ini menjadikan burung terasa tenang. Terlebih sinar matahari mampu menyinari pakan dengan sempurna.

2. Kerodong Basah – Lovebird Kering

Manfaatnya menjadikan Lovebird rajin bunyi setiap hari. Apabila Lovebird cuma diam saja, coba perawatan kerodong basah untuk perawatan Lovebird kering. Burung akan merasakan sensasi sejuk dari kerodong basah, tapi juga tetap ada sensasi yang menghangatkan.

3. Kerodong Kering – Lovebird Kering

Manfaat untuk menaikkan birahi Lovebird dan memaksimalkan volume ngekek Lovebird. Namun, perlu Anda ketahui bahwa setingan ini cukup berisiko karena tidak ada cairan sama sekali. Selain itu, sinar matahari sangat panas, sehingga berpotensi membuat burung lemas dan kepanasan.

4. Kerodong Kering – Lovebird Basah

Manfaatnya dapat membakar lemak Lovebird. Di samping itu, setingan ini dapat membuka pori-pori untuk merangsang Lovebird cepat mabung. Burung yang tadinya gemuk bisa ramping kembali melalui latihan

Loading...
Lovebird Dikerodong (tindung.co)
Lovebird Dikerodong (tindung.co)

Catatan Setingan Kerodong untuk Lovebird

Perlu Anda ketahui, terapi kerodong Lovebird ini cukup berbahaya. Burung bisa dehidrasi atau mati lemas. Oleh karena itu, Anda harus mengawasi burung Lovebird saat proses penjemuran dengan setingan kerodong.

Untuk awal-awal, Lovebird dijemur selama 10 menit saja. Pasalnya, kandang full kerodong sehingga udara yang masuk sangat terbatas. Terlebih udara luar cukup panas sehingga dapat membahayakan burung.

Waktu Penjemuran dengan Kerodong

Kalau Anda ingin mencoba setingan kerodong ini, Anda dapat memulainya sejak jam 10.00 – 12.00 siang. Selain itu, pastikan sangkar dalam keadaan bersih.

Jemur Lovebird dengan kerodong dapat dilakukan setiap hari, tetapi durasi waktunya sebentar saja. Sebab, banyak kasus burung mati karena pemiliknya lupa tidak mengangkat Lovebird yang dijemur dengan kerodong full.

Di samping itu, penyemprotan kerodong tidak perlu terlalu basah kuyup. Anda cukup membasahi kerodong sampai udara di dalam sangkar tetap sejuk walau udara di luar panas.

Kesimpulan

Demikian setingan kerodong Lovebird ngekek dengan kerodong basah dan kering. Setiap perawatan memiliki dampak yang tidak sama pada Lovebird. Jadi, sesuaikan dengan tujuan Anda. Jangan asal semprot kerodong, nanti malah membuat burung stres.

Baca juga:

Lakukan penjemuran secara bertahap. Pertama durasi jemur sedikit saja. Kemudian durasinya ditambah sesuai dengan kondisi tubuh anakku.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • lovebird full kerodong setiap hari
  • terapi sauna untuk lovebird
  • terapi sauna
  • perawatan lovebird betina full krodong
  • manfaat sauna untuk lovebird
  • cara sauna lb yang benar
  • terapi krodong untuk burung loveverd
  • manfaat krodong basah burung kering
  • terapi sauna lovebird
  • Full kerodong betina

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!