5 Syarat Utama Kacer Siap Lomba agar Jadi Juara

5 Syarat Utama Kacer Siap Lomba agar Jadi Juara

Burungnya.com – Ikut lomba burung Kacer tidak boleh sembarangan. Ada syarat utama yang harus dipatuhi agar burung Kacer keluar sebagai juara. Sebenarnya tidak sesuai syarat-syarat ini juga tidak masalah, tapi nantinya performa Kacer tidak akan maksimal.

Walau sudah menang, kemenangan Kacer tersebut tidak akan bertahan lama. Ini seperti Kacer musiman yang menang lomba, kadang menang, kadang kalah. Penyebab hal tersebut kemungkinan besar karena faktor-faktor seperti usia, mental, penampilan gaya, suara isian masteran, dan latihan di gantangan.

Semua faktor tersebut kalau bisa harus dimiliki oleh semua jenis Kacer yang akan mengikuti lomba agar keluar sebagai juara.

Perawatan Burung Kacer Tipe Panas dan Dingin (birdsofgujarat.in)
Perawatan Burung Kacer Tipe Panas dan Dingin (birdsofgujarat.in)

Syarat Utama Burung Kacer Lomba

1. Usia Kacer

Mungkin sebagian kicau mania tidak terlalu memperhatikan usia burung Kacer. Bahkan, sebagian kicau mania cenderung coba-coba ikut lomba untuk menguji burung Kacer peliharaan.

Ini tidak perlu dilakukan kalau burung memang belum siap lomba. Nanti bukannya burung bertambah bagus perfomanya, tapi justru akan menurun karena belum siap mental dan usianya belum mencukupi.

Kacer yang siap lomba biasanya berusia sekitar 3-4 tahun. Jika Anda melombakan burung Kacer terlalu dini atau kurang dari usia tersebut, maka burung akan mudah mbagong, mbalon, dan naik turun tangkringan.

Berbeda dengan burung Kacer yang sudah siap dari sisi usia, pasti dia akan lebih tenang saat lomba, tapi suara dan gaya tampak lebih garang.

2. Mental Kacer Lomba

Burung Kacer yang akan dilombakan seharusnya sudah memiliki mental yang fighter atau pemberani. Paling tidak saat didekati pemiliknya, burung Kacer tidak ketakutan dan tetap tenang.

Burung juga tidak kelabakan terbang ke mana-mana hingga menabrak dinding sangkar. Selain itu, Anda juga bisa memberikan latihan mental pada burung Kacer yakni dengan melatih dengan burung Kacer lain atau latihan di rumah tetangga yang mempunyai burung serupa.

Jadi setiap 2 minggu sekali, Anda dapat melatih mental burung Kacer calon juara bersamaan dengan 2-3 Kacer lainnya. Burung ditrek dengan burung lain dan posisi sangkar berdekatan. Jika Anda tak memiliki burung Kacer lebih dari satu, maka Anda bisa latihan bersama burung tetangga atau teman.

3. Penampilan Gaya Kacer

Kalau Kacer belum bisa bergaya dan cuma gacor, hal tersebut tidak terlalu bermasalah, yang terpenting burung bisa nagen atau anteng di tangkringan. Kacer nagen menunjukkan burung akan berkicau gacor dan tenang selama lomba.

Burung Kacer yang siap lomba biasanya mempunyai berbagai gaya. Walau gaya Kacer merupakan sifat bawaan atau karakter burung. Sebenarnya gaya tersebut dapat dimunculkan dengan pakan extra fooding untuk mengontrol birahi burung.

Nah, gaya burung Kacer bermacam-macam seperti gaya buka ekor atau ngobra, gaya ndangak atau nyeklek, gaya sujud atau ndlosor, dan gaya menggetarkan sayap. Kalau Kacer sudah memiliki salah satu gaya tersebut, kemungkinan besar burung sudah siap lomba.

4. Suara Isian Masteran

Burung Kacer yang bagus untuk lomba harus mempunyai suara isian masteran yang spesial. Ada beberapa jenis suara burung yang bagus untuk masteran Kacer.

Berikut beberapa suara isian burung Kacer yang bagus:

  • Cililin
  • Prenjak betina
  • Sikatan londo
  • Branjangan
  • Jalak suren
  • Gelatik batu
  • Lovebird
  • Jangkrik
  • Cucak rowo
  • Belalang
  • Cucak jenggot
  • Kapas tembak
  • Burung gereja
  • Kolibri

Pemasteran Kacer dapat dilakukan dengan cara mendengarkan suara MP3 hinggan diberikan burung aslinya. Namun, terkadang kicau mania tidak semuanya memiliki burung-burung masteran. Oleh karena itu, kami sarankan menggunakan video burung dari YouTube.

Loading...

Oh iya, lebih baik burung Kacer dimaster saat malam hari agar dia fokus mendengar suara masteran. Kalau burung Kacer dimaster siang hari, dia akan terfokus mendengar suaranya sendiri dan dia lebih aktif di siang hari, sehingga pemasteran tidak akan berhasil.

5. Latihan di gantangan

Terakhir latihan di gantangan, tapi sebelumnya Anda harus memastikan burung Kacer sudah memiliki empat syarat yang lain. Dengan begitu, syarat terakhir ini dapat dilakukan dengan mudah dan efeknya positif.

Burung yang dilatih di gantangan, setidaknya sudah mempunyai mental yang fighter, usia cukup, gaya mantap, dan isian banyak. Kalau sudah demikian, burung Kacer bisa diujicoba ikut gantangan.

Namun, gantangan di luar saja dulu, alias tidak ikut secara resmi. Burung Kacer dilatih di luar lapangan untuk mengetahui atmosfer atau suasana di perlombaan seperti apa. Kacer Anda juga dapat mengetahui lawan-lawan di lomba sehinggan nantinya dia tidak kaget lagi saat ikut lomba yang resmi.

Pertama coba ajak ke gantangan, tapi latihan di pinggir lapangan setiap 2 minggu sekali. Setelah burung terlihat fighter dan nyaut saat melihat burung lain, maka latihan diperbanyak menjadi seminggu sekali.

Bila Kacer terlihat mengalami perkembangan, Anda sudah bisa mengikutkan Kacer lomba di minggu berikutnya. Kemungkinan besar Kacer Anda akan memperoleh nominasi juara di lomba perdana. Setelah mengetahui karakter dan kebiasaan Kacer saat lomba, Anda dapat mengoreksi dan mengevaluasi setinggan lombanya. Setelah itu, Kacer Anda dipastikan akan mendapat juara.

Karakter Kacer Tipe Panas (pinterest.com)
Karakter Kacer Tipe Panas (pinterest.com)

Kesimpulan

Demikian beberapa syarat utama burung Kacer siap lomba. Ini artinya tidak semua Kacer bisa langsung diikutkan lomba. Anda harus menyiapkan Kacer lomba dari jauh-jauh hari, kalau perlu sejak anakan. Sebab persiapan menuju perlombaan ini membutuhkan waktu lama dan tidak instan. Sehingga diperlukan pula kesabaran dalam merawat Kacer, agar dia keluar sebagai juara.

Baca juga:

Kacer juara pasti akan membanggakan pemiliknya. Seberapa lelah dan pengorbanan pemiliknya akan terbayarkan dengan hasil juara dan kemenangan Kacer di setiap event. Oleh karena itu, jangan mempermasalahkan waktu, lelah, dan biaya dalam merawat Kacer. Jalani saja dulu, karena Kacer Anda akan membalas budi dengan cara memberikan piagam dan trofi kemenangan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • agar lomba burung bisa juara
  • kacer tidak mandi efek di gantangan
  • syarat lomba burung
  • syarat lomba burung kacer
  • usia kacer siap lomba
  • Kupas tuntas setingan Kacer siap lomba
  • Cara ampu buat birahi burung kacer saat mau latihan
  • burung kacer petekan apa bisa buat gantangan lomba
  • burung kacer nyeklek
  • aturan kontes burung kacer

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!