Gantangan Mini di Rumah yang Aman Virus Corona (lovebirdking.wordpress.com)

12 Tips Membuat Gantangan Mini yang Aman Virus Corona

Burungnya.com – Gara-gara virus Corona, semua latber, gantangan, dan lomba burung diliburkan. Tentu semua kicau mania mengeluh, tapi mau gimana lagi, semua ini dilakukan demi memutus penyebaran virus Corona di Indonesia. Namun, jangan khawatir, untuk menghilangkan kebosanan di rumah, Anda bisa membuat gantangan mini bersama teman atau tetangga.

Sebagian besar masyarakat sudah menjalani (WFH) Work From Home selama beberapa minggu. Hampir semua aktivitas dilakukan di rumah, pastinya mereka akan merasa bosan dengan rutinitas di rumah dan butuh hiburan untuk refreshing. Nah, salah satu hiburan di rumah bisa dengan cara merawat burung atau membuat gantangan mini di rumah.

Sekarang kita tahu, warga dilarang berkumpul atau harus menjaga jarak. Namun, kita masih bisa membuat gantangan kecil-kecilan di rumah dengan sistem social distancing. Maksudnya, buat gantangan mini dengan peserta maksimal 4 orang.

Cara Membuat Gantangan Burung Mini

Bagi kicau mania yang memiliki teras agak luas, tempat tersebut bisa dipakai untuk membuat gantangan mini. Ajak tetangga atau teman di sekitar rumah tapi jangan terlalu banyak.

  1. Siapkan lokasi gantangan mini di teras rumah atau garasi mobil.
  2. Peserta maksimal 4 orang.
  3. Wajib menggunakan masker dan tidak perlu berjabat tangan antar peserta.
  4. Masuk lingkungan rumah wajib cuci tangan pakai sabun.
  5. Peserta wajib menjaga jarak minimal 2 meter agar tetap aman dari virus Corona (ngobrol jarak 2 meter).
  6. Peserta tidak memiliki riwayat pergi atau pulang dari luar kota selama 14 hari terakhir.
  7. Burung digantang dalam beberapa menit sesuai kesepakatan.
  8. Juri dari peserta sendiri.
  9. Tentukan pemenang gantangan tapi tidak perlu diberi hadiah atau bisa diberi hadiah tergantung kesepakatan agar lebih semangat.
  10. Tidak perlu bayar tiket masuk karena gantangan mini sistemnya seperti latihan bersama. Tiket bisa diganti bawa jajan sendiri-sendiri agar gantangan lebih nikmat.
  11. Gantangan ini digelar hari Sabtu dan Minggu agar tidak terlalu sering bertemu.
  12. Saran kami peserta dari tetangga dekat atau teman yang rumahnya dekat. Tujuannya agar semua orang tahu, riwayat para peserta baru bepergian atau tidak.

Kesimpulan

Demikian tips membuat gantangan mini yang aman dari virus Corona. Ingat, peserta maksimal 4 orang saja. Jangan membagikan kegiatan gantangan di media sosial agar orang lain tidak ingin ikut. Undangan gantangan dikirim secara personal untuk tetangga atau teman dekat.

Loading...

Hadiah gantangan sebenarnya tidak perlu diberikan karena sifatnya latihan bersama. Namun, penyelenggara atau pemilik rumah bisa memberikan hadiah kecil-kecilan berupa sebungkus rokok atau lainnya agar peserta lebih semangat.

Baca juga:

Peserta atau tamu bisa diberi secangkir kopi atau teh tapi gelasnya plastik yang sekali buang agar aman. Bisa juga minuman kemasan yang ada segelnya. Untuk jajanan bisa bawa sendiri-sendiri sebagai ganti tiket masuk.

Semoga gantangan mini ini bisa mengganti rasa bosan karena gantangan resmi dan lomba burung libur selama pandemi virus Corona. Minimal burung bisa latihan bertemu lawan dan tidak over birahi karena lama tidak ke gantangan. Jangan lupa tetap jaga jarak dan jaga kesehatan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara membuat gantangan di rumah
  • gantangan burung mini
  • membuat gantangan burung di rumah

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!