Update Daftar Lomba Burung yang Ditunda karena Virus Corona

Burungnya.com – Data terakhir yang disampaikan oleh Kemenkes RI pada tanggal 14 Maret 2020 adalah jumlah warga yang diperiksa terkait virus Corona 1.205 orang, warga yang positif terkena virus Corona 96 orang, sembuh COVID-19 sebanyak 8 orang, dan 5 orang meninggal karena virus Corona.

Menanggapi masalah penyebaran virus Corona sejumlah event lomba burung ditunda. Dari berita yang kami himpun, lomba-lomba burung melakukan penundaan event tersebut karena larangan dari pemerintah kota.

Kacer Siap Lomba (youtube.com)
Kacer Siap Lomba (youtube.com)

Daftar Lomba Burung yang Ditunda karena Virus Corona

1. Lomba Arkais Cup 1, Minggu 15 Maret 2020 di Tegal Rejo RT 03 / 02 Jebres Solo.

Alasan lomba Arkais Cup 1 Solo ditunda karena pihak kepolisian memberikan saran untuk menunda lomba burung tersebut hingga adanya kebijakan dari pemerintah kota.

“Barusan dapat info dari Pak Herman, owner Arkais, bahwa pihak kepolisian memberikan saran untuk lomba Arkais Cup 1 ditunda hingga adanya kebijakan berikutnya dari pemerintah kota,” ungkap Puguh Dwi Arimbawan, owner Arkais, seperti yang disadur dari Burungnews.com (14/3/2020).

Kebijakan penundaan lomba burung sepertinya juga tidak terbatas pada Arkais Cup saja, tetapi juga gelaran lain di wilayah hukum kota Surakarta di hari-hari berikutnya.

2. Benz Wira Cup 2, Minggu 15 Maret 2020

Awalnya Benz Wira Cup 2 mengonfirmasi acara lomba burung tetap berlangsung tapi lokasi pindah ke GOR WR Soepratman pada jam 14.00. Kemudian panitia Benz Wira Cup mengumumkan event lomba burung akhirnya ditunda. dan dijadwalkan ulang sampai pemerintah menyatakan virus Corona sudah kondusif.

“Jadi ini bukan pembatalan, tapi penundaan. Seperti yang pada pengumuman sebelumnya disampaikan langsung oleh mas Benz Wira, bahwa bagaimana pun kesehatan dan keselamatan bersama tetaplah paling utama, dan kita semua sepakat untuk tunduk dan mendukung segala keputusan dari pihak pemerintah untuk bersama-sama membantu menangani penyebaran virus Corona,” ujar Sapta Nugraha, ketua umum Konservasi Hebat Indonesia (KHI), seperti yang dikutip dari Burungnews.com (15/3/2020).

Bayu Bata selaku ketua panitia mengungkapkan, bagi para calon peserta yang sudah memesan dan membayar, tidak perlu khawatir.

“Secepatnya mulai hari Senin kita akan proses untuk mengembalikan secara utuh,” kata Bayu Bata.

3. Radjawali Indonesia

Terdapat pengumuman seputar Radjawali Indonesia. Mereka sementara ini meliburkan kegiatan latber, latpres, dan lomba burung.

Bagi daerah yang sudah memberlakukan peraturan yang melarang diselenggarakannya acara yang mengundang massa, maka kita wajib mentaatinya sampai waktu yang akan ditetapkan kemudian.

Bagi daerah yang masih belum memberlakukan peraturan tersebut, jika memang masih memungkinkan situasinya silakan berjalan seperti biasa.

Mari kita dukung langkah pemerintah untuk mencegah percepatan penularan virus Corona.

Bagi seluruh jajaran kepengurusan DPD dan DPC Radjawali Indonesia wajib mematuhinya sampai waktu yang akan ditetapkan kemudian, demi kesehatan kita bersama. Salam Radjawali.

4. Athar Cup, Minggu 29 Maret 2020 di Kota Magelang

Asep DM yang juga Sekjen RGN menyebut event Athar Cup pada hari Sabtu pagi jam 07.57 batal. Acara ini akan berlangsung pada hari Minggu 29 Maret 2020 di Kota Magelang.

“Lebih baik tegas bilang batal, dari pada dihalus-haluskan bilang tunda tapi kita sendiri tidak tahu pasti kapan waktunya. Kan situasinya cukup rumit, semuanya juga sudah berada di luar kekuasan kita,” kata Asem DM seperti yang disadur dari Burungnews.com (17/3/2020).

5. Event Piala Gajah Mada, 22 Maret 2020 di Halaman Pemda Sleman

Manusia bisa berencana dan bekerja maksimal akan tetapi Allah SWT berkehendak lain. Berdasarkan situasi dan kondisi yang hubungannya dengan Wabah Virus Corona yang melanda sebagian besar wilayah negara kita maka dengan ini kami putuskan Event Piala Gajah Mada 22 Maret 2020 di halaman Pemda Sleman Kami undur.

6. Lomba Burung Berkicau Piala dr Tjipto Cup II 22 Maret 2020 Diundur hari Minggu 5 April 2020

Mohon untuk dimaklumi. Kami dari Panitia Lomba Burung Berkicau piala dr. Cipto Cup 3 memberitahukan bahwa:

Loading...

“Sehubungan dengan penyebaran virus corona yang sudah masuk ke wilayah indonesia, dan adanya instruksi dari pemerintah tentang larangan untuk mengumpulkan massa saat ini. Maka kami memohon maaf untuk mengudurkan pelaksanaan Lomba Burung Berkicau piala dr. Cipto Cup III ”

Adapun hari dan tanggal perhelatan sudah ditentukan hari minggu tanggal “22maret 2020” AKAN DIUNDUR hari Minggu tanggal “5 APRIL 2020”

Demikian informasi dan permintamaan maaf dari kami Panitia lomba burung berkicau piala dr. Cipto Cup III.

Ttd
NEW PPBA
RONGGOLAWE
APBN

Jika masih membutuhkan informasi lebih lanjut bisa hunungi :
1. Gendro 08569922073
2. Agus Nassa 081904882888
3. Jepang 085229100808

7. Piala Bupati Cup Bandung Ditunda

Panitia Piala Bupati Cup Bandung juga baru saja mengumumkan penundaan. “Tadi setelah mengadakan rakor dengan pihak Pemda, disepakati semua event yang mengundang keramaian dalam rangka HUT Kabupaten Bandung ditunda. Selain lomba burung berkicau, juga ada event Ayam Pelung, Ketangkasan Kambing, Pencak Silat, Perkutut, semua disepakati dan diputuskan untuk ditunda,” jelas Zamzam dari Oriq Jaya selaku panitia event lomba burung berkicau, seperti yang dikutip dari Burungnews.com (17/3/2020).

8. Event Dewa-Dewi Cup 22 Maret 2020 di Buperta Cibubur Ditunda

“Dewa Dewi izin sudah ada. Tapi aku ikuti instruksi pemerintah dan dampaknya bagi kicau mania. Keselamatan kicau mania lebih aku utamakan. Bukan kayak pikiran otaknya di dengkul. Mau mengorbankan kicau mania. Memang beda pemikiran yang ingin merusak dunia burung dengan yang ingin meramaikan dunia burung. Harap dimaklumi aja yang para kicau mania yang cerdas,” kata Bang Boy di postingan Facebook.

9. Piala Payung Geulis Tasikmalaya Ditunda

Hendy Herdian selaku ketua PBI Cabang Tasikmalaya mengirimkan press rilis ke Burungnews.com yang isinya menunda acara tersebut. Panitia akan menjadwal ulang acaranya begitu situasi sudah dinyatakan kondusif.

H. Bagiya Rakhmadi, ketua PBI Pusat mengeluarkan surat edaran himbauan terkati wabah Virus Corona. Isinya menghimbau keluarga besar PBI yang akan menggelar lomba senantiasa taat pada segala aturan dan rekomendasi dari pemerintah. Semua harus mendukung langkah-langkah untuk menanggulangi penyebaran COVID-19.

10. Pesona Kicau Banjarnegara, Minggu 22 Maret 2020 Ditunda. Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Muhammad Chamid /Amex.

11. 3rd Anniversary Kimano BC Karanganyar, Minggu 22 Maret 2020 Ditunda. Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Rimba Star.

12. Bull4dog, Banyuasri Buleleng Bali, Minggu 22 Maret 2020 Ditunda.

13. Tuban Award Champions 2, Minggu 22 Maret 2020 Diundur 21 April 2020.

14. GDM AGRI Cup Sidoarjo, Minggu 29 Maret 2020 Dibatalkan.

Baca juga:

Kesimpulan

Para kicau mania tidak perlu khawatir karena pihak penyelenggara lomba pasti akan bertanggung jawab terhadap tiket yang sudah dibayarkan. Yang penting, seluruh masyarakat harus waspada terhadap penyebaran virus Corona.

Baik penyelenggara event lomba burung dan peserta harus memaklumi adanya himbauan dari pemerintah kota, tentang penundaan acara yang sifatnya mengumpulkan banyak orang. Hal ini semata-mata ditujukan agar penyebaran virus Corona di Indonesia tidak semakin luas.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!