Walau Pandemi, Wanita Ini Ternak Kenari Untung Rp 14 Juta Sebulan

Burungnya.com – Selalu ada jalan keluar di setiap kesulitan. Kita sendiri yang harus jeli mencari peluang agar dapur di rumah tetap mengepul. Mungkin itu yang dipikirkan seorang wanita bernama Ria Wardaningtyas.

Wanita ini tinggal di Jalan Suta Bhakti Blok H/194, Kecamatan Kanigoro, Kota Madiun. Burung Kenari menjadi pilihannya karena masih cukup populer sampai sekarang.

Harga burung Kenari juga relatif mahal. Sehingga kalau dijadikan bisnis, ternak burung Kenari akan sangat menguntungkan.

Untung Bisnis Ternak Kenari

Benar saja, menurut pengakuan Ria, dia dalam sebulan bisa mendapatkan keuntungan sampai Rp 14 juta. Uang sebanyak itu didapat dari 10 ekor Kenari jantan dan 40 Kenari betina.

Baca juga: Perhitungan Usaha Ternak Burung Kenari Modal Rp 6 Jutaan

Awal Ternak Burung Kenari

Bisnis penangkaran Kenari di kamar belakang ini tidak langsung berjalan mulus. Di awal-awal memulai Ria mengalami banyak kendala.

Pada 8 bulan pertama ternak, tidak ada satupun anakan Kenari yang menetas. Kalau pun menetas, anakan burung tersebut tidak bisa bertahan hidup.

Penyebabnya banyak sekali, mulai dari makanan terlalu encer, perut Kenari kembung, makanan terlalu kental, makanan menyangkut di tenggorokan sampai sesak napas, dan akhirnya mati.

Namanya seorang wanita, mental dan hatinya tidak sekuat pria. Dari luar terlihat kuat, tapi mungkin hatinya pilu. Ria sering menangis dan hampir putus asa karena gagal beternak Kenari. Ditambah masa pandemi COVID-19 heboh di mana-mana.

Usaha Bisnis Ternak Burung Kenari (arenahewan.com)
Usaha Bisnis Ternak Burung Kenari (arenahewan.com)

Ria kemudian bertanya kepada teman-teman pecinta burung kicau dan cari referensi sendiri di YouTube. Bahkan dia juga meracik sendiri makanan untuk anakan burung Kenari.

Perlahan dicoba semua satu persatu tips yang diberikan teman dan tips dari YouTube. Ternyata membuahkan hasil. Satu persatu pasangan indukan Kenari miliknya menetaskan telur dan anakannya bisa tumbuh dewasa.

Loading...

Lalu, ia jual burung Kenari tersebut di forum jual beli online dan marketplace di Facebook. Ria juga tak segan untuk COD di suatu tempat untuk transaksi burung.

Baca juga: Harga Kenari Terbaru 2021 di Berbagai Daerah Indonesia

Cerita Lucu Istri Pembeli Cemburu

Pernah ada cerita lucu karena istri dari pembelinya cemburu. Sebab, suaminya janjian dengan wanita saat akan membeli burung. Padahal, mayoritas penjual burung adalah pria.

Istrinya tadi curiga dan tidak percaya dengan suaminya. Setelah ketemu langsung ternyata benar, penjual burung Kenari memang wanita. Dari situ hubungan mereka justru semakin dekat dan akrab.

“Ada juga cerita lucu karena ada istri dari pembeli kenari yang cemburu. Wajar, karena umumnya pehobi burung mayoritas laki-laki, lha ini kok janjian beli burung sama perempuan. Tetapi pelahan mereka mengerti setelah kenal saya dan justru akrab sama mereka,” tutur Ria, seperti yang disadur dari Surya.co.id (31/5/2021).

Belajar Ternak Kenari Bersama

Pesan dari Ria Wardaningtyas, kalau mau pelihara burung Kenari, sebaiknya belajar dulu cara merawatnya. Kami sudah menyediakan banyak artikel tips merawat Kenari.

Baca juga: 17 Cara Ternak Kenari Untuk Pemula Paling Lengkap dan Benar

Anda bisa membaca beberapa artikel kami atau mencari referensi di YouTube. Soalnya, kalau Anda langsung membeli Kenari harga mahal, nanti justru tidak bisa bertahan lama dan akhirnya mati.

Nah, kalau mau belajar cara merawat Kenari dan ternak Kenari, Anda bisa bertanya pada Ria Wardaningtyas. Dia terbuka bila ada yang ingin belajar.

“Kalau mau belajar, saya terbuka kok. Karena saya juga tidak berhenti belajar, artinya ayo kita belajar sama-sama,” tandasnya.

Kesimpulan

Demikian kisah sukses seorang wanita yang nekat ternak burung Kenari di masa pandemi. Perjuangannya membuahkan hasil karena dalam sebulan dia bisa mengantongi Rp 14 juta.

Kenari merupakan salah burung kicau dengan suara merdu. Walau ukuran tubuhnya relatif kecil dan sedang, tapi suaranya ada yang keras serta gacor. Bagi yang belum tahu, coba lihat video burung Kenari gacor di YouTube.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!