Burung Pleci (hbw.com)

7 Penyebab Pleci Bersuara Serak dan Cara Mengatasinya secara Alami

Burungnya.com – Harapan kicau mania memelihara burung Pleci adalah untuk mendengar suaranya yang ngeplong, ngerol, dan gacor. Namun, karena suatu hal, suara burung Pleci bisa berubah menjadi serak. Ini yang ditakutkan para Pleman atau Pleci mania. Mereka kasihan melihat burung peliharaannya seakan tersiksa dengan suaranya yang serak.

Burung Pleci bisa mengalami perubahan suara menjadi serak secara tiba-tiba. Semuanya tergantung dari kesehatan burung Pleci itu sendiri dan faktor lingkungan. Namun, yang paling berpengaruh dalam perubahan suara burung Pleci biasanya faktor lingkungan.

Ya, lingkungan yang tidak sehat dapat menjadikan burung Pleci mengalami gangguan tenggorokan dan berujung pada perubahan suara yang serak. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan, perubahan suara Pleci dikarenakan kesalahan sang pemilik dalam proses pemeliharaan.

Jadi, sebenarnya perubahan suara burung Pleci menjadi serak disebabkan oleh berbagai hal. Berikut beberapa penyebab burung Pleci bersuara serak:

Penyebab burung Pleci bersuara serak

  1. Kesalahan dalam memberikan pakan Pleci, terutama pakan yang sudah basi. Terkadang sebagian Pleman lupa memberikan pakan kroto yang sudah basi atau busuk untuk burung Pleci. Akibatnya, suara Pleci menjadi serak.
  2. Cuaca yang ekstrem dapat mengganggu suara burung Pleci dan membuatnya serak.
  3. Akibat gangguan dan infeksi saluran pernapasan. Jika pernapasan burung Pleci terganggu maka akan berdampak buruk pada suara Pleci.
  4. Terlalu lama menjemur Pleci di bawah terik sinar matahari yang panas. Hal ini mengakibatkan tenggorokan burung Pleci menjadi iritasi dan suaranya serak.
  5. Polusi udara dapat mempengaruhi suara Pleci menjadi serak. Polusi udara bisa berasal dari mana saja, seperti asap pembakaran limbah atau sampah, knalpot kendaraan, asap rokok, asap dari cerobong pabrik, hingga asap yang keluar dari peralatan memasak berbahan teflon yang dipanaskan.
  6. Infeksi jamur dan parasit tungau kantung udara (air sac mites) dapat membuat suara burung Pleci berubah menjadi serak.
  7. Stamina burung Pleci yang sedang menurun bisa berpengaruh pada suara Pleci. Suara yang tadinya ngalas dan ngeplong bisa berubah menjadi pelan dan serak.

Untuk menangani masalah suara Pleci yang serak, Anda bisa melakukan pengobatan secara alami. Anda tidak perlu memakai metabolis atau obat-obatan burung yang mengandung bahan kimia. Sebab, dengan bahan-bahan alami yang didapat dari alam, Anda sudah bisa menyembuhkan burung Pleci yang bersuara serak. Berikut beberapa metode pengobatan burung Pleci bersuara serak secara alami:

Metode pengobatan Pleci serak secara alami

1. Pleci serak diberi daun saga

Daun saga (zitaomar.blogspot.com)
Daun saga (zitaomar.blogspot.com)

Tahukah Anda, daun saga banyak digunakan masyarakat untuk mengatasi berbagai masalah mulut dan tenggorokan, seperti sariawan, radang tenggorokan, amandel, batuk, dan sebagainya. Di samping itu, daun saga juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi burung yang bersuara serak.

Hal ini karena daun saga mengandung banyak vitamin, protein, dan zat-zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia dan hewan.

Cara menyembuhkan Pleci bersuara serak menggunakan daun saga

Beberapa lembar atau segenggam daun saga direbus dengan 2 gelas air putih dan gula sebanyak 2 sendok teh.
Setelah air mendidih, maka air rebusan disaring dan didinginkan.
Kemudian air rebusan tadi diberikan sebagai air minum untuk Pleci, sampai tanda-tanda serak mulai menghilang.

Cara kedua penyembuhan suara serak Pleci menggunakan daun saga

Beberapa lembar atau segenggam daun saga ditumbuk halus, lalu dijemur hingga kering. Setelah itu, daun saga yang sudah menjadi tepung dicampurkan ke dalam pakan kering (voer).

2. Pleci serak diberi daun dan buah mengkudu

Daun mengkudu atau pace (panoramio.com)
Daun mengkudu atau pace (panoramio.com)

Manfaat daun dan buah mengkudu sangat banyak sekali terutama untuk manusia dan burung kicau. Bahkan, daun dan buah mengkudu dapat menyembuhkan burung Pleci yang bersuara serak.

Cara menyembuhkan Pleci bersuara serak menggunakan daun mengkudu

Beberapa lembar atau segenggam daun mengkudu dikeringkan, lalu ditumbuk. Setelah halus, daun mengkudu tadi dicampur dengan voer sebagai pakan utama burung Pleci yang sedang serak. Kalau burung Pleci masih serak, Anda bisa merebus tiga daun mengkudu muda dengan dua gelas air. Setelah air rebusan tinggal 1 gelas, maka tambahkan madu asli atau gula aren asli, kemudian dinginkan sebentar dan berikan ke burung Pleci.

Cara menyembuhkan Pleci bersuara serak menggunakan buah mengkudu

Buah mengkudu yang sudah matang diparut atau diperas dan diambil airnya. Air tersebut lalu dicampur dengan madu asli atau gula aren asli agar rasanya tidak pahit. Setelah itu, berikan air yang sudah dikasih madu ke burung Pleci selama 3 hari berturut-turut.

3. Pleci serak diberi daun binahong

Daun binahong (fotolepas.com)
Daun binahong (fotolepas.com)

Daun binahong sudah lama digunakan dalam pengobatan herbal untuk menyembuhkan panas dalam. Daun binahong sendiri mengandung zat antioksidan, zat alkoloid, flavonoid dan saponin yang sangat baik untuk kesehatan.

Daun ini banyak ditemukan di pinggir-pinggir jalan maupun pekarangan rumah. Selain itu, daun binahong juga bisa digunakan untuk mengatasi burung Pleci bersuara serak dan penyakit lain, seperti burung kurang bergairah, bulu kering, serta burung meriang.

Cara menyembuhkan Pleci bersuara serak menggunakan daun binahong

Beberapa lembar atau segenggam daun binahong direbus dengan 2 gelas air putih. Setelah air mendidih sampai tersisa kira-kira 1 gelas air, maka air rebusan tadi disaring. Nah, untuk menambah khasiatnya, Anda dapat menambahkan 2 sendok teh madu asli atau gula aren asli ke dalam air rebusan tersebut.

4. Pleci serak diberi air teh manis

Teh manis (ibudanbalita.com)
Teh manis (ibudanbalita.com)

Bila Anda memiliki sisa air teh manis, maka simpanlah dalam cepuk kecil. Air teh manis ini dapat menyembuhkan Pleci yang bersuara serak. Kalau tak tega memberikan air sisa, maka buatkan air teh manis yang baru.

Cara menyembuhkan Pleci bersuara serak menggunakan air teh manis

Pemberian air teh manis tidak terlalu sulit. Air teh manis yang sudah dingin (dingin normal, bukan dingin karena diberi es), disimpan dalam cepuk kecil, lalu diberikan kepada burung Pleci yang bersuara serak. Pemberian air teh manis bisa dihentikan setelah suara Pleci yang tadinya serak kembali pulih atau normal.

5. Pleci serak diberi larutan penyegar rasa buah

Larutan penyegar (hargaproduk.com)
Larutan penyegar (hargaproduk.com)

Larutan penyegar yang memiliki rasa buah ternyata bisa dijadikan pilihan sebagai obat untuk mengatasi burung Pleci yang mengalami suara serak.

Cara menyembuhkan Pleci bersuara serak menggunakan larutan penyegar rasa buah

Larutan penyegar rasa buah diberikan sebagai pengganti air minum burung setiap harinya. Tapi ingat, Anda tidak boleh memberikan larutan penyegar terus menurus apabila suara Pleci sudah kembali normal. Anda harus menghentikan pemberian larutan penyegar setelah tanda-tanda serak pada burung Pleci mulai menghilang.

Demikian beberapa penyebab burung Pleci bersuara serak dan cara mengatasinya secara alami. Semoga bermanfaat dan suara burung Pleci kesayangan Anda segera kembali seperti sedia kala.

Komentar