8 Manfaat Laron Untuk Burung dan Cara Pemberian yang Aman

Manfaat laron untuk burung (pinsdaddy.com)

Burungnya.com – Musim hujan seperti sekarang biasanya banyak dijumpai laron yang berterbangan di malam hari. Jumlahnya yang banyak terkadang membuat seisi rumah atau jalanan menjadi kotor. Nah, daripada membiarkan laron terbang begitu saja dan mengotori lingkungan, mengapa Anda tidak menjadikan laron sebagai pakan burung alternatif?

Laron adalah salah satu jenis serangga yang mempunyai kandungan gizi sangat tinggi. Laron hampir sama dengan belalang, hanya saja kandungan gizi laron lebih tinggi daripada belalang.

Baca juga: 10 Pakan Tambahan Extra Fooding Terbaik Untuk Murai Batu Agar Cepat Gacor

Kandungan gizi laron

Berdasarkan laporan FAO (2002), laron sering dikonsumsi sebagai bahan pangan bernutrisi tinggi. Kandungan protein laron mencapai 65 persen. Ini jauh lebih tinggi dari belalang, karena kandungan protein belalang hanya 32 persen, seperti yang disadur dari Omkicau.com (23/12/2012).

Tak hanya itu, kandungan lemak laron juga tinggi yakni 31 persen, tapi laron tidak menyebabkan obesitas. Sehingga walaupun burung diberi laron dalam jumlah banyak, burung tidak akan mengalami kegemukan. Adapun asam lemak tak jenuh pada laron sekitar 57 persen, asam linoleat 6,7 persen, dan asam olet 48 persen.

Jenis burung yang suka makan laron

Di alam liar, banyak sekali jenis burung yang suka makan laron, di antaranya burung Murai Batu, Kacer, Seriti, Walet, Kutilang, Kenari, Cendet, Jalak, dan burung kicau lainnya.

Loading...

Selain burung, ada juga jenis hewan lain yang gemar memangsa laron, yakni kadal, cicak, ikan lele, ikan nila, kalajengking, ayam, dan masih banyak lagi.

Cicak makan laron (Aan Prihandaya)
Cicak makan laron (Aan Prihandaya)

Manfaat laron untuk burung

  1. Menjaga stamina burung
  2. Menjaga daya tahan tubuh burung agar tidak mudah sakit
  3. Pakan alternatif pengganti kroto dan jangkrik
  4. Menambah birahi burung
  5. Meningkatkan performa burung saat lomba
  6. Membuat burung gacor seharian
  7. Meningkatkan frekuensi berkicau burung
  8. Mengatasi burung yang stres dan terlihat lesu

Bahaya pemberian laron untuk burung

Ternyata selain bermanfaat, laron juga berbahaya untuk burung. Jadi, Anda harus berhati-hati dalam porsi pemberian laron ke burung. Sebagai antisipasi, kami akan memberikan beberapa bahaya laron untuk burung.

  1. Gigi laron cukup tajam sehingga dapat menggigit selaput kulit burung atau melukai tenggorokannya. Laron berasal dari rayap yang notabene mempunyai gigi sangat tajam. Maka tak heran, mereka bisa merusak benda-benda keras, seperti kayu dan lain.
  2. Sayap laron mempunyai kandungan zat yang bisa lengket jika terkena air. Hal ini berbahaya karena kalau sampai sayap laron menempel di tenggorokan burung, maka bisa menyebabkan batuk, gatal, nyeri, bahkan macet bunyi.
  3. Laron bisa membuat burung over birahi jika diberikan dalam jumlah yang banyak.
  4. Laron dapat menjadikan bulu burung ambrol atau rontok, jika pemberiannya terlalu sering dan banyak.

Baca juga: Ini Bahaya Pelihara Burung di Rumah

Cara memberikan laron ke burung yang aman

Setelah mengetahui bahaya laron untuk burung, pastinya Anda akan berpikir dua kali untuk menjadikan laron sebagai pakan burung pengganti kroto dan jangkrik.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena sebenarnya laron itu aman dan menyehatkan untuk burung. Sebab, burung-burung di alam juga mengonsumsi laron saat musim hujan.

Meski begitu, Anda tetap harus waspada karena burung rumahan dan burung liar di alam bebas itu berbeda. Sehingga, Anda harus melakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan kesehatan burung.

Berikut beberapa cara aman memberikan laron ke burung:

  • Pemberian laron sebagai pakan burung harus dalam keadaan mati.
  • Kepala laron sebaiknya dipotong agar tidak melukai tenggorokan burung.
  • Sayap laron harus dilepas biar tidak menempel di tenggorokan burung.
  • Untuk pengenalan, sebaiknya berikan laron 1-2 ekor saja.
  • Pemberian pakan laron untuk burung dilakukan saat burung terlihat lesu atau menjelang lomba. Jangan memberikan laron setiap hari karena efeknya kemungkinan tidak baik untuk kesehatan burung.

Baca juga: Hukum Islam Membunuh Jangkrik Untuk Pakan Burung dan Mitos saat Istri Hamil

Demikian manfaat laron dan bahaya laron untuk burung lengkap dengan cara pemberiannya secara aman. Banyak kicau mania yang sudah lama menggunakan laron sebagai pakan alternatif burung. Sampai sekarang, burungnya tetap sehat dan berkicau lantang.

Ini membuktikan bahwa laron aman untuk burung. Namun, Anda tetap harus berhati-hati karena jika salah dalam pemberiannya maka kandungan yang menyehatkan pada laron bisa berubah menjadi pakan yang membahayakan burung.

Di musim penghujan seperti sekarang, biasanya laron sangat mudah dijumpai. Jadi, mumpung banyak laron di sekitar rumah Anda, tak ada salahnya untuk mencoba memberikan laron ke burung peliharaan Anda.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • Laron untuk kacer
  • manfaat burung diberi kaca com
  • efek burung makan l
  • dampak burung kacer di kasih makan laron
  • cara menangkap burung dengan siraru
  • cara kasih laron untuk murai batu
  • burung kacer di kasih laron
  • boleh tidak ayam makan laron
  • Siraru buat kenari
  • bagai mana kalau burung cendet di kasih laron

Comment here