Press "Enter" to skip to content

Aplikasi Merlin Bird ID dapat Mengenali Berbagai Jenis Burung dengan Cara Upload Gambar

0

Burungnya.com – Semakin bertambahnya populasi burung di dunia, terkadang membuat sebagian masyarakat kebingungan dengan jenis dan spesies burung tersebut. Masyarakat hanya tahu beberapa jenis burung yang terkenal saja, tetapi mereka tidak mengenal jenis-jenis burung lain yang belum pernah mereka lihat.

Aplikasi Merlin Bird ID by Cornell Lab of Ornithology

Untungnya, sekarang ada aplikasi Merlin Bird ID dari Cornell Lab of Ornithology yang mampu mengenali maupun mengidentifikasi berbagai jenis burung di hampir seluruh belahan dunia. Tak hanya itu, Anda juga akan diberi tahu tentang deskripsi burung, suara burung, tips perawatan, dan identitas burung tersebut.

Baca juga: 12 Aplikasi Suara Burung Kicau Terbaik Untuk Masteran Gratis

Cornell Lab of Ornithology sendiri telah memasukkan database 750 spesies burung paling umum yang biasa ditemui di benua Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Jadi, kemungkinan burung-burung asli Indonesia masih belum bisa diidentifikasi seluruhnya.

Meski begitu, hasil deteksi yang dilakukan aplikasi Merlin Bird ID diklaim akurat. Sebab, proses pengenalan burung tidak serta merta dilakukan oleh software dan teknologi kecerdasan saja. Aplikasi ini juga menggunakan bantuan manusia atau Anda sendiri biar hasilnya lebih akurat.

Aplikasi Merlin Bird ID dengan cara upload gambar burung

Menariknya lagi, aplikasi Merlin Bird ID juga memungkinkan Anda untuk mendeteksi jenis burung dengan cara upload gambar.

Baca juga:  Cara Mengetahui 20 Karakter Lovebird saat di Lapangan atau Lomba

Cara menggunakan aplikasi Merlin Bird ID

Misal, Anda memiliki gambar burung tertentu yang belum Anda ketahui jenisnya. Kemudian, upload gambar burung tersebut ke aplikasi Merlin Bird Photo ID. Setelah itu, foto burung tadi akan dicocokkan dengan foto yang sudah ada di database.

Namun, sebelumnya Anda harus menyeleksi bagian gambar burung yang akan dideteksi ke dalam area berbentuk kotak. Intinya, aplikasi meminta Anda menyeleksi keseluruhan bagian tubuh burung agar bisa diidentifikasi dengan mudah dan jelas.

Baca juga: Cara Mengetahui Hasil Mutasi Lovebird Menggunakan Software Genetic Calculator

Aplikasi Merlin Bird Photo ID juga meminta bantuan Anda untuk mengindentifikasi jenis dan spesies burung agar lebih akurat. Caranya, aplikasi akan memberikan beberapa pertanyaan seputar informasi burung tersebut.

Pertanyaan yang dimaksud, seperti di mana lokasi pengambilan gambar burung, kapan pengambilan gambar burung, seberapa besar ukuran burung, warna burung, makanan burung, burung suka hinggap di pohon atau pagar, burung suka terbang atau bermain di tanah, dan lain-lain.

Aplikasi Merlin Bird ID
Aplikasi Merlin Bird ID

Tentunya, dengan pertanyaan yang cukup sederhana dan bisa diamati dengan mata telanjang ini dapat membantu aplikasi Merlin Bird Photo ID mengenali jenis dan spesies burung dengan akurat. Bahkan, agar hasilnya lebih akurat, aplikasi Merlin Bird Photo ID masih membandingkannya lagi dengan database puluhan juta burung di ebird.org.

Ada lagi yang lebih hebat dari aplikasi Merlin Bird ID, yaitu teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang mampu belajar mengenali jenis burung seiring dengan bertambahnya pengguna aplikasi tersebut. Jadi, semakin banyak pengguna aplikasi Merlin Bird ID maka kemampuan aplikasi Merlin Bird ID semakin meningkat.

Baca juga:  8 Manfaat Bawang Putih Untuk Burung Kicau Lengkap dengan Cara Pemberiannya

Lebih jelasnya, silakan melihat video berikut:

Download aplikasi Merlin Bird ID by Cornell Lab of Ornithology

Jika ingin mencobanya, aplikasi Merlin Bird ID by Cornell Lab of Ornithology tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Update terbaru, aplikasi Merlin Bird ID mencakup jenis burung di wilayah Amerika Serikat bagian Timur Laut, Tenggara, Timur Tengah, Pegunungan Rocky, Barat Daya, Texas, Oklahoma, Alaska, Pantai Barat, Kanada Timur, dan Kanada Barat.

Comment here