Press "Enter" to skip to content

Manfaat Daun Krokot Untuk Kenari dan Lovebird Lengkap dengan Cara Pemberian

0

Burungnya.com – Ternyata salah satu tanaman yang tumbuh liar di sekitar rumah mempunyai manfaat yang sangat baik untuk burung Kenari dan Lovebird. Sebut saja, daun krokot. Daun yang dianggap tidak berguna oleh masyarakat ini terbukti mampu membuat burung Kenari dan Lovebird berkicau lebih gacor.

Mungkin salah satu dari Anda sudah tak asing dengan daun krokot, terutama yang tinggal di pedesaan. Sebab, tanaman krokot seperti rerumputan yang tumbuh liar di kebun dan sawah. Bahkan, kebanyakan orang justru menganggap krokot sebagai gulma pada tanaman, seperti tomat dan cabai merah.

Namun, seiring dengan bertambahnya pengalaman para kicau mania dalam merawat burung, mereka menemukan khasiat krokot yang luar biasa. Daun krokot diyakini mampu membuat suara kicauan burung Kenari dan Lovebird lebih jernih, bahkan bisa menambah durasi suaranya.

Baca juga: 16 Manfaat Daun Mengkudu atau Pace Untuk Burung Kicau serta 4 Cara Pemberiannya

Apa itu krokot?

Bagi yang belum mengetahui apa itu krokot, kami akan menjelaskan pengertianya. Krokot adalah termasuk jenis tanaman liar yang bisa tumbuh di berbagai tempat dan habitat. Tanaman ini terdiri dari 40-100 spesies yang ditemukan di daerah tropis. Salah satu jenis krokot yang paling dikenal adalah Portulaca oleracea.

Di Indonesia sendiri, jenis tanaman krokot memiliki banyak nama panggilan, tergantung dari daerah masing-masing. Seperti halnya, penduduk Sunda dan Sumatera yang menyebut krokot sebagai tanaman gelang, atau gelang biasa. Adapun penduduk di Ternate menyebut krokot dengan nama jalu-jalu tiki. Sementara, orang Madura menyebutnya Karokot.

Baca juga:  Cara Meningkatkan Kekuatan Napas, Vokal, dan Mental Lovebird

Kalau orang Inggris beda lagi, mereka menyebut krokot sebagai common purslane dan little hogweed. Orang Melayu, menyebut krokot dengan nama gelang pasir. Sementara, orang Thailand lebih lucu, yakni phak bia-yai, orang Filipina menyebutnya Gulasiman, dan orang Cina agak sulit diucapkan yaitu ma chi xian serta kwa-tsz-tsai.

Baca juga: 8 Manfaat Bawang Putih Untuk Burung Kicau Lengkap dengan Cara Pemberiannya

Ciri-ciri krokot

Krokot merupakan tanaman terna semak yang memiliki batang beruas dan berwarna merah kecokelatan. Daunnya bersifat tunggal, berwarna hijau, dan berbentuk bulat telur.

Ujung dan pangkal daun krokot terlihat tumpul, sedangkan bagian tepi daun rata dan berdaging, dengan panjang sekitar 1-3 cm dan lebar 1-2 cm. Bunga krokot bersifat majemuk dan terletak pada ujung cabang.

Tanaman krokot memiliki kelopak bunga yang bewarna hijau, bertajuk, dan bersayap. Mahkota bunga krokot berbentuk jantung, dan memiliki 3-5 kepala putik bewarna putih dan kuning. Buahnya berbentuk kotak, berwarna hijau, dan memiliki biji yang banyak. Biji krokot berbentuk bulat, kecil, mengkilap, dan berwarna hitam.

Tanaman krokot memiliki akar tunggang, sehingga bisa diperbanyak melalui stek batang atau bisa juga melalui biji. Perawatannya relatif mudah, cukup disiram air secara rutin untuk menjaga kelembaban tanah dan berikan pupuk organik agar tanaman menjadi subur.

Baca juga: 9 Manfaat Oyong atau Gambas untuk Burung Kicau

Baca juga:  7 Tips Rahasia Merawat Burung yang Dibocorkan Pemilik Lovebird Kusumo

Kandungan gizi daun krokot

Daun krokot kaya akan Omega-3. Selain itu, dalam 100 gram daun krokot segar terkandung sedikitnya 225-300 mg asam linolenat. Secangkir daun krokot yang sudah direbus mengandung 90 mg kalsium, 560 mg kalium, 2000 IU vitamin A, berbagai jenis asam amino yang baik untuk kesehatan, serta aneka jenis mineral.

Tanaman krokot memiliki kandungan kimia antara lain: KCI, KSO4, KNO3, nicotinic acid, tanin, saponin, vitamin A, B, C, I-noadrenalin, noradrenalin, dopamin, dan dopa. Krokot juga merupakan sumber beberapa vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niacin, pydoxine, dan karotenoid.

Tak hanya itu, krokot juga mengandung mineral, di antaranya besi, magnesium, kalsium, kalium, dan mangan. Selain itu, krokot mengandung dua jenis pigmen betalain alkaloid dan beta-xanthins. Kedua jenis pigmen ini ampuh untuk antioksidan dengan khasiat anti-mutagenik.

Baca juga: 5 Manfaat Kencur Untuk Mengobati Berbagai Penyakit Burung Kicau

Manfaat krokot untuk manusia

Krokot dapat mengobati diare akut, disentri, radang akut usus buntu, radang payudara (mastitis), wasir berdarah (Hemorrhoidal bleeding), badan sakit atau pegal-pegal (Rheumatism), keputihan, gangguan sistem saluran kencing, sakit kuning (Hepatitis), anak cacingan, sesak napas, dan lain-lain.

Manfaat krokot untuk burung Kenari dan Lovebird

Daun krokot diyakini mampu mendongkrak kualitas power dan durasi kerja burung di lapangan. Dalam hal ini, burung Kenari dan Lovebird yang diberikan daun krokot setiap hari akan membuat suara Kenari dan Lovebird lebih keras serta bening. Bahkan, kerja burung menjadi lebih ngedur ketika dilombakan di lapangan.

Baca juga:  Lovebird Belalang Tempur Ditawar Rp 20 Juta, Ternyata Rahasianya Bawang Putih

Cara pemberian atau penyajian daun krokot

  • Daun dan batang krokot dibersihkan, lalu digantung pada sela-sela jeruji sangkar.
  • Daun krokot dikeringkan di bawah terik matahari sampai benar-benar kering, kemudian menggilingnya dengan blender untuk dijadikan tepung krokot.
  • Pemberian daun krokot bisa dilakukan dengan cara memberikannya pada jangkrik terlebih dahulu. Jika Anda hendak memberikan jangkrik untuk besok, maka Anda harus sudah memberikan krokot pada jangkrik sejak hari ini atau dua hari sebelumnya. Ini dimaksudkan supaya krokot yang dimakan jangkrik bisa meresap ke dalam tubuh jangkrik sehingga khasiatnya akan lebih optimal.

Demikian beberapa manfaat daun krokot untuk Kenari dan Lovebird lengkap dengan cara pemberian atau penyajian. Semoga bermanfaat.

Comment here