5 Manfaat Kencur Untuk Mengobati Berbagai Penyakit Burung Kicau

Kencur (job-like.com)

Burungnya.com – Ternyata kencur tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Tanaman obat dari jenis temu-temuan (Zingiberaceae) ini juga sering digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit burung kicau. Namun, sebelum membahas tentang penyakit burung yang dapat disembuhkan dengan kencur, kami akan memberikan sedikit informasi tentang tanaman kencur kepada Anda.

Tahukah Anda, ternyata kencur memiliki beberapa nama panggilan yang berbeda di setiap daerah dan negara. Indonesia menyebut tanaman obat ini sebagai kencur, namun orang Malaysia menyebutnya sebagai cekur, dan orang Thailand menyebut kencur sebagai pro hom.

Kencur sendiri merupakan nama tanaman obat yang sering digunakan di daerah Jawa. Meski begitu, daerah lain tidak selalu sama dalam menyebut tanaman tersebut: cikur (Sunda); ceuko (Aceh); kaciwer (Karo); kencor (Madura), cekuh (Bali), sekuh atau sekur (Sasak), kencur atau sukung (Melayu Manado), asauli, sauleh, soul, umpa (Maluku), dan cekir (Sumba).

Nah, selain memiliki nama yang beraneka ragam, kencur juga sering dipakai untuk berbagai masakan tradisional dan Jamu di Indonesia. Kalau untuk masakan, biasanya kencur dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan sehingga sering diberikan kepada anak-anak. Begitu juga dengan jamu. Kencur selalu dipadukan dengan beras untuk membuat jamu beras kencur. Kombinasi keduanya banyak mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung memberikan rasa lapar serta menyembuhkan penyakit maag (bila dikonsumsi secara rutin).

Di samping itu, di dalam tanaman kencur juga terkandung minyak atsiri dan alkaloid yang bisa memberikan rasa hangat serta menjernihkan suara kicau burung. Selain dua manfaat tadi, kencur juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit burung, seperti yang disadur dari Omkicau.

Berikut 5 manfaat kencur untuk mengobati berbagai penyakit burung kicau.

  1. Membantu menghilangkan lendir atau dahak pada burung
  2. Membantu menguatkan pernapasan burung
  3. Menguatkan pita suara burung
  4. Mengobati radang tenggorokan
  5. Menjaga kondisi dan kesehatan burung

Manfaat kencur memang begitu banyak, tapi tahukah Anda bagaimana cara memberikannya kepada burung kesayangan Anda? Kencur dapat diberikan ke burung melalui dua cara, yakni melolohkan kencur langsung ke paruh burung dan dicampur dengan air minum burung.

  • Meloloh kencur ke paruh burung

Sebelum melolohkan kencur ke burung, sebaiknya Anda harus memastikan dulu bahwa burung kesayangan Anda merupakan burung yang sudah jinak. Soalnya, cara ini jarang dilakukan untuk jenis burung kicauan, melainkan burung perkutut.

Lalu, bagaimana cara memberikan kencur ke burung? Caranya, kulit kencur dikupas dulu, kemudian kencur dipotong kecil-kecil seukuran kacang hijau atau voer. Setelah itu, lolohkan potongan kecil kencur pada burung, 2-3 butir setiap seminggu sekali.

  • Dicampur di air minum burung

Berbeda dengan melolohkan secara langsung, kalau kencur dicampur di air minum maka akan lebih aman dan tidak membuat burung stres. Cara mencampurkannya pun tidak terlalu sulit. Anda bisa mengupas dulu kulit kencur, lalu kencur diparut atau dikeprok. Kemudian, kencur dicampur dengan sedikit air dan direbus hingga matang. Langkah selanjutnya, air rebusan tadi disaring dan disimpan di dalam lemari es. Setelah dingin seperti air minum biasa, Anda dapat memberikannya ke burung.

Demikian beberapa manfaat kencur untuk mengobati penyakit burung. Jika Anda mengetahui manfaat kencur yang lain, silakan dibagikan melalui kolom komentar agar bermanfaat untuk para kicaumania yang lain.

Pencarian terkait:

  • manfaat kencur untuk lovebird
  • cara menjernihkan suara dengan kencur
  • manfaat kencur untuk lb
  • manfaat kencur untuk burung
  • manfaat kencur untuk murai batu
  • manfaat kencur untuk kenari
  • kencur buat lovebird
  • manfaat kencur buat lovebird
  • manfaat kencur untuk burung perkutut
  • manfaat kencur untuk burung kacer

Comment here