12 Perbedaan Lovebird Tipe Panas dan Lovebird Tipe Dingin

Burungnya.com – Perawatan dan setingan Lovebird tidak pernah sama satu sama lain. Sebab, setiap jenis Lovebird mempunyai karakter yang berbeda. Oleh karena itu, perawatan Lovebird juga ada beberapa macam, seperti Lovebird tipe panas atau kering dan Lovebird tipe dingin atau basah yang diperkenalkan oleh Saputrahardy.

Sekilas perawatan ini terdengar seperti menu makanan dan minuman, yakni tipe basah dan kering serta panas dan dingin. Meski begitu, dalam teknisnya malah tidak dijumpai makanan atau minuman khusus untuk Lovebird.

Dalam hal ini, Anda akan dihadapkan pada cara mandi dan jemur yang benar untuk Lovebird. Jika Lovebird suka mandi maka disebut Lovebird tipe dingin atau Lovebird tipe basah. Sebaliknya, apabila Lovebird tidak terlalu menyukai basah-basahan dan lebih suka dijemur, maka termasuk Lovebird tipe panas atau Lovebird tipe kering.

Intinya, hanya seperti itu, tapi siapapun tidak akan tahu sebelum melakukan pengujian secara langsung. Nah, kami di sini akan membantu Anda membedakan Lovebird tipe panas atau Lovebird tipe dingin lengkap dengan ciri-ciri dan perawatannya.

Loading...

Baca juga: 5 Cara Melatih Lovebird Ngekek Panjang Seperti Perawatan Lovebird Kusumo

Setelah Anda mengetahui perbedaan Lovebird tipe panas dan Lovebird tipe dingin, tentu Anda menjadi lebih mudah dalam melakukan perawatan ke Lovebird. Anda juga tahu apa yang diinginkan Lovebird dan apa yang dibenci Lovebird.

Tanpa melakukan penelitian Lovebird tipe kering dan Lovebird tipe basah, Anda tidak akan mengenal Lovebird Anda lebih dekat. Bahkan, bisa jadi Anda malah salah memberikan setingan. Seharusnya, setingan Lovebird tipe basah malah diberi settingan Lovebird tipe kering. Tentu, Lovebird tidak akan mau ngekek panjang dan justru diam di lapangan.

Hal seperti ini sudah sering kali terjadi, daripada Anda mengulangi kesalahan yang sama, lebih baik Anda mengenali karakter Lovebird Anda dengan mempelajari perbedaan Lovebird tipe panas dan Lovebird tipe dingin berikut.

Lovebird Tipe Panas atau Kering Dijemur dengan Wanita Cantik (permenlolipop.info)
Lovebird Tipe Panas atau Kering Dijemur dengan Wanita Cantik (permenlolipop.info)

Ciri-ciri Lovebird tipe panas atau kering

  1. Lovebird tipe panas biasanya lebih suka berada di area yang panas atau kering. Sehingga saat dijemur, Lovebird akan terlihat begitu menikmati dan kuat berlama-lama berjemur di bawah terik sinar matahari.
  2. Lovebird tipe panas tidak terlalu suka dengan air. Sehingga kalau dimandikan atau disemprot, biasanya Lovebird akan terlihat gelisah dan kelabakan terbang ke sana ke mari. Lovebird seperti ini juga sering mengabaikan cepuk mandi. Kalaupun mau mandi, biasanya Lovebird tipe panas tidak mau langsung mandi dan akan menunggu cukup lama sampai benar-benar masuk ke dalam bak mandi.
  3. Lovebird tipe kering lebih sering merapatkan sayapnya. Mungkin perilaku ini sebagai tanda bahwa dia sedang kedinginan. Ya, pasti Lovebird yang suka di tempat panas kalau disuruh beraktivitas di pagi hari akan merasa kedinginan.
  4. Lovebird ini akan bunyi saat hari sudah agak siang atau udara mulai panas. Lovebird tipe panas lebih dominan di siang hari dan cenderung diam di malam hari. Sebaiknya kalau malam, Lovebird tipe panas atau kering langsung dikerodong biar tetap hangat.
  5. Usahakan sangkar Lovebird selalu dalam keadaan kering. Selama musim hujan, Lovebird tipe panas tidak suka hujan-hujanan. Anda dapat mengerodong sangkar, agar tubuh Lovebird tetap hangat dan jangan lupa meletakkannya di dalam ruangan.
  6. Lovebird tipe kering mudah naik birahinya. Lebih baik, Lovebird tipe kering dimandikan dan dikerodong sebelum naik ke gantangan.
Lovebird Tipe Dingin atau Basah Mandi di Piring (youtube.com)
Lovebird Tipe Dingin atau Basah Mandi di Piring (youtube.com)

Ciri Lovebird tipe dingin atau basah

  1. Lovebird tipe dingin suka dimandikan, entah menggunakan semprotan atau memakai cepuk mandi. Begitu disemprot tubuhnya, biasanya Lovebird ini akan terlihat tenang dan diam. Itu tanda bahwa Lovebird tersebut menikmatinya.
  2. Lovebird tipe basah akan merasa gelisah begitu dijemur di tempat panas. Walau mau dijemur, biasanya Lovebird ini tidak mau diam dan cenderung terbang ke semua arah. Apalagi kalau dijemur lebih lama, pasti Lovebird akan merasa tersiksa.
  3. Lovebird tipe dingin suka diembunkan setiap pagi, bahkan Lovebird ini juga suka hujan-hujanan. Begitu dibuka kerodongnya, Lovebird seperti ini pasti akan langsung ceria dan bunyi. Tanda lainnya, Lovebird akan langsung mengembangkan sayapnya dan tenang.
  4. Lovebird ini cenderung beraktivitas di pagi hari sampai menjelang siang. Sehingga jika ikut lomba, lebih baik dipilih di jam-jam yang udaranya masih sejuk dan teduh. Lovebird tipe dingin seperti ini kemungkinan juga suka diikutkan lomba malam karena udaranya dingin.
  5. Lovebird tipe basah lebih baik dikerodong saat siang hari. Kemudian kerodongnya disemprot biar ada sensasi sejuk di dalam sangkar. Alternatif lainnya, Anda bisa membuat Lovebird tetap sejuk dengan cara diangin-anginkan di teras rumah atau di bawah pohon, tapi harus dijaga terus agar tidak dimangsa hewan lain.
  6. Lovebird tipe dingin sulit birahi, sehingga kalau mau lomba, Anda bisa menjemurnya dulu agar birahinya naik. Oleh karena itu, Lovebird ini sering terlambat jalan atau ngekek saat berada di lapangan.

Perawatan harian Lovebird tipe panas dan dingin

  • Lovebird tipe panas biasanya dimandikan sebentar, kemudian dijemur agak lama yaitu sekitar 30 menit. Setelah dijemur, Lovebird bisa diangin-anginkan di tempat teduh.
  • Lovebird tipe dingin dijemur dulu sebentar sekitar 10 menit, kemudian dimandikan dengan cara disemprot atau mandi sendiri di dalam cepuk besar. Biarkan Lovebird mandi cukup lama sampai bulu basah kuyup. Setelah mandi, burung Lovebird diangin-anginkan sampai bulunya kering.

Perawatan lomba Lovebird tipe panas dan dingin

  • Lovebird tipe panas suka berada di area yang panas. Saat akan naik gantangan, sebelumnya Lovebird ditempatkan di sekitar lapangan yang agak panas tapi teduh. Jika birahinya terlalu tinggi, Lovebird disemprot, kemudian dikerodong.
  • Lovebird tipe dingin sebaiknya dikerodong sebelum berangkat ke gantangan tapi disemprot kerodongnya agar sejuk. Setelah sampai di lapangan, kerodong dibuka dan Lovebird dimandikan lalu dijemur. Tunggu sampai Lovebird ngekek. Jika sudah ngekek beberapa kali, maka langsung dikerodong saja. Saat naik gantangan, tangkringan Lovebird dibasahkan dulu, dan Lovebird disemprot embun pada bagian dada serta punggung.

Demikian beberapa perbedaan Lovebird tipe panas dan Lovebird tipe dingin. Kebanyakan kicau mania tidak menyebut demikian, tetapi Lovebird tipe kering dan Lovebird tipe basah. Namun, yang jelas keduanya sama, hanya berbeda nama saja.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Lovebird Hanya Ngetik di Lomba dan Tidak Mau Ngekek

Dengan mengetahui setingan Lovebird tipe panas dan dingin, Anda akan lebih mudah memahami keinginan Lovebird. Sehingga Lovebird senang dan ngekek panjang baik di rumah atau di lapangan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • lovebird tipe panas
  • perawatan lovebird tipe dingin
  • lovebird tipe panas dan dingin
  • lovebird tipe kering
  • perawatan lb tipe basah
  • ciri ciri lovebird tipe basah dan kering
  • lb tipe
  • membedakan lovebird tipe basah dan kering
  • perawatan lb tipe kering
  • perawatan lovebird tipe basah

Berikan komentar