26 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi

Burungnya.com – Tidak setiap hari burung Cucak Ijo gacor dan gaya ngentrok di lapangan. Terkadang Cucak Hijau juga tidak mau bunyi atau macet bunyi. Mengapa Cucak Ijo bisa macet bunyi? Penyebabnya cukup banyak, tapi Anda tidak perlu khawatir karena kami akan membantu mengatasi Cucak Ijo yang macet bunyi.

Cucak Ijo sendiri termasuk burung fighter dan mampu bergaya ngentrok dengan menaikkan jambul di kepalanya. Jika berhadapan dengan musuh atau Cucak Ijo lain, maka Cucak Ijo akan tampil garang seperti tarian naik turun atau biasa disebut ngentrok jambul.

Meski begitu, karena suatu hal burung Cucak Ijo bisa diam membisu. Cucak Ijo tidak berani melawan Cucak Ijo lainnya dan lebih memilih diam. Mungkin burung yang didominasi warna hijau ini ketakutan atau ada masalah lain yang menimpanya.

Sama seperti manusia, saat terkena masalah ada sebagian dari mereka yang diam dan tidak mau bercerita dengan siapapun. Nah, kemungkinan diam yang dilakukan Cucak Ijo juga karena dilanda suatu masalah, seperti stres, gangguan hewan lain, terkena penyakit, mental drop, dan masih banyak lagi.

Loading...

Baca juga: 16 Ciri Cucak Ijo yang Bagus dan Bermental Juara

Sebagai Ijo Mania, Anda tentunya tidak bisa menerka-nerka atau tidak bisa mengetahui apa saja yang dialami burung Cucak Ijo Anda di rumah. Tiba-tiba burung Cucak Ijo tidak mau berkicau dan hanya diam membisu. Kalau kejadian yang Anda alami seperti itu, Anda dapat mencari tahu beberapa penyebab Cucak Ijo macet bunyi, kemudian mengatasi atau memecahkan masalah macet bunyi pada Cucak Ijo.

Penyebab Cucak Ijo macet bunyi dan hanya diam (picssr.com)
Penyebab Cucak Ijo macet bunyi dan hanya diam (picssr.com)

Penyebab Cucak Ijo macet bunyi dan hanya diam

  1. Cucak Ijo macet bunyi disebabkan karena sedang mabung atau molting.
  2. Cucak Ijo diam tidak mau bunyi karena terlalu over birahi.
  3. Cucak Ijo intensitas berkicaunya berkurang karena tenggorokan serak atau suara serak.
  4. Cucak Ijo malas bunyi karena kegemukan atau obesitas.
  5. Cucak Ijo ketakutan tidak mau berkicau karena mental drop melihat lawan Cucak Ijo lainnya.
  6. Cucak Ijo mengalami infeksi pernapasan yang menyebabkan sulit berbunyi.
  7. Cucak Ijo sedang menderita gangguan pencernaan karena salah makan.
  8. Cucak Ijo kalah dalam lomba atau kompetisi sehingga menjadi pendiam.
  9. Cucak Ijo dikagetkan oleh suara keras, benda jatuh, dan gangguan hewan lain, seperti kucing, ular, anjing, tikus, serta burung lain.
  10. Cucak Ijo stres karena faktor eksternal dan internal.
  11. Cucak Ijo kurang fighter setelah tarung di lapangan.
  12. Cucak Ijo sangkarnya terjatuh tertiup angin kencang atau dijatuhkan pemiliknya tanpa disengaja.
  13. Cucak Ijo tidak akan mau bunyi kalau digoda (diganggu) terus oleh manusia atau anak-anak yang jahil.

Setelah mengetahui penyebab Cucak Ijo macet bunyi, kira-kira bagaimana cara mengatasinya? Apakah bisa Cucak Ijo tersebut kembali bunyi lagi seperti sediakala? Tentu saja bisa, dengan memberikan perawatan yang baik, Cucak Ijo yang tadinya diam dan macet bunyi akan kembali berkicau lagi.

Baca juga: Cucak Ijo Ini Dulu Ditukar Batu Akik Bacan, Sekarang Ditawar Rp 100 Juta

Cara mengatasi Cucak Ijo macet bunyi dan hanya diam

Cara mengatasi Cucak Ijo macet bunyi dan hanya diam (pinterest.com)
Cara mengatasi Cucak Ijo macet bunyi dan hanya diam (pinterest.com)

Burung Cucak Ijo yang macet bunyi dapat diatasi atau disembuhkan sesuai dengan penyebabnya. Jadi, Anda harus memahami penyebab Cucak Ijo macet bunyi. Setelah itu, Anda baru bisa mengembalikan Cucak Ijo agar bunyi lagi.

  1. Kalau Cucak Ijo sedang mabung, maka cara mengatasinya Anda cukup menunggu bulu-bulu Cucak Ijo berjatuhan dan tumbuh lagi dengan sempurna. Saat bulunya sudah kembali seperti sediakala, Cucak Ijo akan ngoceh lagi atau bunyi lagi.
  2. Cara mengatasi Cucak Ijo yang over birahi adalah mengurangi porsi pemberian Extra Fooding (EF). Anda bisa memberikan buah-buahan untuk meredam birahi, di antaranya belimbing, pepaya, dan lain-lain. Kalau ada kandang umbaran, Anda bisa mengumbar burung Cucak Ijo agar birahinya stabil.
  3. Burung Cucak Ijo yang serak atau tenggorokannya sakit, tentu akan sangat menyiksa burung tersebut hingga akhirnya tidak mau bunyi. Oleh karena itu, Anda dapat menyembuhkan sakit tenggorokan pada Cucak Ijo dengan membeli obat atau multivitamin di toko-toko burung terdekat.
  4. Cucak Ijo yang gendut atau obesitas, tentu gerakannya menjadi terhambat dan terkadang juga tidak mau berkicau. Cara mengatasinya, Anda dapat menjemurnya lebih lama. Namun, jangan menjemur Cucak Ijo di kala siang yang panas. Anda dapat menjemur burung Cucak Ijo di pagi hari tetapi dengan durasi agak lama.
  5. Nah, kalau Cucak Ijo mentalnya drop karena kalah tarung dengan burung fighter lain, maka Anda harus memisahkan Cucak Ijo dengan burung tersebut. Yang terpenting burung diasingkan dulu ke tempat yang tenang sampai mentalnya naik lagi. Selama proses pengasingan, Anda dapat memaster atau memberi terapi suara alam yang menenangkan.
  6. Cucak Ijo juga bisa mengalami infeksi pernapasan karena udara kotor atau pemiliknya sering merokok di dekatnya. Cara mengobati Cucak Ijo sakit pernapasan cukup dikasih obat dan tambahan multivitamin.
  7. Burung Cucak Ijo yang terkena gangguan pernapasan bisa disebabkan karena salah makan. Oleh karena itu, jangan memberikan pakan burung sembarangan. Jangan pula mengonta-ganti pakan dengan pakan yang baru. Kalau Cucak Ijo sudah terbiasa dengan pakan tertentu, maka jangan digonta-ganti lagi.
  8. Cucak Ijo yang kalah tarung dengan burung lain cukup dipisahkan saja. Setelah disendirikan ke lokasi yang tenang. Anda juga bisa memberikan terapi suara alami.
  9. Agar Cucak Ijo tidak kagetan lagi karena gangguan hewan lain, maka burung tersebut harus ditempatkan di lokasi yang aman. Kalau bisa, lokasinya di dalam rumah tetapi masih mendapat sinar matahari dan udara segar dari alam.
  10. Cucak Ijo yang stres dapat disembuhkan dengan memberikan pakan yang dia sukai. Misalnya, kalau Cucak Ijo suka EF tertentu, maka berilah EF lebih banyak. Anda juga bisa memandikan Cucak Ijo di pagi hari lalu menjemurnya.
  11. Cucak Hijau kurang fighter setelah lomba, ada kemungkinan dia ketakutan melihat lawannya. Kalau sudah begini, Anda jangan mengajaknya ikut lomba atau pergi ke lapangan lomba dulu. Sebaiknya Cucak Ijo dilatih dulu mentalnya dengan burung lain yang mentalnya lebih rendah.
  12. Agar sangkar Cucak Ijo tidak jatuh lagi, Anda bisa menempatkan kandang di tempat yang aman dan kalau bisa pengaitnya diperkuat agar sangkar tidak jatuh.
  13. Terakhir, Cucak Ijo harus tetap aman dari gangguan anak-anak nakal di sekitar rumah. Oleh sebab itu, lebih baik burung Cucak Ijo digantang di belakang rumah yang tidak berinteraksi langsung dengan tetangga atau gangguan anak-anak jahil.

Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi Cucak Ijo macet bunyi. Yang terpenting, Anda harus mempelajari apa penyebab Cucak Ijo macet bunyi. Setelah itu, baru Anda mengatasinya dengan mudah. Kalau tidak tahu penyebabnya, Anda akan kesulitan menyembuhkan Cucak Ijo yang diam atau macet bunyi.

Baca juga: Fakta Mengejutkan dan 10 Ciri Cucak Ijo Banyuwangi yang Asli

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cucak ijo diam saja
  • cucak ijo macet bunyi
  • cara mengatasi cucak ijo macet bunyi
  • cara mengatasi cucak ijo macet
  • Mengatasi cucak ijo macet
  • penyakit pada cucak ijo
  • cucak ijo malas bunyi
  • https://burungnya com/manfaat-tomat-untuk-burung-cucak-ijo-dan-efek-sampingnya/
  • cucak ijo macet
  • tips cucak ijo macet bunyi

Berikan komentar