3 Setingan Tunggal Lovebird Paud Single Fighter

Burungnya.comLovebird Paud atau Balibu paling cocok menggunakan setingan tunggal ketimbangan setingan koloni. Sebab, Lovebird Paud mempunyai tingkat birahi yang sulit dikendalikan daripada Lovebird dewasa. Kalau Lovebird dewasa mudah dipahami atau diatur birahinya.

Dari alasan tersebut, untuk setingan Lovebird Paud lebih baik menggunakan setingan tunggal single fighter. Settingan ini biasanya dikhususkan untuk Lovebird muda usia 2 bulan sampai 2 tahun. Lebih dari itu, Lovebird sudah dianggap dewasa dan bisa menggunakan setingan Lovebird koloni atau Colony.

Nah, karena fokus pembahasan kali ini tentang Lovebird Paud atau Balibu (bayi di bawah lima bulan), maka setingan yang bagus adalah setingan tunggal single fighter. Perawatan Lovebird untuk setingan tunggal akan dibagi menjadi tiga, di antaranya perawatan harian, perawatan sebelum lomba, dan perawatan lomba, seperti yang disadur dari Master Lovebird Fighter di Facebook (7/7/2017).

Dalam postingan tersebut terdapat produk pakan Lovebird untuk lomba. Namun, karena kami tidak ada hubungan kerjasama, maka pakan yang disampaikan akan kami sensor atau tidak disebutkan. Jika Anda penasaran dengan nama pakan tersebut, silakan langsung berkunjung ke fans page Master Lovebird Fighter.

Baca juga: Awalnya Lovebird Ngekek 10 Detik, dengan Settingan Ini Jadi 2 Menit

Selain itu, pembahasan yang disampaikan tentang setingan tunggal Lovebird Paud juga akan kami olah sesuai struktur bahasa dan cara penyampaian di Burungnya.com. Kami juga akan menambahkan setingan tunggal lain agar Lovebird Paud lebih fighter. Daripada berbincang terlalu lama, langsung saja Anda menyimak setingan tunggal Lovebird Paud atau Balibu Single Fighter berikut.

Setingan tunggal Lovebird Paud Balibu Single Fighter

1. Perawatan Lovebird Paud Harian

Setingan tunggal Lovebird paud single fighter (youtube.com)
Setingan tunggal Lovebird paud single fighter (youtube.com)

Selama proses perawatan harian, Lovebird Paud atau Balibu cukup diberi pakan milet putih saja dan minuman air putih biasa. Lovebird Paud tidak perlu diberi extra fooding (EF) karena masih dalam tahap perawatan harian.

  • Jam 05.00 pagi: Lovebird Paud atau balibu diembunkan dan diangin-anginkan.
  • Jam 05.30 pagi: Setengah jam kemudian Lovebird dimasukkan ke kandang umbaran, tujuannya untuk olahraga sekaligus memperpanjang atau menguatkan pernapasan, melancarkan peredaran darah, dan membakar lemak biar Lovebird tidak gemuk.
  • Jam 06.00 pagi: Lovebird dikembalikan ke sangkar harian dan diistirahatkan sebentar. Anda bisa memberikan cepuk untuk mandi jika Lovebird terbiasa mandi sendiri. Namun, kalau Lovebird Paud Anda terbiasa disemprot, maka Lovebird disemprot halus saja. Setelah itu, burung cinta ini diangin-anginkan sambil dijemur di pinggir jalan raya atau di lokasi yang ramai orang berlalulalang. Tujuan diletakkan di pinggir jalan, supaya mentalnya tambah kuat dan berani, serta Lovebird semakin fighter.
  • Jam 07.00 pagi: Setelah bulunya kering, Lovebird dikerodong dan dimasukkan ke dalam rumah untuk diistirahatkan lagi sambil dimaster dengan suara masteran. Suara masteran Lovebird Paud fighter bisa didapat dari MP3, YouTube, atau website burung lainnya.
  • Jam 16.00 sore: Lovebird kembali diangin-anginkan di teras rumah atau di tempat yang ramai selama kurang lebih 20 menit. Anda bisa melakukan tahap terapi ini saat cuaca sedang bagus atau tidak turun hujan. Jika cuaca sedang buruk atau hujan, Anda bisa melewati proses mengangin-anginkan Lovebird di sore hari.
  • Jam 19.00 malam: Lovebird diangin-anginkan lagi kemudian mandi malam, sekalian membersihkan kandang. Jika bulu sudah kering, Lovebird dikerodong kembali untuk istirahat dan tidur. Nah, pada saat malam hari, Anda dapat memaster Lovebird dengan suara-suara masteran sampai pagi hari.

2. Perawatan Lovebird Paud menjelang lomba

Settingan tunggal Lovebird single fighter (lovebirdhaven.com)
Settingan tunggal Lovebird single fighter (lovebirdhaven.com)

Perawatan menjelang lomba dilakukan mulai 3 hari sebelum lomba atau 3 hari sebelum hari H. Perawatannya sebenarnya sama tetapi tidak perlu olahraga pernapasan di kandang umbaran.

Loading...

Makanan dan minuman Lovebird Paud atau Balibu masih milet putih dan air putih. Saat menjelang lomba, Lovebird bisa diberi EF berupa jagung muda secukupnya, tetapi tergantung tingkat birahinya. Jika Lovebird Paud birahi tinggi, tidak diberi EF juga tidak masalah.

  • Jam 05.30 pagi: Lovebird diembunkan untuk menyegarkan tubuh.
  • Jam 06.00 pagi: Lovebird dimandikan dengan cepuk atau disemprot halus. Setelah mandi selesai, Lovebird diangin-anginkan sambil dijemur di tempat ramai agar mentalnya fighter sesuai harapan.
  • Jam 07.00 pagi: Lovebird dikerodong dan dimasukkan ke dalam rumah untuk istirahat. Pada proses ini Anda diharapkan memperdengarkan suara masteran khusus Lovebird.
  • Jam 16.00 sore: Lovebird diangin-anginkan sebentar. Yang terpenting harus di area yang ramai agar mentalnya cepat meningkat menjadi pemberani dan fighter.
  • Jam 19.00 malam: Lovebird kembali diangin-anginkan sambil dimandikan dan dibersihkan kandangnya. Setelah mandi, Lovebird diangin-anginkan lagi kemudian kalau bulunya sudah kering, Lovebird dikerodong lalu dimaster dengan suara masteran.

3. Perawatan Lovebird Paud lomba

Setingan Lovebird Paud single fighter (elisej-photographie.deviantart.com)
Setingan Lovebird Paud single fighter (elisej-photographie.deviantart.com)
  • Jam 05.30 pagi: Lovebird diembunkan seperti biasa.
  • Jam 06.00 pagi: Sangkar Lovebird dibersihkan dan diberi pakan lomba atau suplemen Lovebird, lengkap dengan milet putih dan air putih. Kemudian Lovebird kembali dikerodong dan pergi ke lokasi lomba.
  • Sesampainya di lokasi lomba, pilihlah lokasi yang paling sejuk seperti di bawah pohon dan yang terpenting tidak ada Lovebird lain, tapi Lovebird tetap dikerodong. Tujuannya agar Lovebird tidak terpancing birahinya dan tidak ngekek sebelum digantang. Kalau sudah ngekek duluan, energinya terbuang sia-sia, gembos, cepat lelah, dan percuma karena suara ngekeknya tidak dinilai.
  • Saat waktu gantang tiba, lakukan seperti biasa, lepas cepuk pakan dan minum. Setelah selesai gantang, Lovebird Paud langsung disemprot halus, kemudian diangin-anginkan sampai bulunya mengering. Jangan lupa berikan pakan dan minum lagi untuk menambah energi. Selanjutnya, Lovebird Paud dikerodong agar dia beristirahat untuk mengikuti sesi lomba berikutnya.

Setingan untuk Lovebird Paud ini sudah diterapkan ke banyak Lovebird dan terbukti berhasil. Namun, karena karakter Lovebird tidak sama, kemungkinan ada sebagian Lovebird Balibu yang tidak cocok dengan setingan tersebut. Meski begitu tak ada salahnya dicoba karena cocok atau tidak, setingan tunggal ini tak berdampak buruk pada Lovebird Paud atau Balibu.

Baca juga: Penelitian Cara Memahami Settingan Lovebird Lomba dalam 1 Bulan

Demikian setingan tunggal Lovebird Paud single fighter. Anda tidak harus mengikuti semua perawatan tersebut, Anda juga bisa menambahkan atau mengurangi perawatan sesuai kebiasaan Lovebird Anda.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • ciri lovebird balibu fighter
  • https://burungnya com/3-setingan-tunggal-lovebird-paud-single-fighter/
  • lovebird single fighter
  • settingan lovebird fighter
  • lovebird paud fighter
  • setingan lovebird single fighter
  • cara merawat love bird paud
  • ciri lovebird paud fighter
  • Settingan paud
  • settingan lovebird single fighter

Berikan komentar