8 Cara Menjinakkan Kacer Lengkap dengan Video

Burungnya.com – Setiap burung mempunyai cara tersendiri agar cepat jinak. Nah, untuk burung Kacer ternyata ada beberapa cara agar Kacer cepat jinak dalam waktu singkat. Sebelumnya kami pernah membahas cara menjinakkan Kacer dengan metode yang unik. Dikatakan unik karena cara tersebut menggunakan air liur dan air perasan daun pare.

Apakah cara menjinakkan Kacer dengan metode unik ini berhasil? Sebagian kicau mania menjawab berhasil, sebagian lagi tidak berhasil. Faktor yang membuat Kacer tidak jinak mungkin karena pemberian air perasan daun pare terlalu banyak. Kalau dikasih air liur pemiliknya tentu bisa membuat Kacer jadi jinak karena Lovebird yang diberi air liur juga bisa jinak.

Terlepas dari itu semua, kami ingin memberikan metode cara menjinakkan Kacer yang biasa saja tapi berhasil. Cara-cara ini lebih masuk akal dan dapat langsung dipraktikkan ke burung peliharaan. Anda cukup menyiapkan beberapa peralatan saja, yaitu sangkar Kacer kecil, tangkringan, semprotan, pakan voer, jangkrik, dan televisi.

Kacer jinak bergaya dan bertengger di jari tangan (kicaumania.or.id)
Kacer jinak bergaya dan bertengger di jari tangan (kicaumania.or.id)

Mengapa pakai televisi? Ya, ternyata Kacer bisa cepat jinak jika didekatkan ke televisi. Jadi, saat Anda melihat televisi, ajaklah Kacer kesayangan Anda untuk nonton televisi bersama. Lebih jelasnya bisa dilihat pada tahap-tahap menjinakkan Kacer berikut.

Cara menjinakkan Kacer lengkap dengan video

1. Gunakan kandang berukuran kecil

Mengapa kandang Kacer harus kecil? Tujuannya agar Kacer tidak terlalu banyak bergerak dan tidak loncat-loncat ke sana ke mari. Untuk menjinakkan Kacer, kalau bisa Kacer harus sering dalam keadaan diam. Oleh karena itu, Anda harus membatasi pergerakan Kacer dengan kandang ukuran kecil.

2. Pasang tangkringan di tengah kandang

Hampir sama dengan penggunaan kandang kecil, pemasangan tangkringan bertujuan agar burung Kacer bisa diam di atas tangkringan atau pangkringan. Jika Kacer sudah diam, dia akan lebih mudah mengamati area sekitar dan mempelajari apa yang diajarkan pemiliknya.

Baca juga: 30 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Stres Agar Kembali Gacor

Loading...

3. Memandikan Kacer sampai basah kuyup

Kacer jinak sedang mandi (toko-lovebird.blogspot.com)
Kacer jinak sedang mandi (toko-lovebird.blogspot.com)

Cara memandikan Kacer agar cepat jinak yang paling bagus menggunakan semprotan. Sebab, semprotan embun yang halus atau kasar bisa membuat bulu Kacer basah kuyup sampai ke kulit. Sebaiknya Kacer tidak dimandikan dengan keramba karena air tidak membasahi seluruh tubuhnya, tapi hanya bulu bagian luar saja.

4. Temani Kacer sambil menggodanya

Setelah dimandikan sampai basah kuyup, setiap hari Kacer harus ditemani sambil digoda dengan cara menggesek-gesek jeruji sangkarnya. Proses ini dilakukan di lantai atau di bawah saja. Kacer jangan langsung dijemur atau digantung, tapi cukup diangin-anginkan di bawah saja. Lalu, tunggu sampai bulu Kacer setengah kering sambil menggeprak-geprak kandang Kacer. Tujuannya, agar Kacer terbiasa dengan keberadaan manusia dan tidak takut melihat manusia.

5. Kacer dijemur di pinggir jalan

Jika tadi Kacer diangin-anginkan agar bulunya setengah kering, sekarang Kacer harus dijemur di pinggir jalan sampai bulunya kering. Manfaat Kacer dijemur di pinggir jalan supaya burung tersebut terbiasa dengan manusia yang lalu lalang baik menggunakan kendaraan atau jalan kaki. Namun, Anda juga harus menjaganya agar tidak dicuri maling atau dibawa kabur pemangsa seperti kucing dan ular.

6. Kacer diberi pakan menggunakan tangan

Agar Kacer cepat jinak, Anda harus memberi pakan Kacer menggunakan tangan secara langsung. Biasanya setelah dijemur Kacer akan merasa lapar. Nah, saat itulah Anda bisa memberi jangkrik menggunakan tangan, tapi jangan lupa kaki jangkrik harus dilepas dulu biar tidak tersedak di kerongkongan. Selain itu, berikan juga air dan pakan voer di dalam cepuk.

7. Kacer digantang di depan pintu

Untuk membuat Kacer jinak, Anda bisa menggantung Kacer di depan pintu yang dilalui banyak orang. Ini dimaksudkan agar burung Kacer tidak kaget melihat manusia dan mentalnya semakin tangguh. Di samping itu, cara ini bisa memudahkan Kacer beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Anda dapat menggantang burung Kacer di depan pintu mulai jam 16.00 sore sambil dimandikan dan ditemani seperti cara-cara sebelumnya.

Baca juga: 7 Cara Melatih Kacer Agar Selalu Siap Dilombakan

8. Kacer diletakkan di depan televisi

Setelah Kacer dimandikan sore hari sambil ditemani dan diberi makan jangkrik menggunakan tangan, Anda dapat mengajaknya nonton televisi bersama. Tujuan Kacer diletakkan di depan televisi supaya Kacer terbiasa dengan kehadiran manusia dan keramaian suara televisi. Anda sendiri tidak perlu menunggu Kacer melihat televisi, Anda juga bisa melakukan hal lain, seperti mengaji, makan, membaca buku, atau bermain dengan keluarga.

Demikian beberapa cara menjinakkan Kacer lengkap dengan video. Cara-cara ini dapat dipraktikkan langsung terutama bagi kicau mania yang sering beraktivitas di rumah. Jika Anda seorang pekerja kantoran yang jarang berada di rumah, maka lakukan cara ini saat Anda libur, yakni hari Sabtu dan Minggu.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman lainnya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • video kacer
  • mitos perkutut bangkok
  • video burung kacer
  • 6 cara menjinakan kacer
  • Kacer pakai kecil
  • menjinakan kacer di sangkar kecil
  • menjinakan kacer giras

Berikan komentar