Bahaya Memotong Cakar Kucing yang Mengerikan

Burungnya.com – Kucing sering menggaruk dan mencakar perabotan di rumah. Dari situ, banyak orang ingin memotong ujung cakar kucing. Untuk kasus yang paling ekstrem, kucing dibawa ke pusat kesehatan hewan, lalu mereka melakukan declawing.

Apa itu declawing? Ini semacam operasi ringan untuk memotong tulang terakhir semua jari kucing. Hal seperti ini sudah dilarang di beberapa negara. Sebab, declawing sangat menyakitkan dan mengganggu kesehatan fisik, serta psikis kucing.

Daripada memotong cakar kucing, sebaiknya Anda melakukan alternatif yang lain supaya kucing tidak mencakar perabotan furnitur di rumah.

Baca juga:

Bahaya dari Declawing Kucing

Saat ujung cakar yang melengkung dipotong, kucing bisa mengalami kesulitan jalan dan naik ke tempat tinggi. Soalnya, ujung cakar kucing dipakai untuk mencengkeram benda, serta untuk pijakan ketika berjalan.

Jadi apabila ujung cakar jadi tumpul atau pendek, pastinya kucing harus berlatih cara berjalan lagi. Tentu hal tersebut akan menyulitkan pergerakan kucing.

Seperti yang dikatakan Pop Science, kucing yang bagian cakarnya dipotong pasti akan sangat sakit dan nyeri kronis. Ini akan membuat kucing sering menggigit ujung cakarnya.

Bahaya Memotong Cakar Kucing
Bahaya Memotong Cakar Kucing

Pada penelitian yang lain, kucing dihilangkan cakarnya dia bisa kehilangan dan mengalami perubahan tingkah laku. Salah satunya, kucing tidak suka buang kotoran di litter box lagi.

Loading...

Kucing lebih memilih buang kotorannya di karpet, selimur, serta tumpukan kain lembut. Soalnya, kau buang kotoran di pasir, pasti menyakitkan.

Kucing juga akan suka menggigit dan dia tiga kali lebih agresif. Kucing jadi agresif karena dia stres akibat nyeri bekas kukunya dipotong.

Alternatif Biar Kucing Tidak Mencakar

Anda bisa menyakiti kucing bila cakarnya dipotong. Oleh karena itu, lebih baik cari alternatif lain supaya kucing tidak mencakar lagi.

Solusinya sebagai berikut:

1. Mainan Cat Tree House atau Cat Scratcher

Ada mainan yang biasa digunakan untuk tempat mencakar kucing, bentuknya seperti kayu gelondongan. Kadang juga ada kayu yang dibalut tali rami, seperti cat tree house atau cat scratcher.

2. Posisi Tempat Mencakar

Nah, bila Anda sudah membuat tempat mencakar khusus untuk kucing, letakkan benda tersebut di dekat tempat tidurnya.

3. Pancing dengan Catnip

Agar kucing lebih tertarik untuk mencakar di benda tersebut saja, berikan catnip pada permukaan medianya. Nanti kucing akan langsung lari menuju ke media tersebut.

4. Berikan Kucing Hadiah

Apabila kucing mau menurut untuk mengasah kuku di tempat yang telah disediakan, berikan dia hadiah. Terus jika kucing masih nakal karena menggaruk perabotan, lebih baik kucing diperingatkan dengan tegas tanpa memukul.

Pastikan mimik muka Anda menunjukkan bahwa Anda tidak suka melihat kucing Anda melakukan hal tersebut.

Kesimpulan

Demikian beberapa bahaya memotong kuku kucing. Anda jangan asal potong cakarnya bila tidak mengetahui akibatnya akan seperti apa.

Sebab, kucing memiliki saraf di berbagai tubuhnya. Kalau Anda memotong senjata kucing, yaitu cakarnya, pasti dia akan kehilangan jati dirinya.

Kucing bisa stres, mengalami gangguan kesehatan, sulit berjalan, sulit memanjat, tidak mau buang kotoran di litter box, dan masih banyak lagi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!