8 Cara Melatih Kenari Biar Cepat Gacor dan Fighter

Burungnya.com – Apakah penting burung Kenari memiliki mental fighter? Tentu saja, ini salah satu modal awal agar Kenari berani melawan burung lain di lomba. Coba bayangkan kalau Kenari penakut, tentu dia akan langsung diam saat bertemu lawan.

Berbeda dengan Kenari mental fighter, pasti langsung melawan dan berkicau gacor. Dalam hal ini burung Kenari tidak akan mau kalah dengan suara burung lain. Tandanya latihan burung Kenari tersebut sudah berhasil.

Latihan Kenari diperlukan sebelum menjalani lomba. Sebab, yang dihadapi di lapangan bukan hanya satu burung, tapi banyak burung dengan kemampuan yang mungkin lebih bagus.

Baca juga: 30 Tips Mudah Merawat Kenari Gacor Durasi Panjang

Sebagai burung rumahan, latihan yang harus diberikan tentu harus disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Kalau burung main dengan Kenari gacor, Anda juga harus mencarikan Kenari yang gacor-gacor sebagai latihan.

Kurang lebih seperti itu. Tapi kalau tidak ada Kenari gacor gimana? Paling tidak carikan Kenari yang sudah rajin bunyi atau setara dengan kemampuan burung Anda.

Cara Merawat Kenari Gacor Paling Simpel dengan Selada dan Jagung (themarthablog.com)
Cara Merawat Kenari Gacor Paling Simpel dengan Selada dan Jagung (themarthablog.com)

Latihan Burung Kenari

1. Ditrek dengan Kenari Gacor

Kenari Anda mungkin sudah gacor di rumah, tapi belum tentu di lomba juga gacor. Oleh karena itu, coba Kenari ditrek dengan kenari lain yang sudah gacor.

Ingat latihan ini tujuannya agar burung Anda bisa belajar dari senior. Jadi, pilihkan burung yang sifatnya mau memberikan pelajaran bukan mau menjatuhkan.

Prosedur Latihan Ditrek dengan Kenari Lain

  • Coba pertemukan burung Anda dengan Kenari lain.
  • Awalnya cuma saling mendengar saja tapi tidak saling bertemu.
  • Bila burung Anda berani, pertemukan keduanya tapi jarak jauh.
  • Jika masih berani, coba burung Anda disandingkan dengan Kenari tersebut.
  • Apabila Kenari Anda melawan, berarti mentalnya fighter.
  • Setelah fighter dengan satu burung, coba pertemukan dengan Kenari lain.

Baca juga: 25 Tips Rahasia Membuat Kenari Gacor dengan Cepat Tanpa Jeda

2. Ajak Kenari ke Latberan

Sebelum terjun ke lomba yang besar, coba ajak burung Kenari Anda ke latberan atau lapangan latihan bersama di sekitar rumah.

Prosedur Latihan di Latberan

  • Tidak perlu langsung ikut latberan, tapi Kenari cukup diperlihatkan situasi di latberan.
  • Lihat gerak gerik burung Anda.
  • Apakah burung terlihat bersemangat atau justru ketakutan.
  • Bila burung tampak berani dan bersemangat, minggu depan coba ikutkan latberan.
Tips merawat Kenari Gacor durasi panjang (youtube.com)
Tips merawat Kenari Gacor durasi panjang (youtube.com)

3. Biasakan Kenari di Tempat Ramai

Situasi jalanan yang ramai cocok untuk latihan mental. Namun, gantung di tempat yang tinggi dan tidak terjangkau tangan manusia. Takutnya nanti burung Anda kelihatan gacor, terus dibawa oleh maling.

Loading...

Jadi, perhatikan tempat Anda menggantung burung, pilihkan yang aman dari predator dan tidak bisa digondol maling. Kalau burung ditunggui, Kenari bisa digantung di tempat rendah atau di permukaan tanah.

4. Sparing dengan Kenari Tetangga

Biasanya bila Anda menyukai burung, tetangga yang lain juga ada yang pelihara burung. Tidak mungkin dalam bertetangga tidak ada yang pelihara burung sama sekali.

Nah, apabila Anda mempunyai tetangga yang pelihara burung Kenari, coba ajak dia untuk sparing. Burung Anda dibawa ke rumahnya untuk latihan mental bersama.

Baca juga: 5 Cara Cepat Membuat Kenari Gacor dalam Hitungan Hari

5. Gantung Burung di Tempat yang Beda

  • Kalau pagi burung digantung di teras.
  • Siang burung digantung di dalam rumah.
  • Sore burung dikeluarkan di pinggir jalan.
  • Malam burung digantung di teras.
  • Kalau mau tidur, burung dimasukkan ke ruangan di belakang rumah.
Perawatan Kenari Gacor (videoblocks.com)
Perawatan Kenari Gacor (videoblocks.com)

6. Tambah Frekuensi Mandi

Jika Kenari Anda suka mandi, coba tambah frekuensi mandinya. Bila burung terbiasa mandi sekali sehari. Sekarang tambah mandinya jadi 2-3 kali sehari.

Cara mandinya bisa disemprot, tapi lebih bagus Kenari mandi sendiri di keramba. Biarkan burung mandi sepuasnya tapi jangan sampai dia kedinginan.

7. Kenari Dijemur

Setelah mandi, jangan lupa burung dijemur di bawah sinar matahari. Tapi kalau bulu basah, jangan langsung dijemur. Lebih baik, burung diangin-anginkan dulu sampai bulu agak mengering.

Baru Kenari dijemur di bawah sinar matahari maksimal 30 menit. Mengapa jemurnya sebentar? Sebab, burung Kenari bertubuh mungil kalau dijemur lama nanti tubuhnya kepanasan.

Baca juga: 12 Cara Melatih Mental Kenari Lomba agar Suara Kristal dan Gacor

8. Burung Kenari Sering Diumbar

Kenari yang sehat dan cepat gacor, biasanya memiliki sistem pernapasan bagus dan tubuhnya fit. Untuk mendapatkan semua itu, Kenari wajib diumbar di sangkar yang besar.

Biarkan Kenari terbang ke sana ke mari supaya sayapnya kuat dan dadanya kuat. Pernapasan jadi panjang dan suara jadi gacor.

Kenari gacor durasi panjang (youtube.com)
Kenari gacor durasi panjang (youtube.com)

Kesimpulan

Itu tadi beberapa latihan burung Kenari biar cepat gacor dan fighter. Anda harus memberikan latihan yang sifatnya melatih mental dan fisik. Latihan mental didapat dari trek lawan Kenari dan latihan di latberan.

Untuk latihan fisik ada di umbaran dan mandi keramba. Fisik tubuh Kenari menjadi lebih kuat dan segar. Burung Kenari yang sehat pasti lebih cepat gacor.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!