12 Cara Memandikan Kucing Pertama Kali yang Takut Air

Burungnya.com – Cara memandikan kucing sebenarnya sangat mudah. Yang terkadang bisa menyulitkan saat mandi karena kucing takut air, memberontak, kucing terlalu galak, dan kucing belum terbiasa.

Kami merangkum langkah demi langkah cara memandikan kucing yang benar, serta langkah-langkah berikutnya.

Dengan begitu, walau Anda masih pemula sekalipun, Anda pasti bisa memandikan kucing galak yang takut air.

Cara Memandikan Kucing

1. Potong Kuku

Memotong kuku kucing merupakan hal wajib yang harus dilakukan sebelum mandi. Alasannya karena untuk keamanan agar Anda tidak dicakar kucing saat memandikannya.

Terkadang kucing bisa stres dan akhirnya mencakar Anda untuk membela diri. Kucing juga pintar, dia biasanya tidak mau dipotong kuku sebelum mandi. Sehingga Anda harus memotong kuku kucing beberapa hari sebelum prosesi mandi.

2. Persiapan Sebelum Memandikan Kucing

Apa saja yang dibutuhkan saat akan memandikan kucing? Peralatan yang dibutuhkan cukup banyak, tapi pada dasarnya sama seperti Anda mau mandi.

  • Ember atau bak.
  • Shampo kucing.
  • Bedak kucing.
  • Sisir bulu.
  • Hair Dryer.
  • Handuk khusus kucing.
  • Cottonbuds atau pembersih telinga + Baby Oil.
  • Bola kapas untuk telinga kucing.
  • Handuk untuk mengeringkan terakhir kali.
  • Kanebo penyerap air.

3. Air Mandi

Untuk airnya sebenarnya sama saja. Kucing bisa mandi dengan air kran atau air PDAM. Namun, alangkah lebih baik bila kucing dimandikan dengan air hangat.

Pastikan tingkat kehangatan air seperti hangat-hangat kuku untuk memandikan bayi. Kalau kucing sampai kepanasan, dia tidak akan mau mandi lagi dan mungkin bisa trauma.

Selain itu, pastikan ketinggian air di dalam bak tidak membuat kucing tenggelam. Paling tidak, hanya bagian air dan perut yang terkena air.

Lebih baik gunakan air sedikit saja, supaya kucing tidak takut. Kucing menjadi lebih tenang dan tidak takut dengan air lagi.

Cara Memandikan Kucing Pertama Kali (wideopenpets.com)
Cara Memandikan Kucing Pertama Kali (wideopenpets.com)

4. Bawa Kucing ke Kamar Mandi

Memandikan kucing di kamar mandi merupakan cara terbaik. Tujuannya agar kucing tidak bisa bersembunyi dan tidak kabur.

Kucing bisa dibawa dengan cara digendong atau dipancing dengan makanan serta mainan. Intinya buat kucing masuk ke dalam kamar mandi secara sukarela.

Jangan lupa untuk menutup pintu supaya kucing fokus mandi. Bagi Anda yang memiliki keluhan atau masalah punggung, mandikan kucing di wastafel dalam posisi berdiri.

Walau ini lebih menyulitkan karena kucing bisa saja melompat keluar wastafel, tapi punggung Anda tidak akan sakit.

Minta bantuan orang lain untuk memegangi tubuhnya. Sehingga Anda lebih fokus untuk membersihkan tubuh kucing.

5. Adaptasi dengan Air

Kucing harus dibuat tenang agar tidak takut dengan air. Bagaimana caranya? Sering-seringlah mengajak kucing ke kamar mandi dan kenalkan dengan bak berisi air.

Biarkan kucing mengendus air tersebut dan bermain air di sekitar bak mandi. Dengan begitu, bak mandi tidak akan dianggap monster oleh kucing.

Jika Anda berhasil membuat kucing nyaman, maka kucing tidak akan memberontak saat dimandikan. Dia juga tidak akan stres.

6. Cara Memasukkan Kucing ke Air

Nah, selanjutnya merupakan langkah yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Proses memasukkan kucing ke dalam bak air tergolong sulit.

Anda harus memegang bagian tengkuk leher kucing dengan lembut. Teknik ini disebut scruffing.

Tangan kiri mencengkeram kulit yang kendur di belakang leher kucing. Kemudian tangan kanan mengangkat tubuh atau kaki kucing.

Ini tidak akan menyakiti kucing dan justru membuatnya nyaman. Di samping itu, cara ini lebih aman agar Anda tidak dicakar kucing.

Bila Anda cuma mencengkeram bagian belakang leher saja, kucing akan kesakitan.

Setelah itu, masukkan kucing ke dalam air secara perlahan. Saran kami, pakailah baju lengan panjang, untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan.

7. Basahi Tubuh Kucing

Tubuh kucing yang tidak boleh terkena banyak air adalah mata, hidung, dan telinga. Lalu, bagaimana cara memandikannya?

Basahi tubuh kucing dulu mulai dari bawah sampai batas leher. Kemudian, usap lembut bagian atas kepala dengan cara mendongakkan kepalanya.

Air jangan sampai terkena mata, hidung, dan telinga karena bisa membuat kucing infeksi. Tahan tubuh kucing supaya kucing tenang saat dimandikan.

Untuk membersihkan area muka atau wajah kucing, Anda bisa menggunakan handuk basah. Kalau menggunakan air secara langsung, takutnya ada air yang masuk ke mata atau hidung.

8. Shampo Kucing

Pilih shampo kucing yang bagus, kemudian tuangkan ke bulu kucing. Gunakan satu tangan untuk menahan tubuh kucing, dan satu tangan lagi untuk menggosok bulu kucing dengan shampo.

Gosok shampo searah dengan pertumbuhan bulu kucing. Untuk bagian wajah, usapkan shampo ke handuk basah terlebih dahulu kemudian baru diusap ke wajah kucing secara perlahan.

Kalau ingin membersihkan kutu di bulu kucing, maka berikan shampo untuk membasmi kutu. Yang penting, takaran shampo jangan terlalu banyak.

Loading...

9. Membilas Tubuh Kucing

Agar kucing tidak takut saat dibilas dengan air, maka air kran diatur kecil saja. Kemudian gunakan bak air lain untuk menampung air bersih.

Ambil gayung kecil atau cangkir untuk mengambil air bersih. Kalau mau lebih praktis, pakai pancuran atau shower saja. Yang penting atur airnya agar keluar perlahan.

Shampo atau sabun kucing harus benar-benar bersih. Kalau masih tersisa shampo di tubuhnya, area tersebut bisa menjadi penyebab menempelnya kotoran saat tubuh kucing sudah kering.

10. Cari Kutu di Bulu Kucing

Setelah dibilas dengan air bersih, sisir bulu kucing agar kutunya berjatuhan. Terkadang kutu masih menempel, jadi Anda harus mengambilnya secara manual.

Sisir ini bisa membantu Anda menghilang kutu pada bulu kucing. Anda harus menyisir bulu secara perlahan agar kutunya rontok dan hilang.

Biasanya setelah diberi shampo khusus kucing, kutu akan melemah, sehingga mudah untuk dibersihkan.

Bagian tubuh yang sering menjadi persembunyian kutu biasanya di bulu yang lebat, seperti perut. Jadi, jangan lupa sisir area perut kucing.

Cara Memandikan Kucing Kecil (adamspetcare.com)
Cara Memandikan Kucing Kecil (adamspetcare.com)

11. Cara Mengeringkan Kucing Setelah Mandi

Bila kucing sudah selesai mandi, keringkan dengan handuk. Peras bulu kucing agar airnya berkurang, terutama di bagian ekor, tungkai, dan kaki.

Bulu kucing akan sulit kering karena rambutnya lebat. Anda harus menggunakan hair dryer dengan setelan pelan agar bulu kucing cepat kering.

Pastikan kucing tidak panik atau ketakutan dengan hair dryer. Bila kucing takut, sebaiknya urungkan niat Anda menggunakan hair dryer.

Penggunaan hair dryer diperlukan saat kadar air di bulu kucing sudah sedikit. Bila masih banyak airnya, pakai handuk dulu.

12. Buat Kucing Bahagia dan Tenang

Setelah kucing mau dimandikan, berikan hadiah atau makanan yang paling disukainya. Dengan begitu, saat kucing mau dimandikan lagi dia tidak akan ketakutan.

Buat kucing merasa tenang dan rileks. Ajak kucing bermain supaya rasa takutnya pasca mandi segera hilang.

Ini harus dilakukan supaya pada saat jadwal mandi selanjutnya, kucing sudah tidak takut lagi.

Tanya Jawab Kucing Mandi

Apakah Kucing Boleh Dimandikan Bersamaan?

Bila Anda memiliki beberapa kucing, sebaiknya mandikan kucing satu persatu. Sebab, setiap kucing memiliki karakter yang berbeda.

Ada kucing yang penakut, ada juga kucing yang pemberani. Bila ada kucing yang sebelumnya tidak takut air, kemudian lihat kucing yang takut air, bisa-bisa dia juga ikutan takut air.

Apakah Boleh Menggunakan Shampo Manusia pada Kucing?

Shampo manusia tidak disarankan untuk kucing. Sebab, shampo tersebut bisa menyebabkan sisa shampo menumpuk di bulu kucing.

Justru shampo manusia terkadang bisa membuat bulu kucing rontok karena tidak cocok. Kulit kucing juga bisa iritasi karena shampo manusia.

Apakah Kucing Bisa Stres Setelah Mandi?

Hal ini tergantung dari kucing itu sendiri dan bagaimana Anda memandikannya. Ada kucing yang tenang saat mandi sehingga tidak stres.

Tapi ada juga kucing yang berontak dan takut mandi, sehingga pasca mandi dia stres. Bila Anda memandikan kucing dengan benar, tentu tingkat stres itu akan minim sekali.

Apakah Boleh Mengeringkan Bulu Kucing dengan Pet Carrier?

Saat mengeringkan kucing tidak disarankan menggunakan pet carrier karena bisa membuat kucing kepanasan dan mati. Jadi, pakai handuk saja yang lebih aman dalam mengeringkan bulu kucing.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa cara memandikan kucing pertama kali yang takut air. Apabila Anda masih pemula, sebaiknya minta bantuan orang lain.

Minimal ajak teman atau saudara untuk memegangi kucing. Saat kucing berontak dan Anda tidak menguasai keadaan, kucing bisa sangat ketakutan dan melukai Anda.

Lebih baik, ajak teman atau saudara yang sudah pernah memandikan kucing. Dengan begitu, risiko dalam memandikan kucing tidak akan membahayakan kucing dan Anda sendiri.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!