4 Obat Kutu Kucing Tradisional Paling Ampuh dan Murah

Burungnya.com – Bulu kucing cukup nyaman dipakai untuk sarang kutu. Oleh karena itu, Anda harus waspada dan menjaga bulu kucing supaya tetap bersih agar terhindar dari kutu.

Soalnya, kutu pada kucing sangat menyiksa. Kutu ini bisa membuat kucing merasa gatal, lesu, lemas, stres, hingga dehidrasi.

Ciri kucing yang terkena kutu biasanya dia akan sering menggaruk di tubuh bagian tertentu. Kemudian, bagian kulitnya memerah dan muncul benjolan-benjolan kecil.

Anda harus segera memberi obat kutu kucing. Sebenarnya sudah ada obat khusus untuk mengatasi kutu pada kucing. Namun, kali ini kami akan memberikan obat kutu tradisional yang ampuh dan murah.

Kucing Terkena Kutu (cattree.uk)
Kucing Terkena Kutu (cattree.uk)

Obat Kutu Kucing

1. Air Cuka

Ternyata aroma air cuka tidak disukai kutu. Anda bisa menyemprotkan air cuka di bagian tubuh kucing yang gatal. Caranya, campur air cuka dengan air kran biasa dengan perbandingan 50 : 50.

Setelah itu, panaskan air cuka tersebut dengan api sedang. Setelah cukup mendidih, matikan kompor dan tunggu sampai dingin.

Masukkan air rebusan cuka ke dalam botol sprayer. Lalu, semprotkan air tersebut pada tubuh kucing yang terkena kutu.

Hati-hati dalam menyemprot air cuka. Jangan sampai airnya mengenai hidung, mata, dan telinga kucing.

2. Lidah Buaya dan Cabai Rawit

Ingin menghilang kutu pada kucing secara tradisional? Mudah saja, rahasianya cukup lidah buaya dan cabai rawit.

Cara meraciknya, nanti lidah buaya dicampur dengan cabe rawit dan dijadikan jus. Porsi cabai rawit sedikit saja, biar tidak pedih di mata.

Setelah keduanya dibuat menjadi jus, masukkan ke dalam botol sprayer. Semprotkan air jus lidah buaya dan cabe rawit ke tubuh kucing yang terkena kutu.

Ingat, jangan sampai airnya mengenai mata, telinga, hidung, dan bagian kemaluan kucing.

Loading...

3. Lemon

Ternyata lemon juga bisa mengusir kutu pada tubuh kucing. Soalnya, di dalam lemon terkandung asam sitrat yang tidak disukai kutu.

Cara membuat ramuan anti kutu untuk kucing, cukup mudah. Iris lemon menjadi empat bagian. Masukkan irisan lemon ke dalam air panas atau air mendidih.

Diamkan air tersebut semalaman lalu saring ampasnya. Nah, air lemon yang sudah dingin digunakan untuk menyemprot tubuh kucing kutuan.

4. Garam

Jika tak punya air cuka, lidah buaya, cabai rawit, dan lemon, Anda bisa memakai garam. Pasalnya garam dapat membasmi larva dan telur kutu.

Caranya, garam dimasukkan ke dalam air hangat dulu. Kemudian air hangat yang ada garamnya digunakan untuk merendam kucing yang terkena kutu.

Pastikan Anda bisa mengendalikan kucing Anda saat dia dimasukkan ke dalam air garam. Rendam kucing sampai kutunya hilang.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara menghilangkan kutu pada kucing dengan obat kutu kucing tradisional. Obat ini dinilai aman dan alami. Bila dibandingkan dengan obat kutu kimia, tentu obat kimia bisa memiliki efek samping.

Kami selalu mementingkan keselamatan kucing. Jadi, daripada menerima risiko dari pemberian obat kutu kucing kimia, lebih baik kucing diberi obat tradisional dari bahan-bahan yang aman.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!