Cara Membuat Pakan Burung dari Cangkang Telur

Cara Membuat Pakan Burung dari Cangkang Telur

Burungnya.com – Selama ini cangkang telur mungkin langsung dibuang begitu saja karena dianggap tidak terlalu bermanfaat. Padahal, manfaat cangkang telur sangat beragam, terutama untuk tambahan kalsium pada manusia dan sebagai pakan burung.

Apakah cangkang telur bisa dimakan? Tentu saja cangkang telur dapat dimakan oleh manusia dan burung. Menurut laman Hellosehat.com, kulit telur dapat dikonsumsi tapi sebelumnya harus dihaluskan terlebih dahulu.

Telur yang digunakan bisa berupa telur ayam, bebek, atau puyuh. Semua cangkang telur sejatinya sama, tapi mungkin kadar kalsiumnya yang berbeda.

Baca juga: 33 Makanan Burung Lovebird Biar Cepat Gacor dan Ngekek Panjang

Kandungan Cangkang Telur

Untuk cangkang telur biasanya mengandung 40 persen kalsium. Setengah dari cangkang telur sudah dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa, yakni 1.000 mg per hari.

Tak hanya kalsium karena cangkang telur juga mengandung mineral lain, seperti fluorida, strontium, magnesium, selenium, dan protein.

Manfaat Cangkang Telur (hipwee.com)
Manfaat Cangkang Telur (hipwee.com)

Manfaat Cangkang Telur untuk Kesehatan

Cangkang telur sangat bermanfaat untuk tulang walau saat ini sering dibuang ke tempat sampah. Setelah mengetahui manfaat kulit telur, jangan pernah membuang-buang cangkang telur lagi. Berikut beberapa manfaat cangkang atau kulit telur.

  • Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi
  • Membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Membuat detak jantung lebih teratur.
  • Sebagai obat penenang alami untuk mengurangi rasa sakit.
  • Menghentikan pendarahan saat terluka.
  • Mengurangi risiko osteoporosis
  • Dapat mengikat vitamin D dan magnesium untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.
  • Menjaga kesehatan persendian.
  • Mengurangi nyeri sendi.

Baca juga: 40 Makanan Kacer Alami, Pabrikan, dan Racikan Agar Cepat Gacor

Loading...

Jenis Burung yang Bisa Makan Cangkang Telur

Cangkang telur dapat diberikan kepada semua jenis burung, tapi ada sebagian burung yang diperkirakan menyukai cangkang telur.

  1. Perkutut
  2. Derkuku
  3. Merpati
  4. Kenari
  5. Finch
  6. Lovebird
  7. Parkit
  8. Pleci

Cara Memberikan Cangkang Telur ke Burung

Ada berbagai cara memberikan cangkang telur sebagai pakan burung. Yang jelas caranya tidak diberikan secara langsung, melainkan harus menghaluskan cangkang telur dulu dengan cara ditumbuk atau diblender.

Perlu diketahui bahwa cangkang telur harus benar-benar halus. Hal ini karena butiran cangkang telur cukup tajam sehingga bisa membahayakan tenggorokan atau organ pencernaan burung.

  1. Untuk burung Perkutut, Derkuku, dan Merpati, Anda dapat memberikan cangkang telur dengan cara dicampur dengan voer.
  2. Sementara, burung Kenari, Finch, Lovebird, dan Parkit, Anda bisa memberikannya secara langsung di wadah tersendiri dalam bentuk cangkang telur yang sudah halus.
  3. Untuk jenis burung lainnya, Anda dapat mencampur cangkang telur dengan egg food.

Kalau untuk manusia, cangkang telur harus dicuci bersih dan direbus dulu. Tujuannya agar bakteri dan zat asing ang menempel, bisa hilang. Lalu, tumbuk atau blender cangkang telur sampai menjadi serbuk. Setelah itu, bubuk cangkang telur dapat dikonsumsi dengan cara dicampur pada makanan lain atau dicampur dengan minuman.

Baca juga: 15 Makanan Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi dan Cepat Gacor

Hal yang Perlu Diwaspadai

Pemberian cangkang telur dengan campuran pakan lain yang tidak terukur perbandingannya dapat membuat burung kebanyakan asupan kalsium.

Burung yang over kalsium dapat membuatnya egg binding atau telur sulit keluar pada indukan burung betina. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati bila memberikan pakan cangkang telur kepada indukan burung yang sedang diternak.

Selain itu, Anda harus memperhatikan seberapa halus cangkang telur. Kalau belum halus, cangkang telur dapat melukai tenggorokan dan sistem pencernaan burung.

Baca juga: 3 Racikan Pakan Bergizi agar Murai Batu Gacor

Demikian beberapa manfaat cangkang telur dan cara membuat pakan burung dari cangkang telur. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan cangkang telur yang biasanya dibuang sia-sia menjadi pakan yang berguna.

Bagi yang pernah memberikan cangkang telur sebagai pakan burung, Anda bisa berbagi pengalaman dengan yang lain di kolom komentar Burungnya.com. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • manfaat cangkang telor buat murai
  • manfaat cangkang telur untuk merpati
  • cangkang telur untuk murai batu
  • cangkang telur untuk lovebird
  • cangkang telur untuk perkutut
  • cangkang telur untuk pakan burung
  • cangkang telur biat ternak
  • cangkang telur bagi burung
  • obat kalsium untuk telur murai
  • cangkang telor puyuh buat murai

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!