10 Cara Membuat Pleci Gacor Mengeluarkan Suara Isian di Lomba

10 Cara Membuat Pleci Gacor Mengeluarkan Suara Isian di Lomba

Burungnya.com – Plecir gacor di rumah sudah biasa. Namun, kalau Pleci gacor di lomba, tentunya membutuhkan perawatan khusus. Apalagi jika Pleci dapat mengeluarkan suara isian di lomba, pastinya poin nilainya meningkat dan akan mendapatkan juara.

Untuk menghasilkan Pleci seperti itu dibutuhkan latihan dan perawatan tambahan. Jadi, tidak sekadar memberi makan, memandikan, dan menjemur saja. Perawatan Pleci lainnya juga harus dilakukan secara rutin.

Bagi Anda yang sibuk kerja, sepertinya sulit melakukan rawatan untuk Pleci lomba. Pasalnya, Pleci lomba harus dilatih setiap hari, mulai hari Senin sampai Minggu, dan dari pagi sampai malam. Oleh karena itu, dibutuhkan pelatih atau orang yang khusus merawat burung Pleci agar gacor di lomba.

Baca juga: 5 Racikan Minuman Pleci Biar Cepat Gacor dan Ngalas

Pleci Gacor Mengeluarkan Suara Isian (wikipedia.org)
Pleci Gacor Mengeluarkan Suara Isian (wikipedia.org)

Agar Pleci Mengeluarkan Suara Isian

1. Pemasteran Pleci

Supaya Pleci dapat mengeluarkan suara isian dari burung lain, maka caranya adalah pemasteran. Burung Pleci harus dimaster dengan suara burung yang berbeda-beda.

Latihan pemasteran Pleci dapat dilakukan sehari 3 kali, pagi, siang, dan sore hari. Suara burung harus bervariasi dan berganti-ganti setiap 60 detik sekali.

2. Gantung Pleci di Tempat Tinggi

Ternyata menggantung Pleci di ketinggian mempunyai banyak manfaat. Selain bisa mengeluarkan suara isian, burung Pleci menjagi ngalas dan ngeplong.

Mental Pleci menjadi lebih baik di rumah ataupun di lomba. Di samping itu, pemandangan di ketinggian membuat Pleci terhindar dari stres.

Gantang Pleci di tiang kerekan seperti Perkutut (burungbahagia.blogspot.com)
Gantang Pleci di tiang kerekan seperti Perkutut (burungbahagia.blogspot.com)

Gantungan Pleci paling tinggi 8 meter dan paling rendah 5 meter. Kalau tidak punya gantungan, Anda bisa memanfaatkan gantangan kerekan milik Perkutut. Jika di sekitar Anda tidak ada yang memelihara Perkutut, maka Anda bisa menggantang Pleci di lantai 2 atau lantai 3.

3. Melatih Pleci di Kandang Umbaran

Suara isian Pleci akan keluar saat Pleci mempunyai stamina yang bagus. Oleh karena itu, latihan di kandang umbaran diperlukan untuk melatih pernapasan Pleci agar bisa berkicau keras dan lantang.

Latihan umbaran ini dapat dilakukan pagi hari, sekitar pukul 08.00 sampai 09.00. Jangan melebihi waktu tersebut karena sinar matahari sudah cukup panas. Oh iya, sambil mengumbar, jangan lupa untuk memutarkan suara masteran burung.

4. Pengembunan Pleci

Burung Pleci membutuhkan pengembunan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Udara pagi setelah solat Subuh terasa segar sehingga baik untuk kesehatan Pleci.

Sebaiknya, saat pengembunan, burung Pleci digantang agar berjauhan dengan koloni Pleci lainnya. Hal ini dimaksudkan agar burung Pleci langsung berkicau bersahut-sahutan saat matahari mulai terbit dari timur.

5. Berikan Pakan Tambahan Pleci

Supaya Pleci mau mengeluarkan suara isian, Anda bisa memberi Pleci pakan tambahan atau extra fooding (EF). Apa saja pakan tambahan terbaik untuk burung Pleci?

Racikan pakan rahasia untuk Pleci lomba (youtube.com)
Racikan pakan rahasia untuk Pleci lomba (youtube.com)

Ternyata ada dua, yaitu ulat Hongkong dan ulat kandang. Kedua makanan hewani ini berkhasiat mampu membuat Pleci gacor dan ngalas.

Loading...

Baca juga: Rahasia Pakan Racikan Burung Pleci Lomba

Namun, perlu diketahui bahwa pemilihan ulat Hongkong kalau bisa yang berwarna putih. Sebab, kulit ulat Hongkong yang putih masih lunak, sehingga mudah dicerna oleh Pleci.

6. Memandikan dan Jemur Pleci

Ini sama seperti perawatan Pleci sehari-hari, yakni mandi dan jemur. Semua orang mempunyai waktu masing-masing untuk memandikan dan menjemur Pleci.

Namun, yang terbaik adalah pagi hari. Jadi, burung Pleci dimandikan pagi hari menggunakan sprayer halus atau mandi sendiri. Kemudian angin-anginkan Pleci sebentar sampai bulunya mengering, baru dijemur.

Usahakan jangan langsung menjemur Pleci setelah dimandikan. Hal ini membuat Pleci stres. Pasalnya, tubuh Pleci baru dibasahi sampai kedinginan, lalu langsung dijemur di bawah terik sinar matahari yang panas. Tentunya, tubuh Pleci akan merasakan sensasi menyakitkan perpindahan dari dingin ke panas.

Gelas saja bisa pecah, setelah diisi air dingin kemudian ditambah dengan air panas. Bagaimana dengan tubuh Pleci, pastinya burung Pleci akan merasa kesakitan.

7. Mengistirahatkan Pleci

Latihan dan perawatan memang perlu, tapi istirahat tidak kalah penting. Burung Pleci juga membutuhkan istirahat setelah seharian mendapatkan latihan pemasteran.

Mengistirahatkan burung Pleci dapat dilakukan saat malam hari. Anda dapat mengerodong sangkar Pleci agar istirahatnya maksimal dan berkualitas. Sebab, udara malam sangat dingin, tubuh Pleci yang mungil bisa menggigil apabila tidak dihangatkan dengan kerodong.

Selama proses istirahat sebenarnya Pleci harus istirahat total. Namun, kalau mau dimaster juga tidak masalah, yang penting suara masteran harus pelan dan mengalun-ngalun.

8. Membawa Pleci Jalan-jalan

Sebagai refreshing otak dan penyegaran lingkungan, Anda bisa membawa Pleci jalan-jalan. Untuk lokasi jalan-jalan, kalau bisa yang berkualitas, seperti rumah teman yang mempunyai koloni Pleci, tempat gantangan Pleci, pasar burung, kios burung, atau area hijau yang penuh dengan pepohonan dan tanaman.

Tujuannya selain untuk refreshing, sebenarnya ini juga untuk latihan mental saat burung Anda bertemu dengan lawannya. Dengan begitu, saat lomba nanti, mental Pleci sudah fighter dan berani melawan Pleci lain di lapangan.

9. Menggantang Pleci dengan Pleci Lain

Pleci merupakan burung koloni. Sehingga menggantang Pleci dengan Pleci lain sangatlah penting. Ini bisa membantu menguatkan mental dan membuat Pleci percaya diri.

Burung Pleci membutuhkan teman agar mau berkicau dan mengeluarkan suara isian. Kalau Anda merawat Pleci sendirian tanpa Pleci lainnya, tentu hasilnya tidak akan maksimal.

Paling tidak, Anda harus mempunyai 3-4 ekor Pleci lain untuk latihan dan perawatan lomba. Hal ini untuk mengadaptasi Pleci dengan koloninya.

10. Selalu Dekatkan dengan Koloni Pleci

Di alam, Pleci selalu hidup berdampingan dengan koloninya atau teman-temannya. Anda harus meniru kehidupan Pleci di alam bebas dengan menghadirkan Pleci lain di hidupnya.

Oleh karena itu, selalu dekatkan Pleci Anda dengan Pleci lain. Kalau bisa dalam satu ruangan, Pleci harus digantung berdampingan. Boleh digantang di lain ruangan, asalkan suara Pleci lainnya masih terdengar.

Jenis Burung Pleci
Jenis Burung Pleci

Demikian beberapa cara membuat Pleci gacor mengeluarkan suara isian di lomba. Diperlukan perawatan yang panjang dan rutin untuk sampai ke tahap Pleci bisa bersuara sesuai isian masteran.

Latihan tadi tidak hanya berjalan selama satu minggu dua minggu, tapi mungkin sampai berbulan-bulan. Oleh karenanya Anda harus bersabar dan mempunyai waktu yang cukup luang dalam merawat Pleci, apalagi Pleci lomba.

Burung Pleci yang dirawat dengan baik pasti mengetahui dan akan membalas budi dengan cara tampil bagus di lomba. Kesabaran memang mahal harganya.

Baca juga: 10 Manfaat Air Es untuk Pleci Agar Cepat Ngeplong dan Gacor

Anda jangan sampai kehilangan kesabaran dan berpaling menggunakan jalan pintas yang kurang baik. Misalnya dengan menggunakan doping Pleci.

Awalnya doping tersebut membuat Pleci buka paruh, ngalas, ngerol, dan gacor. Namun, lama kelamaan performanya akan menurun dan bisa berujung pada kematian. Hal ini yang seharusnya dihindari dan lebih baik gunakan cara yang alami dan aman.

Apabila Anda mempunyai setingan Pleci gacor, jangan sungkan untuk membagikannya di kolom komentar Burungnya.com. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Cara supaya pleci cepat membongkar isian nya
  • makanan burung pleci gacor isian
  • pleci gacor
  • pleci di alam
  • cara bongkar isian pleci
  • racikha minuman pleci cepat bongkar isian
  • Cara biar isia
  • manfaat gantung pleci d tiang yang tinggi
  • Suara pleci juara isian
  • Cara bikin pleci bongkar isian

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!