Burung Pleci (hermanusbirdclub.wordpress.com)

8 Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor dan Mengeluarkan Suara Isian

Burungnya.com – Burung Pleci atau burung Kacamata merupakan salah satu jenis burung yang pandai meniru suara burung lain. Begitu mendengar suara burung lain, burung Pleci yang sudah terlatih atau sudah gacor akan langsung menirukan suara burung tersebut. Oleh sebab itu, banyak Pleci mania yang melakukan pemasteran agar kicauan Pleci menjadi bervariasi.

Namun, terkadang walau sudah dilakukan pemasteran, suara burung Pleci tetap monoton. Burung Pleci tidak bisa mengeluarkan suara isian yang didapat dari proses pemasteran. Kalau masalahnya seperti ini, bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga: 33 Tanya Jawab Terlengkap tentang Pleci

Jika ingin mengeluarkan suara isian burung Pleci, Anda jangan terfokus pada proses pemasteran saja. Sebab, perawatan selama memaster burung Pleci juga sangat penting.

Pleci sendiri mempunyai tiga kharakter suara, di antaranya ngalas, ngerol, dan kombinasi ngalas-ngerol atau gacor. Nah, di sini Anda harus memahami seperti apa kharakter suara burung Pleci Anda, apakah sudah masuk tahap ngalas, ngerol, atau gacor?

Setelah mengetahui tahapan kharakter suara burung Pleci, Anda bisa memaster burung Pleci sesuai dengan kharakter kicauannya.

Contoh, Pleci dengan kharakter suara ngerol dapat dimaster dengan suara burung bertipe ngerol, seperti Blackthroat, Kenari, burung Madu atau Kolobri, dan lain sebagainya. Sementara, Pleci dengan kharakter suara ngalas bisa dimaster dengan suara bertipe ngalas, seperti suara burung Kacer, Tledekan, Cucak Jenggot, dan lain-lain.

Baca juga: 8 Cara Memaster Pleci yang Paling Benar Agar Cepat Gacor

Kami ingatkan kembali, proses pemasteran tidak akan berjalan lancar jika tidak diimbangi dengan perawatan yang memadai. Maka dari itu, kami memberikan beberapa cara merawat burung Pleci agar cepat gacor dan mengeluarkan suara isian.

1. Pemasteran burung dilakukan secara rutin

Jangan putus asa, ketika suara burung Pleci tidak bisa mengeluarkan suara isian masteran. Terkadang burung harus mendengar suara masteran berulang-ulang kali agar masuk ke dalam ingatannya. Oleh karena itu, lakukan pemasteran secara rutin dengan suara burung yang berbeda-beda.

Waktu pemasteran juga harus diperhatikan, misalnya suara masteran terdiri atas tiga suara burung berbeda dengan jeda 30 – 60 detik, yang diputarkan setiap pagi, siang, dan sore hari.

Suara masteran bisa didapat dari burung lain secara langsung atau suara burung MP3, baik dari smartphone, tape, DVD, atau aplikasi. Untuk aplikasi, kami telah menyediakan rekomendasi aplikasi untuk suara masteran. Selengkapnya, baca artikel 12 Aplikasi Suara Burung Kicau Terbaik Untuk Masteran Gratis

2. Menggantung sangkar Pleci di antara burung Pleci yang lain

Apabila burung Pleci belum terbiasa mengeluarkan suara isiannya, maka gantunglah sangkar Pleci berdampingan dengan burung Pleci yang lain. Burung Pleci merupakan burung koloni sehingga jika disandingkan dengan burung sejenis maka dia akan terpancing untuk berkicau menirukan burung Pleci lainnya.

3. Melatih Pleci di kandang umbaran

Burung Pleci yang belum mau berkicau kemungkinan staminanya lemah. Oleh karena itu, Anda harus melatihnya di kandang umbaran. Kandang umbaran selalu digunakan untuk melatih burung agar memiliki sistem pernapasan yang kuat. Selain itu, kandang umbaran juga bisa dimanfaatkan untuk menjemur Pleci, sekaligus memancingnya agar rajin mengeluarkan suara-suara isiannya secara lantang.

Pengumbaran memang sangat bagus untuk melatih napas burung Pleci. Tujuannya, agar burung Pleci mampu berkicau dengan durasi panjang sehingga memungkinkan Pleci mengeluarkan suara isian. Anda dapat melakukan pengumbaran setiap hari antara pukul 7 pagi hingga pukul 9 pagi. Saat melakukan pengumbaran sebaiknya sambil diperdengarkan suara masteran yang cocok untuk burung Pleci kesayangan Anda.

4. Pengembunan burung Pleci secara rutin setiap pagi

Tak hanya menjemur saja, burung Pleci juga butuh pengembunan agar kondisi tubuhnya selalu bugar dan segar. Jika tubuhnya segar, burung Pleci akan terangsang untuk mengeluarkan suara isiannya.

Pengembunan bisa dilakukan pada pagi hari, terutama sebelum matahari terbit. Biasanya, Pleci mania melakukan pengembunan setelah shalat Subuh di mana udara masih segar dan matahari belum terbit.

Di samping itu, pada saat pengembunan, usahakan burung Pleci digantung berjauhan dengan burung Pleci lainnya. Ini untuk memancing agar nanti setelah matahari terbit, mereka bisa berkicau bersahut-sahutan.

5. Memandikan burung Pleci

Setelah dilakukan pengembunan bisa juga dilanjutkan dengan memandikan burung Pleci. Dalam memandikan burung Pleci, Anda bisa menyandingkan dengan burung Pleci lainnya. Cara memandinkan bisa dilakukan dengan penyemprotan (semprotan halus) atau menyediakan wadah untuk mandi sendiri.

6. Memberikan pakan tambahan atau EF

Setelah pengembunan dan mandi, kebanyakan burung Pleci akan merasa lapar. Momen ini bisa Anda gunakan untuk memberikan pakan tambahan atau extra fooding (EF) berupa ulat Hong Kong maupun ulat kandang.

Baca juga: 10 Doping Pleci Alami dari Bahan Hewani yang Jarang Diketahui

Ulat Hong Kong yang diberikan sebaiknya berwarna putih alias sedang berganti kulit, karena ulat tersebut memiliki lapisan kulit yang lunak sehingga mudah dicerna.

7. Mengistirahatkan burung Pleci

Jangan terlalu memaksa burung Pleci untuk cepat gacor dan mengeluarkan suara isian. Sesekali berikan dia waktu istirahat di malam hari agar kondisinya pulih setelah latihan seharian. Untuk menghasilkan suara yang lantang dan keras, diperlukan stamina yang kuat.

Jadi, mengistirahatkan burung Pleci merupakan cara yang ampuh untuk mengembalikan staminanya. Proses mengistirahatkan burung Pleci bisa dilakukan dengan cara mengkerodongnya.

8. Membawa burung Pleci jalan-jalan

Burung Pleci juga butuh refreshing. Hal ini dimaksudkan agar burung Pleci selalu melihat sesuatu yang baru dan tidak jenuh dengan lingkungan yang itu-itu saja. Semakin sering burung Pleci diajak jalan-jalan maka burung tersebut akan semakin berani dalam mengeluarkan suara isian. Apalagi jika Anda mengajak burung Pleci untuk berkoloni dengan burung Pleci lain di rumah tetangga atau lokasi gantangan, maka mental burung Pleci akan semakin tinggi.

Demikian beberapa cara merawat burung Pleci agar cepat gacor dan mengeluarkan suara isian. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “8 Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor dan Mengeluarkan Suara Isian

Komentar