14 Manfaat Daun Ginseng untuk Murai Batu biar Staminanya Kuat

14 Manfaat Daun Ginseng untuk Murai Batu biar Staminanya Kuat

Burungnya.com – Selama ini burung Murai Batu jarang sekali makan daun atau sayuran alami. Pasalnya, makanan utama Murai Batu cuma voer, jangkrik, ulat, cacing, dan lain-lain. Hampir semuanya berbahan hewani. Walau begitu, ternyata Murai Batu juga suka makan daun ginseng.

Manfaat daun ginseng untuk burung kicauan bisa menjaga stamina agar tahan lama dan kuat tampil di lomba. Hal ini sudah dibuktikan sendiri oleh Sigit WMP. Burung andalannya yaitu Lovebird Kusumo gemar memakan daun ginseng.

Baca juga: 10 Pakan Tambahan Extra Fooding Terbaik Untuk Murai Batu Agar Cepat Gacor

Murai Batu Makan Daun Ginseng

Tak hanya Lovebird, burung Murai Batu yang dikenal jarang mengonsumsi daun-daunan ternyata juga suka memakan daun ginseng. Kegemaran unik ini diketahui dari Titanium Bird Farm.

Salah satu Murai Batu milik mereka diberi daun ginseng yang tumbuh liar di kebun. Ternyata burung Murai Batu tersebut menyukainya. Bahkan, langsung melahap habis satu lembar daun ginseng.

Murai Batu Makan Daun Ginseng (youtube.com)
Murai Batu Makan Daun Ginseng (youtube.com)

Awalnya pemilik Titanium Bird Farm cuma iseng memberikan daun ginseng ke burung Murai Batu. Ini karena daun ginseng dikenal dapat menyehatkan tubuh burung. Saat itu, dia melihat banyak sekali daun ginseng di kebun, lalu diambil 1 lembar daun ginseng kecil dan diberikan ke Murai Batu.

Tak disangka, ternyata burung tersebut menyukainya. Begitu disodorkan daun ginseng, burung ini mengamatinya dan mematuk-matuk daun ginseng. Setelah jadi potongan-potongan kecil, daun ginseng tersebut langsung dimakan sampai habis.

Baca juga: 3 Racikan Pakan Bergizi agar Murai Batu Gacor

Manfaat Daun Ginseng untuk Burung

Daun ginseng mempunyai nama latin Talinum paniculatum. Di Indonesia, daun ini memiliki beberapa sebutan, seperti ginseng jawa dan kolesom jawa. Tanaman ini dikenal baik untuk kesehatan manusia maupun burung.

Secara garis besar, manfaat daun ginseng pada burung untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara, manfaat lainnya banyak sekali. Berikut beberapa manfaat daun ginseng untuk burung kicau, termasuk Murai Batu.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh burung.
  2. Mendongkrak stamina burung.
  3. Menstabilkan birahi burung.
  4. Mengatasi burung over birahi.
  5. Memberikan tambahan energi.
  6. Membuat burung lebih aktif.
  7. Mengobati burung stres.
  8. Mengembalikan stamina burung yang drop.
  9. Menambah power burung di lomba.
  10. Membuat burung tidak mudah lelah.
  11. Menghangatkan tubuh burung saat musim dingin.
  12. Mengatasi burung yang lemah dan lesu.
  13. Dipercaya bagus untuk indukan burung yang mengerami telur.
  14. Bagus untuk indukan burung yang ngloloh anaknya.

Banyak sekali manfaat ginseng untuk burung Murai Batu. Namun, jarang sekali kicau mania yang memberikan daun ginseng karena tidak terbiasa melakukannya.

Mereka mungkin hampir tidak pernah memberikan makan Murai Batu berupa sayuran atau daun-daunan. Kalaupun mau memberi sayuran biasanya melewati perantara jangkrik. Jadi, jangkrik diberi pakan sayur-sayuran, kemudian jangkrik tersebut dimakan Murai Batu. Hal seperti ini dipercaya sama saja dengan burung makan sayuran.

Walau bisa makan sayur melalui perantara jangkrik, alangkah lebih baik bila Murai Batu makan sayur langsung dari tumbuhan. Mungkin tidak semua jenis Murai Batu menyukai sayuran. Namun sebenarnya ini cuma masalah kebiasaan saja. Jika Murai Batu dibiasakan makan daun dan sayuran, tentu Murai Batu akan menyukainya.

Cara Memberi Pakan Daun Ginseng ke Burung

Untuk memberikan daun ginseng ke burung Murai Batu, caranya bisa melalui jangkrik atau ulat. Namun, ada beberapa alternatif lain agar daun ginseng bisa menjadi santapan Murai Batu di rumah.

  • Daun ginseng diberikan langsung dalam lembaran utuh.
  • Jika tak mau repot, Anda bisa menggantung daun ginseng di dinding sangkar.
  • Berikan daun ginseng dalam potongan kecil.
  • Daun ginseng diberikan dalam bentuk makanan jangkrik. Kemudian jangkrik tersebut dikonsumsi Murai Batu.
  • Cara pemberian lainnya bisa mengubah daun ginseng menjadi tepung dan dicampur dengan voer. Cara ini lebih memudahkan Murai Batu menyukai daun ginseng karena bentuknya sama dengan voer.

Waktu Pemberian Daun Ginseng ke Burung

Kapan daun ginseng bisa diberikan ke burung Murai Batu? Untuk waktunya sendiri sebenarnya fleksibel. Dalam artian, Anda bisa memberikan daun ginseng ini kapan saja selama porsi pemberiannya cukup 1 lembar.

Namun, waktu terbaik memberikan daun ginseng biasanya setelah burung mengikuti lomba. Selain itu, burung bisa diberi daun ginseng saat selesai melakukan perjalanan jauh atau ketika cuaca dingin.

Baca juga: 5 Makanan Murai Batu yang Dapat Dijadikan Pengganti Kroto

Tujuannya Murai Batu yang kelelahan dapat pulih dengan cepat dengan diberikannya daun ginseng. Memang daun ginseng ini fungsinya untuk mengembalikan stamina burung yang drop.

Demikian manfaat daun ginseng untuk burung Murai Batu. Burung juga bisa kelelahan atau drop sama seperti manusia. Sehingga asupan energi dari daun ginseng sangat dibutuhkan untuk memulihkan staminanya.

Bagi Anda yang pernah memberikan daun ginseng ke Murai Batu silakan berbagi pengalaman lewat kolom komentar Burungnya.com. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!