Cara Membuat Sangkar Pleci Unik dalam Pot Aviarium

Burungnya.com – Burung Pleci di alam terlihat lebih bahagia. Ini karena banyak pepohonan dan daun hijau yang sejuk. Anda juga bisa menghadirkan habitat alam mini di dalam sangkar Pleci atau biasa disebut aviarium.

Salah satu channel YouTube bernama Jon Hendra sudah pernah memposting video sangkar Pleci dalam pot yang unik. Jadi, di dalam sangkar tersebut terdapat burung Pleci ditambah beberapa tanaman dan ekosistemnya.

Ini tidak hanya burung Pleci saja, burung kecil yang lain juga bisa. Yang terpenting burung berukuran kecil kalau ukuran kandangnya sedang.

Anda bisa melihat video Jon Hendra dengan judul Pleci dalam sangkar pot.

Sangkar yang digunakan sepertinya sudah tidak asing lagi, yaitu sangkar Lovebird. Bagian gantungan dilepas dan teboknya diganti dengan pot.

Cara Membuat Sangkar Pleci dari Pot

Bahan-bahan:

  • Sangkar Lovebird bekas atau baru.
  • Kayu stigi aquascape sebagai tangkringan.
  • Tanaman yang disukai.
  • Pasir zelolit kucing atau pasir malang.
  • Tanah.
  • Wadah pakan minum.
  • Batu-batuan sungai.
  • Pot bunga bonsai yang lebar sesuai diameter sangkar.

Cara Membuat:

  1. Pertama bersihkan sangkar dan pot terlebih dahulu.
  2. Bagian gantungan sangkar dilepas dan ditutup agar burung tidak lepas lewat atas.
  3. Bagian tebok dilepas dan nanti bagian bawah sangkar dikubur dalam pot.
  4. Tanah dimasukkan dulu sekalian dengan tanamannya.
  5. Masukkan sangkar kemudian bagian bawah dikubur dalam tanah.
  6. Bagian kubah sangkar bisa dilepas dulu agar proses memasukkan ornamen lain lebih mudah.
  7. Tambahkan batu-batuan agar terlihat menarik.
  8. Tutupi bagian atas tanah dengan pasir zelolit kucing atau pasir malang.
  9. Pasang juga tangkringan di atas tanah dan dinding sangkar.
  10. Wadah pakan bisa diletakkan di dasar saja.
  11. Tutup semua sangkar dan terakhir masukkan burung Pleci.

Cara Membersihkan Kotoran di Sangkar Aviarium

Untuk sangkar Pleci di dalam pot ini sifatnya permanen. Jadi, sangkar ini tidak bisa dilepas pasang. Sebenarnya bisa saja dilepas sangkarnya, tapi akan merepotkan.

Kalau mau simpel, kotoran burung setiap hari disemprot nanti akan larut ke dalam tanah. Kemudian di dalam tanah diberi cacing sebagai pengurai.

Loading...

Ini lebih mudah daripada harus membersihkan sangkar setiap hari. Terlebih kotoran burung kecil seperti Pleci tidak terlalu banyak sehingga kotoran lebih mudah terserap ke dalam tanah.

Sangkar Pleci Unik dalam Pot Aviarium (youtube.com)
Sangkar Pleci Unik dalam Pot Aviarium (youtube.com)

Catatan Tambahan Sangkar Pleci Pot

Penempatan sangkar ini sangat penting karena bisa memancing predator seperti kucing. Jadi, alangkah baiknya sangkar Pleci diletakkan di dalam pekarangan atau halaman rumah yang dikelilingi tembok tinggi.

Misalnya, sangkar diletakkan di taman belakang. Usahakan tidak ada kucing yang bisa masuk ke area tersebut. Dengan begitu, tanaman dan burung Anda akan aman.

Oh iya, pilih juga tanaman yang tahan terhadap cuaca. Artinya, tanaman tersebut tidak harus terkena matahari langsung tapi masih bisa hidup.

Kalau bisa cari tanaman yang tidak disukai burung Pleci agar daunnya tidak habis dimakan Pleci. Dijamin sangkar ini akan menjadi habitat alami yang nyaman bagi burung Pleci.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara membuat sangkar Pleci unik dalam pot aviarium. Selama ini masih jarang ada sangkar seperti ini karena tidak terlalu familiar di masyarakat.

Padahal, dengan sangkar yang digabung dengan tanaman, burung menjadi lebih nyaman dan bahagia. Sayangnya sangkar ini tidak cocok untuk burung lomba.

Sangkar ini lebih cocok untuk burung rumahan atau penghias rumah. Jadi, untuk orang-orang penikmat suara burung dan alam pasti menyukainya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!