Cara Mencetak Lovebird Australian Yellow Face (instagram.com)

3 Cara Mencetak Lovebird Australian Yellow Face Mutasi Baru

Burungnya.com – Mungkin beberapa dari Anda masih jarang mendengar Lovebird Australian Yellow Face (AYF). Burung ini hampir sama dengan Lovebird green series. Secara visual Lovebird Australian Yellow Face mirip dengan Lovebird Ijo Sayur. Namun, pembedanya terletak pada wajah yang warnanya lebih kuning.

Lovebird Australian Yellow Face merupakan salah satu mutasi Lovebird psittacosis dengan blue, orange frontage, dan parblue. Nah, psittacosis ini mereduksi seluruh atau sebagian psittacine seperti blue mereduksi psittacine 100 persen hingga tidak terdapat warna kuning sampai merah pada mutasi blur.

Sementara mutasi Lovebird Australian Yellow Face mereduksi psittacine red sangat besar hingga jenis burung ini terlihat kekuningan secara keseluruhan mendekati visual green series atau Lovebird hijau.

Cara Mencetak Lovebird Australian Yellow Face

A. Persilangan Lovebird Blue dan AYF

1. AYF x AYF = anak 100 persen AYF

2. AYF x Blue = anak 100 persen AYF blue visual AYF

3. AYF blue x AYF blue = anak 25 persen AYF, 50 persen AYF blue (visual AYF), 25 persen blue.

4. Beberapa mutasi Lovebird akan berbeda dengan visualnya. Contoh Lovebird warna blue tetapi menghasilkan AYF kembali, meski sangat kecil jumlahnya.

B. Persilangan Lovebird Parblue (Turquoise) dan AYF

1. AYF x Parblue = anak 100 persen AYF Parblue

2. AYF Parblue x AYF Parblue = anak 25 persen AYF, 50 persen AYF parblue (visual AYF), 25 persen parblue.

3. Beberapa mutasi Lovebird akan berbeda dengan visualnya. Contoh Lovebird warna parblue tetapi menghasilkan AYF kembali, meski sangat kecil jumlahnya.

C. Persilangan Lovebird Green dan AYF

1. AYF x Green = anak 100 persen green split AYF

2. Green x AYF blue = anak 50 persen green split AYF, 50 persen green split blue

3. Green x AYF parblue = anak 50 persen green split AYF, 50 persen green split parblue

Demikian beberapa persilangan Lovebird yang bisa menghasilkan Lovebird Australian Yellow Face. Rumus kawin silang cara mencetak Lovebird Australian Yellow Face ini dijelaskan oleh Irwan Sentosa di akun Facebook miliknya.

Kalau mau mendapatkan anakan Lovebird Australian Yellow Face, salah satu indukan harus burung AYF. Lebih bagus lagi, kalau keduanya merupakan indukan AYF. Jika tidak punya dua indukan AYF, salah satunya bisa menggunakan indukan Lovebird Parblue.

Harga Lovebird Australian Yellow Face AYF (instagram.com)
Harga Lovebird Australian Yellow Face AYF (instagram.com)

Harga Lovebird Australian Yellow Face

Ternyata Lovebird ini sangat mahal harganya. Sebab, anakan Lovebird Australian Yellow Face bisa dihargai sampai Rp 50 juta per ekor. Salah pemiliknya adalah Yuli Sriyanto atau Yuli Exotic. Dia menemukan Lovebird tersebut di salah satu pasar di Solo.

Bentuk fisiknya mirip dengan AYF, hingga akhirnya dia memberikan nama Australian Yellow Face. Menurutnya di Indonesia burung tersebut cuma dimiliki oleh 2 orang saja, salah satunya dirinya sendiri.

Jenis burung Australian Yellow Face tergolong jenis Lovebird baru dan masih dikembangkan di Australia. Mutasi turunan Lovebird tersebut belum diketahui secara pasti, sehingga belum bisa dianggap sebagai strain baru.

Loading...

“Untuk yang jenis Fischeri AYF baru 2 orang yang punya di Indonesia, saya orang pertama yang memilikinya. Yang Pastel AYF ada 4-6 orang Indonesia yang punya, sedang dikembangkan sama teman-teman Grub di Bali,” kata Yuli Exotic seperti yang disadur dari Burungnews.com (7/5/2020).

Lovebird Australian Yellow Face Ditemukan di Pasar

Menurut Yuli, burung ini ditemukan secara tak sengaja di pasar. Sehingga dia tidak mengetahui siapa peternaknya. Saat itu, dia tahu bahwa AYF jenis Lovebird baru dan sangat indah. Tanpa pikir panjang, dia langsung membelinya dengan harga murah, seperti harga Lovebird sayur.

“Karena saya tahu ini jenis yang baru dan sangat indah, maka tanpa mikir panjang langsung saya beli. Boleh jadi breeder dan penjualnya tak sepenuhnya menyadari. Jadi saya belinya juga bisa dikatakan murah, seperti beli burung sayur saja,” terang Yuli sambil tertawa.

Jenis Lovebird Australian Yellow Face (Instagram.com)
Jenis Lovebird Australian Yellow Face (Instagram.com)

Burung Lovebird AYF Masih Diteliti Mutasinya

Sebenarnya burung Lovebird tersebut belum sepenuhnya Lovebird Australian Yellow Face. Sementara ini Yuli hanya menamai burung tersebut AYF sambil melakukan penelitian. Jika nanti mutasinya sudah diketahui, baru dia akan memberikan nama ilmiahnya.

“Mutasi ini tidak masuk dalam ‘bl locus’, alias Mutasi yang Berdiri Sendiri. Untuk sifat penurunannya, sekali lagi masih menunggu tes breeding dari berbagai sumber, termasuk saya sendiri juga masih melakukannya,” jelas Yuli.

Harga anakan Lovebird AYF F2 sudah laku Rp 50 juta. Pembelinya Pak Haryanto dari Mojosongo Solo. Sebelumnya anakan F1 masih split. Kemudian anakan F2 sudah merujuk ke AYF. Namun, anakannya langsung dibeli Pak Haryanto.

Baca juga:

Kesimpulan

Itu tadi cara mencetak Lovebird Australian Yellow Face mutasi baru versi Irwan Sentosa. Sayangnya di Indonesia masih jarang yang memiliki Lovebird tersebut. Diketahui pemilik Lovebird AYF masih 2 orang di Indonesia.

Sehingga bisa dipastikan cara mencetak Lovebird ini cukup sulit. Sebab, salah satu indukan harus berasal dari AYF. Selain itu, harganya mahal dan kemungkinan hanya penangkar besar yang bisa mencetak Lovebird AYF.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!