Burung Hantu Bisa Terbang Tanpa Suara (audubonportland.org)

Rahasia Burung Hantu Bisa Terbang Tanpa Suara

Burungnya.com – Kemampuan istimewa burung Hantu salah satunya bisa terbang tanpa suara. Anda mungkin kurang memperhatikan suara kepakan sayap berbagai jenis burung. Sebab, suaranya memang terdengar pelan. Berbeda dengan burung Hantu yang tidak mengeluarkan suara sama sekali saat terbang.

Apa rahasia burung ini bisa menghilangkan suara kepakan sayapnya? Sudah pasti kemampuan ini didapat karena bulu sayapnya.

Tahukah Anda, sayap burung Hantu berbeda dengan sayap burung yang lain. Jenis burung lain mengeluarkan suara turbulensi yang cukup keras dan berisik. Semakin cepat burung terbang, semakin keras suara kepakan sayapnya.

Keunikan Bulu Sayap Burung Hantu

Alasan kepakan sayap burung Hantu tidak ada suaranya karena struktur bulunya yang mirip sisir. Nah, ujung sisir di setiap bulu mampu memecah udara yang berhembus, sehingga kepakan sayap tidak bersuara.

“Burung Hantu memiliki serangkaian struktur sayap dan bulu yang unik yang memungkinkan dia mengurangi suara yang disebabkan olek gerakan,” kata Krista Le Piane, mahasiswa pascasarjana di University of California, Riverside, seperti yang disadur dari Audubon.org (28/7/2017).

Jenis burung Hantu besar bisa terbang sangat pelan sampai 2 mph dan meluncur tnapa suara dengan sedikit mengepakkan sayap. Selain itu, struktur bulu burung Hantu dapat berfungsi sebagai peredam.

Ujung rambut sayap memecah udara yang bergejolak. Kemudian aliran udara yang lebih kecil tersaring oleh beludru yang lembut di tepi sayap. Nah, dari struktur tersebut, aliran udara akan lebih tipis dan suara yang dihasilkan akan lebih kecil.

Keuntungan Burung Hantu Terbang Tanpa Suara

Semua pasti sudah menyadari bahwa burung Hantu terbang tanpa suara akan sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, burung ini dapat menyergap mangsa tanpa suara sehingga mangsa tidak dapat mendengar arah kedatangan burung Hantu. Mangsa menjadi sulit melarikan diri dan bisa disergap dengan mudah.

Di samping itu, karena terbang tanpa suara, burung Hantu menjadi lebih mudah mendengar dan melacak mangsa. Dengan begitu, burung Hantu lebih mudah mencari makanan di tempat gelap yang sunyi.

Loading...

Penelitian Dikembangkan Lagi

Jenis makanan burung Hantu berbeda-beda. Nah, burung yang makan ikan memiliki bentuk bulu sisir yang lebih sempit. Artinya, suara yang dihasilkan saat terbang menjadi lebih sedikit. Burung Hantu yang makan serangga tidak memiliki bentuk sisir di tepi bulunya. Contoh burung Tawny Fish Owl dan Burrowing Owl tidak mempunyai sisir di bulunya.

“Kami juga menemukan bahwa burung Hantu yang memakan mamalia akan meningkatkan lebar sisir sehingga lebih tenang suaranya dibandingkan burung Hantu yang berburu serangga,” kata Le Piane.

Ada juga temuan menarik bahwa burung Hantu yang mencari makan di malam hari mempunyai kemampuan menyergap mangsa tanpa suara dibandingkan burung Hantu yang mencari makan di siang hari. Burung Hantu yang berburu di siang hari adalah Snowy Owl dan Burrowing Owl.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang burung Hantu yang bisa terbang tanpa suara. Keistimewaan ini dimiliki karena struktur bulu sayap burung Hantu yang mirip dengan sisir rambut. Sehingga bentuk bulu tadi bisa memecah udara dan meredamnya sampai tidak terdengar suaranya.

Saat menyergap mangsa, burung Hantu bisa lebih leluasa karena mangsa tidak mengetahui mau diserang dari mana. Kemampuan penyergapan ini sangat membantu burung Hantu saat mencari makan di malam hari yang gelap.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • https://burungnya com/rahasia-burung-hantu-bisa-terbang-tanpa-suara/

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!