Tips Memaster Burung yang Benar (facebook.com)

Tips Memaster Burung yang Benar Agar Cepat Masuk

Burungnya.com – Dulu sebagian kicau mania beranggapan bahwa memaster burung yang benar saat burung mabung. Namun, seiring berjalannya waktu, memaster burung bisa dilakukan kapan saja. Ternyata cara seperti ini terbukti berhasil dan suara isian burung masteran bisa cepat masuk.

Rahasianya tentu saja pada suara burung masteran, jenis burung, kondisi burung, waktu pemasteran, durasi pemasteran, dan media pemasteran. Semua aspek pemasteran burung harus dijalankan secara benar agar hasilnya memuaskan.

Kapan Waktu Memaster Burung?

Waktu yang paling tepat dalam memaster burung adalah saat burung istirahat. Anda tentu sudah mengetahui kapan burung sedang istirahat. Apabila burung Anda istirahat di siang dan malam hari, maka master saja di jam-jam segitu.

Misalnya, burung dimaster siang hari jam 13.00 – 16.00. Kemudian malam burung dimaster lagi sekitar jam 22.00 – 05.00. Burung dibiarkan mendengar suara masteran terus menerus dengan volume rendah.

Kondisi Burung Sebelum Dimaster

Selain pemilihan waktu, Anda harus mengondisikan burung sebelum dimaster. Tujuannya agar burung benar-benar dalam keadaan istirahat. Percuma Anda memaster burung kalau dia sedang dalam keadaan aktif.

Jadi, Anda harus mengondisikan burung dalam keadaan diam dan istirahat. Caranya, burung dikerodong agar lebih tenang dan tidak bisa melihat lingkungan sekitar.

Sehingga burung lebih fokus mendengar suara masteran. Audio masteran diputar dengan volume kecil tapi jelas terdengar. Tujuannya agar mental burung tidak drop dan percaya diri mendengarkan suara tersebut.

Sumber suara dan burung harus agak jauh agar terdengar seperti burung aslinya. Semakin dekat sumber suara biasanya burung akan kesulitan merekam suara tersebut.

Cara Mengondisikan Burung yang Akan Dimaster

  • Burung harus diam.
  • Sebisa mungkin burung dibuat istirahat.
  • Lakukan pemasteran setelah mandi agar segar.
  • Burung dikerodong full.
  • Jangan biarkan burung melihat sekitar.
  • Burung harus lebih tenang.
  • Suara masteran diputar dengan volume kecil.
  • Sumber suara agak jauh dari burung.
  • Putar suara masteran terus menerus dan mengalun-alun.

Metode Pemasteran Burung

Anda bisa memaster burung dengan dua cara, yakni menggunakan burung masteran hidup dan memperdengarkan suara burung MP3.

Cara pertama tentu lebih bagus karena suaranya lebih alami, tapi Anda harus meluangkan waktu untuk memelihara burung masteran. Cara kedua dianggap lebih praktis karena tinggal memutar suara masteran di smartphone.

Lagian, sekarang suara masteran burung MP3 sudah bagus dan mirip dengan aslinya. Jadi, audio suara pun sudah lumayan bagus untuk masteran burung.

1. Pelihara Burung Masteran

Anda bisa memelihara burung masteran yang gacor dan rajin bunyi. Namun, untuk mendapatkan burung seperti ini tentu harganya mahal. Selain itu, Anda harus memberikan pakan extra fooding yang bagus agar burung gacor.

Loading...

Jika salah dalam pemeliharaan, burung masteran bisa macet bunyi. Sehingga proses pemasteran bisa terhenti. Hal tersebut juga harus Anda pikirkan bila ingin memaster burung dengan burung asli.

2. Memaster Burung dengan Suara MP3

Satunya lagi Anda bisa memaster burung dengan suara MP3. Sekarang media pemutar MP3 bisa dilakukan secara online dan offline. Kalau Anda memiliki WiFi Anda bisa memutar suara burung masteran dari YouTube.

Namun, bila Anda terbatas dalam penggunaan internet, sebaiknya download suara burung saja kemudian diputar secara offline di ponsel.

Terlebih suara masteran MP3 ada yang sudah menggabungkan beberapa jenis burung sekaligus. Sehingga burung bisa berkicau lebih variatif dan tidak monoton.

Penggabungan suara burung ini tak terbatas, ada yang 3 ekor sampai 5 ekor sekaligus. Namun, pilih suara gabungan burung yang tidak terlalu banyak agar burung tidak bingung. Lebih baik, perdengarkan suara burung satu dulu, minggu berikutnya perdengarkan suara yang lain.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian tips memaster burung yang benar agar cepat masuk. Pilih suara masteran dulu yang bagus. Kemudian buat kondisi burung dalam keadaan istirahat. Lokasi juga harus tenang dan tidak bising.

Pemasteran bisa menggunakan suara burung asli atau alat pemutar suara burung MP3. Anda bebas mau pilih yang mana. Namun, kalau Anda memilih suara MP3, putar dengan volume kecil dan agar berjauhan dengan burung. Durasi memutarnya harus lama, mulai dari malam sampai pagi hari.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara memaster burung yg benar
  • bagus ndak ngasih masteran burung waktu malam
  • burungbkicau cara master
  • cara memaster burung dengan mp3 yang benar
  • cara memaster burung memakai audio agar cepat masuk
  • waktu pemasteran burung yang tepat

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!