10 Cara Mengatasi Burung Stres Akibat Kandang Jatuh

Burungnya.com – Ada burung yang awalnya gacor dor tak kowor-kowor, sekarang jadi macet bunyi. Penyebabnya karena sangkar atau kandang jatuh. Kasus seperti ini sering kali terjadi dan pasti burung stres.

Memang, burung bisa stres saat sangkarnya terjatuh. Bagaimana tidak, ini seperti Anda dijatuhkan dari gedung yang tinggi. Kalau burung digantung dari ketinggian 3-4 meter, tentu sakitnya bukan main.

Belum lagi kalau ada bagian tubuh yang sakit atau patah. Wajar saja burung tidak mau bunyi setelah sangkar jatuh. Lalu apa yang bisa dilakukan agar burung tidak stres dan segera pulih suaranya?

Yang jelas, proses penyembuhan burung stres akibat kandang jatuh memang cukup lama. Ini karena burung trauma dan nyawanya di ambang maut. Kalau Anda baru jatuh dari ketinggian, gimana rasanya? Pasti Anda ketakutan bukan? Ya, itu juga yang dirasakan burung Anda.

Baca juga: 8 Penyebab Burung Stres di Kandang Koloni Lengkap dengan 6 Solusi Mengatasinya

Sangkar Kandang Burung Jatuh, Burung Stres (youtube.com)
Sangkar Kandang Burung Jatuh, Burung Stres (youtube.com)

Cara Mengatasi Burung Stres Akibat Sangkar Jatuh

1. Diletakkan di Tempat Tenang

Pilih tempat tenang di rumah Anda, misalkan kamar belakang yang tidak terpakai. Gantung burung di sana selama beberapa hari tanpa bertemu burung lain dan mendengar suara burung lain.

Paling tidak sendirikan burung selama 7 hari dulu. Lihat perkembangannya, bila sudah mulai membaik, burung sudah bisa diajak keluar. Namun, bila burung masih stres, biarkan saja di sana.

2. Full Kerodong

Saat menyendirikan burung, posisi sangkar harus full kerodong. Lampu remang-remang dan sirkulasi udara bagus. Burung stres pasti akan segera membaik bila disimpan dalam kondisi full kerodong.

3. Putar MP3 Musik Relaksasi

Cari video relaksi penghilang stres di YouTube. Utamakan video tentang suara alam dan aliran sungai. Putarkan suara tersebut terus menerus dengan volume sedang dan tidak terlalu keras.

4. Mandi Malam

Burung dimandikan malam setelah solat Maghrib. Mandi malam jangan terlalu malam karena udara dingin sekali. Bukannya sembuh, burung bisa tambah stres.

Kalau mandi malam, burung cukup semprot ringan dan lembut. Jangan sampai bulunya basah kuyup, yang penting tubuhnya segar. Lalu, dekatkan burung di lampu biar hangat.

Baca juga: Ciri-Ciri Burung Stres Lengkap dengan Penyebab dan Cara Mengatasinya

5. Pengembunan

Setelah solat subur, udara pagi sangat sejuk. Burung dikeluarkan untuk proses pengembunan. Biasanya stres akan hilang bila burung menghirup udara pagi.

Loading...

Proses pengembunan dilakukan sebelum matahari terbit. Kalau matahari sudah terbit di ufuk timur, berarti bukan pengembunan lagi namanya, tapi penjemuran.

6. Terapi Mandi Hujan

Orang zaman dulu sering menyembuhkan burung stres dengan terapi mandi hujan. Ini bukan hujan lebat atau hujat badai ya, melainkan hujan gerimis rintik-rintik.

Caranya burung dikeluarkan dari rumah, dan biarkan dia hujan-hujan selama kurang lebih 10-15 detik. Bila burung tidak merasa nyaman segera masukkan. Kalau burung menikmatinya, biarkan saja sampai 15 menit.

7. Pemberian Pakan Sepuasnya

Burung stres bisa diberi makanan yang enak-enak sampai kenyang. Perut kenyang stres hilang. Kalau ada extra fooding kesukaannya berikan saja sampai kenyang.

Intinya buat burung merasa bahagia karena makanan kesukaannya sangat melimpah. Nanti stresnya akan hilang dengan sendirinya.

Baca juga: 30 Kelebihan Kekurangan Sangkar Burung Besi dan Kayu

Cara Mengembalikan Performa Burung Stres Akibat Kandang Jatuh

Dalam tahap ini burung sudah mulai bunyi lagi. Jadi, perlahan mental burung sudah mulai naik. Tingkat volume suara berangsur-angsur semakin keras, berarti stres burung mulai hilang.

1. Perdengarkan Suara Burung Sejenis

Kalau burung sudah terlihat tidak stres, mulai perdengarkan suara burung sejenis. Volume suaranya pelan saja agar burung tidak drop mentalnya.

Sebisa mungkin tidak ada tatap muka dulu, cukup perdengarkan suaranya saja. Anda bisa memutar suara MP3 atau video YouTube.

2. Pertemukan dengan Burung Lain

Setelah mental sudah naik, mulai pertemukan dengan burung lain. Lihat perkembangannya, apakah burung sudah berani melawan atau justru diam.

Apabila burung masih diam, segera masukkan ke dalam ruangan tenang dan kerodong lagi. Kemungkinan burung masih trauma dan stres. Burung belum siap menghadapi lawan.

Sendirikan lagi selama beberapa hari dengan perawatan yang sama seperti di atas. Nanti, bila burung sudah mulai berani, maka pertemukan lagi dengan burung lain.

Baca juga: 3 Cara Merawat Sangkar Burung dari Kayu, Bambu, dan Besi

3. Ajak ke Gantangan

Apabila performa burung sudah naik dan terlihat fighter, tandanya untuk menguji burung di gantangan. Tidak masalah nanti kalah atau menang, ini cuma untuk mengetes apakah burung sudah tidak stres.

Kalau bisa pilih posisi yang sekitarnya burung agak muda. Dengan begitu rasa percaya dirinya semakin tinggi. Kalau burung sampingnya lebih gacor dan suaranya keras, burung bisa kalah mental.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara merawat burung stres akibat sangkar jatuh. Perawatan burung stres semacam ini memerlukan waktu lama. Pasalnya burung trauma dan stres.

Kita harus fokus membuatnya tenang dulu, tidak stres, dan bahagia. Jangan mengejar kemenangan dulu karena memulihkan burung dari stres sudah cukup berat.

Intinya Anda harus mengembalikan mentalnya dulu dengan membuatnya senang. Setelah dia bahagia, perkuat mentalnya agar rasa percaya dirinya kembali tinggi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • sangkar murai batu jatuh

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!