Harga Burung Emprit Merah Dewasa sampai Rp 25 Juta

Burungnya.com – Masih membicarakan tentang burung Emprit yang dulu dianggap hama sawah. Sekarang mungkin sebagian kicau mania tidak menyadari bahwa burung kecil yang sering mengambil biji padi milik petani ini sudah mahal harganya.

Ya, burung Emprit merah atau Red Siskin harganya sudah melambung tinggi. Untuk jenis Red Siskin Double Dilute dewasa saja harganya sudah sampai Rp 25 juta per ekor.

Kalau tidak percaya, mari berbincang dengan Chandra Rony penangkar CR99 Bird Farm peternakan Siskin Nusantara.

Chandra Rony dari CR99 (youtube.com)
Chandra Rony dari CR99 (youtube.com)

Jenis Burung Emprit yang Diternak di CR99

Terdapat tiga jenis burung Emprit merah yang diternak di penangkaran CR99, di antaranya sebagai berikut:

1. Burung Red Siskin Classic

Ciri-ciri burung ini kepala hitam, ekor hitam, dan badannya merah merona. Harga burung ini yang sudah dewasa umur 1 tahun ke atas bisa mencapai Rp 5 juta – Rp 6 juta per ekor. Kalau harga anakan bisa mencapai Rp 2,5 juta per pasang.

2. Burung Red Siskin Dilute

Untuk burung Red Siskin Dilute memiliki kepala berwarna abu-abu dan sayap juga berwarna abu-abu. Kemudian warna merah di tubuh agak memudar. Pemudaran warna ini karena dia berasal dari jenis mutasi.

Harga burung Red Siskin Dilute yang sudah dewasa Rp 7 juta – Rp 8 juta per ekor tergantung kualitas. Kalau harga anakan bisa sampai Rp 4,5 juta per pasang dengan usia 3 bulan ke bawah.

3. Burung Red Siskin Double Dilute

Kalau burung Red Siskin Double Dilute bulunya lebih cantik dengan kepala warna merah, sayap kekuning-kuningan, dan perut warna putih. Harga burung dewasa mencapai Rp 25 juta per ekor. Untuk anakan umur 2 bulan ke bawah harganya sekitar Rp 15 juta per pasang.

Perawatan Burung Emprit Red Siskin (youtube.com)
Perawatan Burung Emprit Red Siskin (youtube.com)

Tips Penangkaran Burung Emprit di CR99

Ternyata harga burung Emprit merah atau bahasa kerennya Red Siskin bisa mencapai Rp 25 juta per ekor. Burung ini sangat beruntung karena dihargai mahal. Coba kalau hidupnya di sawah, mungkin burung tersebut sudah dijaring para petani karena dianggap hama padi.

Sekarang mari belajar cara merawat burung Red Siskin di penangkaran CR99. Anda akan mengetahui sangkar yang digunakan, jenis makanan, sarang, wadah pakan minum, dan lain-lain.

1. Ukuran Sangkar

Chandra Rony menggunakan sangkar kotak ukuran 60 cm x 27 cm x 30 cm.

Loading...

2. Sarang Burung

Agar burung mau bertelur, diberikan sarang yang diletakkan di mangkuk. Sarangnya berasal dari serabut kering agar nyaman.

3. Tempat Serabut

Anda juga harus menyediakan tempat serabut kering. Tujuannya agar indukan jantan mencabuti serabut tersebut dan membuatnya menjadi sarang berbentuk bulat.

4. Burung Harus Dijemur

Agar burung sehat, mereka harus dijemur seminggu 2-3 kali. Durasi penjemuran bisa sampai 1-2 jam. Selain itu, ruangan penangkaran harus terkena cahaya.

5. Wadah Pakan dan Minum

Tempat pakan yang digunakan di CR99 berbentuk seperti pakan ayam yang otomatis. Jadi, pakan dan minum bisa mengisi otomatis dan tidak berceceran.

6. Wadah Mandi

Burung dibiarkan mandi sendiri di wadah mandi berukuran kotak besar. Kalau disemprot, seperti burung dipaksa untuk mandi jadi kurang bagus.

7. Pakan Burung Harian

Biji-bijian untuk pakan Red Siskin dibuat sendiri dan diracik sendiri. Kemudian ditambahkan telur puyuh satu butir setiap satu kandang. Pemberian telur puyuh sehari 1-2 kali. Pakan lain bisa diberi sawi hijau.

8. Pakan Extra Fooding

Untuk makanan tambahan atau extra fooding bisa diberi sari buah-buahan, sari telur dan madu, dan biji-bijian mix. Agar burung sehat, burung harus diberi pakan yang bervariasi, jangan monoton.

Kesimpulan

Demikian harga burung Emprit merah atau Red Siskin yang mencapai Rp 25 juta per ekor. Burung ini memang spesial dan sekarang sudah naik kelas. Jika kembali masa lalu, banyak orang memburunya karena dianggap hama padi.

Baca juga:

Kalau sekarang, burung Emprit Red Siskin disayang-sayang karena harga anakannya saja ada yang sampai Rp 15 juta per pasang. Bayangkan, masih anakan saja dihargai segitu, nanti setelah usia 1 tahun ke atas bisa naik menjadi Rp 25 juta per ekor.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • harga red siskin dilute
  • pakan burung red siskin
  • perbedaan red siskin classic dan dilute
  • makanan kesukaan burung red siskin
  • chandra rony cr99
  • foto red siskin double dilut
  • cara merawat redsiskin
  • https://burungnya com/harga-burung-emprit-merah-dewasa-sampai-rp-25-juta/
  • MAKANAN TAMBAHAN RED SISKIN
  • red siskin dilute

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!