Penyakit Merpati Patekan (merpati.org)

21 Cara Mengatasi Penyakit Merpati Patekan yang Benar

Burungnya.com – Penyakit patekan sering juga disebut kutil. Biasanya penyakit ini sering menyerang burung Merpati. Ciri penyakit patek yakni muncul benjolan di kulit dan kadang bentuknya bintik-bintik. Tumbuhnya benjolan daging ini sering kali terjadi di bagian kelopak mata, kaki, dan area yang tidak tertutup bulu.

Anda harus segera mengatasi penyakit Merpati patekan karena cukup berbahaya. Penyakit ini membuat burung jadi lemas, malas makan, aktivitas terganggu, dan merasa nyeri di bagian benjolan. Kalau dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, burung Merpati bisa mati.

Ciri Merpati Patekan

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, burung Merpati yang terkena penyakit patek cukup bervariasi. Ciri yang paling mudah dikenal yaitu munculnya benjolan di permukaan kulit yang tidak tertutup bulu. Terkadang, kulit berubah jadi bercak merah-merah.

  1. Kulit burung Merpati mengeluarkan benjolan.
  2. Muncul kutil kecil di area kulit.
  3. Kulit dipenuhi cacar seperti manusia.
  4. Bagian kulit melepuh seperti terbakar.
  5. Muncul bintik-bintik di seluruh kulit.
  6. Burung jadi lemas.
  7. Merpati jarang gerak dan pasif.
  8. Nafsu makan menurun.
  9. Terasa nyeri di area benjolan.

Cara Mengobati Penyakit Patek pada Merpati

1. Bersihkan kulit yang terluka dengan air hangat.

Bagian kulit yang terluka atau benjol bisa dibersihkan dengan air hangat. Basuh kulit secara perlahan dengan kain hangat. Pastikan nanah yang keluar sudah bersih dan mengering.

2. Oleskan Minyak Tawon

Untuk Merpati patekan yang lukanya kecil bisa disembuhkan dengan cepat menggunakan minyak tawon. Oleskan secara menyeluruh di area luka tapi tipis saja.

3. Luka Bengkak Diolesi Salep 88

Apabila luka pada Merpati cuma bengkak saja, bisa Anda olesi dengan salep 88. Setelah luka cukup membaik bisa diobati dengan obat kutil dan ditutup dengan hansaplast.

4. Benjolan Jangan Dicabut

Apabila luka patek berbentuk benjolan, sebaiknya jangan dicabut. Tunggu saja sampai mengering dan diberi salep atau minyak tawon. Kalau luka benjolan dicabut bisa berdarah dan justru menyebar ke sekitar area luka.

5. Salep Antiseptik untuk Sembuhkan Merpati Patekan

Cara ampuh mengobati Merpati patekan bisa menggunakan salep antiseptik kalmicetine. Tunggu sampai luka cukup kering, lalu berikan betadine. Terakhir tutup lukanya dengan perban atau hansaplast.

Loading...

Baca juga:

Cara Mencegah Merpati Kena Patekan

Merpati Patekan bisa disebabkan karena lingkungan kotor hingga gigitan nyamuk. Oleh karena itu, usahakan lingkungan selalu bersih dan terhindar dari nyamuk.

  1. Kandang ditutup dengan ram besi lubang kecil agar nyamuk tidak bisa masuk.
  2. Bersihkan kandang secara rutin.
  3. Ganti pakan minum setiap hari.
  4. Kandang dan burung dijemur di bawah sinar matahari.
  5. Kandang dibersihkan dengan desinfektan.
  6. Burung jangan diletakkan di daerah lembab dan basah.
  7. Berikan vitamin dan suplemen Merpati.

Kesimpulan

Demikian cara mudah mengatasi penyakit Merpati patekan yang benar. Penyakit ini lebih sering diakibatkan oleh virus dan lingkungan yang kotor. Oleh karena itu, jaga kebersihan dan jaga kesehatan burung Merpati.

Lingkungan yang lembab dan genangan air sebaiknya dibersihkan. Sering-seringlah menjemur burung dan mengumbarnya di tempat yang terbuka.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • obat ngorok untuk merpati
  • obat patek pada merpati
  • mengobati merpati kena kutil
  • obat kutil burung merpati
  • obat burung merpati patol
  • obat alami patek pada merpati
  • cara mengobati patek pada merpati
  • Cara mengobati kaki dara patolen
  • penyakit kutil merpati
  • Cara alami obati merpati patek

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!