7 Tips Pilih Wadah Pakan Burung Agar Tidak Berceceran

Burungnya.com – Beli sangkar burung baru biasanya sudah dapat bonus wadah pakan dan minum burung. Tempat pakan minum burung gratisan sudah bagus dan tidak perlu beli lagi yang baru. Namun, kalau Anda ingin agar pakan burung tidak berceceran, maka Anda harus memilih wadah pakan yang sedikit tertutup.

Apakah nanti burung tidak kesulitan makan kalau wadah pakannya tertutup? Tenang saja, burung lebih pintar dari yang kita kira. Terlebih penutup di wadah pakan tidak harus tertutup sempurna. Berikan lubang seukuran kepala burung agar kepalanya bisa masuk.

Dengan begitu, burung tidak akan bisa mengacak-acak pakan lagi. Makanan tidak akan terbuang percuma dan Anda bisa menghemat pengeluaran untuk beli pakan burung.

Wadah Pakan Burung Otomatis Anti Tumpah (melolohlovebird.blogspot.com)
Wadah Pakan Burung Otomatis Anti Tumpah (melolohlovebird.blogspot.com)

Tips Pilih Wadah Pakan Burung

1. Untuk Wadah Pakan Burung Koloni Pilih yang Berat

Mengapa wadah pakan burung koloni harus berat? Hal ini untuk mengantisipasi agar wadah pakan tidak mudah tumpah. Pasalnya, burung sering hinggap di tempat pakan. Kalau wadah pakannya berat, pastinya wadah tidak akan terguling dan pakan tidak berceceran.

2. Wadah Pakan Merpati dari Gerabah

Agar Merpati tidak mengacak-acak pakan berikan wadah dari gerabah. Nah, model wadah gerabah harus memiliki bibir yang menjorok ke dalam. Tujuannya agar pakan tidak mudah tumpah dan berserakan ke mana-mana.

3. Beli Wadah Pakan Anti Tumpah

Agar pakan tidak tumpah, belikan wadah pakan anti tumpah dan otomatis. Sekarang wadah pakan seperti ini sudah dijual di beberapa toko online. Masukkan saja kata kunci wadah pakan burung anti tumpah, maka akan keluar beberapa pilihan, model, dan harga.

4. Wadah Pakan dengan Tepian Lebar

Ada model wadah pakan burung yang tepiannya agar lebar ke dalam. Wadah pakan ini didesain agar pakan tidak tumpah dan berceceran. Burung pun tidak bisa mengacak-acak pakan karena tepiannya lebar.

Loading...

5. Tempat Pakan dari Botol Bekas

Kalau punya botol bekas jangan dibuang. Anda bisa memanfaatkan botol tersebut sebagai wadah pakan burung. Jadi pilih botol yang besar dan lebar. Kalau bisa botol minyak yang kotak atau botol minum yang kotak. Lubangi bagian tengah dindingnya. Usahakan kepala burung bisa masuk tapi pakan tidak bisa keluar dari botol.

6. Wadah Pakan Kecil

Ukuran wadah pakan bisa membantu agar pakan tidak mudah berceceran. Kalau bisa pilih wadah yang ukuran bawahnya lebih besar dari yang atas. Dengan demikian, pakan yang terisi tetap banyak tapi burung tidak bisa mengacak-acak pakan karena bagian atasnya sempit.

7. Tempat Pakan agak Tinggi

Pilih tempat pakan burung yang agak tinggi tapi porsi pakannya jangan terlalu banyak. Kalau ada buatkan wadah pakan dari botol bekas saja dan beri pakan sedikit saja. Dengan demikian pakan tidak akan tumpah dan berantakan.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian tips memilih wadah pakan burung agar tidak berceceran. Kalau mau simpel Anda bisa memilih wadah pakan anti tumpah. Beli saja di beberapa toko online tapi sedikit lebih mahal. Untuk wadah pakan yang murah, pilih wadah yang bibirnya lebar dan menjorok ke dalam.

Sebenarnya wadah burung apapun bisa disiati agar tidak mudah tumpah, asalkan pakannya tidak terlalu banyak. Berikan pakan sedikit saja atau setengah dari wadahnya, pasti pakan tidak berserakan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara memasang tempat makan dan minum burung di dalam sangkar
  • menaruh pakan burung agar tidak rusak
  • Pakan burung otomatis
  • pakan kenari berantakan
  • tempat makan burung anti tumpah
  • tempat pakan burung kotak
  • tempat pakan burung lovebird otomatis

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!