Penyebab Lovebird Nyilet dan Cara Mengobati (lovebirdseo.net)

12 Penyebab Lovebird Nyilet dan Cara Mengobati dalam 7 Hari

Burungnya.com – Salah satu jenis penyakit Lovebird yang perlu diwaspadai adalah nyilet atau kurus. Ini penyakit yang membuat tubuh burung terlihat kurus, lemas, dan tidak berdaya. Anda harus segera mengobati Lovebird nyilet karena bisa menyebabkan kematian.

Burung Lovebird bisa nyilet karena perawatan yang kurang baik. Anda mungkin tidak merasa, tapi sebenarnya penyebab utamanya karena perawatan sehari-hari. Contoh, sangkar jarang dibersihkan, Lovebird lupa tidak diberi makan, burung tidak pernah dijemur atau dimandikan.

Penyebab Lovebird Nyilet

  1. Lovebird kurang makan-makanan bergizi, seperti vitamin, protein, mineral, karbohidrat, dan lain-lain.
  2. Burung Lovebird jarang dirawat karena sibuk kerja. Sehingga burung tidak sempat dimandikan, dijemur, ganti pakan, dan tidak pernah diberi vitamin.
  3. Lovebird terkena penyakit gondok.
  4. Burung Lovebird cacingan karena sangkar atau lingkungan kotor.
  5. Lovebird keracunan benda logam atau makan besi berkarat.
  6. Bulu Lovebird diserang kutu atau tungau.
  7. Burung kena penyakit paruh gajah.
  8. Tubuh Lovebird terkena parasit yang diminum dari air yang tidak bersih atau pakan berjamur.
  9. Lovebird tidak mau makan dan minum.
Cara Mengobati Lovebird Nyilet atau Kurus (kaskus.co.id)
Cara Mengobati Lovebird Nyilet atau Kurus (kaskus.co.id)

Cara Mengobati Lovebird Nyilet dalam 7 Hari Sembuh

Burung Lovebird yang kena penyakit nyilet sebagian besar karena kekurangan gizi dan perawatan yang buruk. Oleh karena itu, kita harus mengobati penyakit nyiletnya dulu kemudian dilanjutkan dengan pemberian makanan yang bergizi agar Lovebird segera sembuh dalam 7 hari dan kembali gemuk.

1. Berikan Pakan Extra Fooding

Lovebird tidak hanya diberi pakan milet putih saja, tapi juga pakan extra fooding. Pakan EF ini bisa berupa kangkung dan jagung muda. Namun, tidak perlu setiap hari pemberiannya, cukup seminggu dua kali.

2. Vitamin Tetes Lovebird

Selain pakan EF, Anda juga bisa memberikan vitamin tetes pada minumannya. Sekarang sudah banyak dijual vitamin atau suplemen Lovebird. Nah, manfaatkan vitamin tersebut untuk membuat Lovebird jadi gemuk.

Loading...

3. Lovebird Nyilet karena Cacingan

Kalau burung Lovebird Anda nyilet karena cacingan, maka obat yang bisa diberikan adalah Combantrin. Cara pemberian combantrin pada Lovebird harus berhati-hati.

Pertama Lovebird tidak diberi makan sebelum diberi obat. Burung cukup diberi minum saja. Kalau perlu burung sedikit dipaksa untuk minum atau disepet.

Setelah itu, berikan obat cacing combantrin pada Lovebird. Kalau obat cair bisa langsung diberikan lewat paruh. Jika obat tablet, potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam paruh.

Tunggu sebentar, karena cacing di perut akan keluar melalui dubur. Tarik cacing keluar agar tidak masuk lagi ke dalam tubuh.

Air minum tetap diberikan. Bila perlu tambah air infus sebagai suplemen makanan.Setelah 1 jam pemberian obat, maka burung bisa diberi pakan milet putih dicampur canary seed atau bijian lain. Tambah lagi dengan jagung muda agar burung cepat gemuk dalam 7 hari.

Pemberian obat cacing dapat diulangi selama 3 hari pada pagi hari saja. Burung Lovebird boleh dijemur sebentar tapi tidak boleh dimandikan.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian penyebab Lovebird nyilet dan cara mengobati dalam 7 hari. Dikatakan butuh waktu dalam 7 hari karena setelah pengobatan ini rata-rata burung sembuh. Biasanya cacing akan keluar dan tubuh Lovebird lebih sehat.

Lovebird jadi mau makan lagi dengan lahap dan tidak lemas. Kalau sudah begini, berikan makanan yang bergizi dan tambah pula dengan vitamin serta suplemen.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara mengobati lovebird nyilet secara alami
  • ap penyebab love bird bdn kurus
  • cara mengatasi labet nyilet
  • cara obati lovebird nyilet secara alami
  • obat love bird nyilet

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!