8 Cara Mengenali Karakter Lovebird dari Perawatan Harian

8 Cara Mengenali Karakter Lovebird dari Perawatan Harian

Burungnya.com – Setiap hari diberi pakan minum, embun pagi, mandi, jemur, dan umbar, tapi burung Lovebird tidak mau bunyi. Apa penyebabnya? Tentu penyebabnya bervariasi, tapi kalau pertanyaan seperti ini muncul berarti Anda belum mengetahui karakter Lovebird.

Sebenarnya karakter Lovebird dapat dikenali dari perawatan harian. Apa yang Anda lakukan pada Lovebird di rumah berpengaruh pada suara, performa, dan penampilan Lovebird di lomba. Sayangnya, pengetahuan tentang karakter Lovebird sendiri cukup sulit dilakukan.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena Saputrahardy sudah memberikan penjelasan dan wawasan tentang karakter burung Lovebird. Dia bisa mengetahui karakter burung dari pola tidurnya, cara tidur, kebiasaan burung, birahi Lovebird, dan bahkan mandinya.

Karakter Lovebird di lapangan atau lomba (beritadaerah.co.id)
Karakter Lovebird di lapangan atau lomba (beritadaerah.co.id)

Karakter Lovebird

1. Burung Lovebird Tidur Malam

Saat burung tidur tanpa suara bising atau ribut dan masih ada penerangan lampu, berarti perawatan harian Lovebird tak membuatnya birahi.

Dengan begitu, pemberian vitamin, pakan lomba, dan pakan EF dapat diberikan malam hari. Selain itu, jangan lupa burung diablak, serta sendirikan di tempat yang terang. Perawatan ini untuk Lovebird lomba yang besok tampil.

2. Lovebird Narik-narik saat Malam

Kalau Lovebird narik-narik di malam hari, artinya perawatan harian dari pagi sampai malam membuat burung Lovebird birahi.

3. Burung Lovebird Diam di Malam Harian

Jika Lovebird diam saja di malam hari, berarti perawatan hariannya tidak membuat Lovebird birahi.

4. Kepala Lovebird Menekuk

Saat tidur kepala Lovebird menekuk, tandanya Lovebird kurang sehat. Hal ini disebabkan oleh perawatan harian yang terlalu menguras energi dan burung kurang panas.

5. Kepala Lovebird ke Bawah

Kalau kepala Lovebird ke bawah, artinya perawatan harian Lovebird membuat burung nyaman dan stabil.

Persiapan Lovebird Lomba (youtube.com)
Persiapan Lovebird Lomba (youtube.com)

6. Lovebird Bunyi

Apa yang membuat Lovebird bunyi? Ternyata penyebabnya karena Lovebird birahi atau emosi, sehingga keluar suaranya.

Loading...

7. Birahi Lovebird Terlalu Tinggi

Kalau birahi Lovebird terlalu tinggi dan Lovebird narik-narik di malam hari, maka saat lomba di esok harinya birahi Lovebird harus diturunkan dulu. Cara lainnya, 1-2 hari sebelum lomba, Lovebird dipisah dari yang lain dan biarkan Lovebird ngekek seharian.

8. Burung Istirahat

Setelah membuat Lovebird ngekek seharian, burung diistirahatkan dengan cara full kerodong. Saat hari H lomba, buka kerodong dan goda sedikit, maka burung akan gacor di lapangan.

Kesimpulan

Demikian cara mengenali karakter Lovebird dari perawatan harian. Terima kasih kami ucapkan kepada Saputrahardy yang telah memberikan ilmu-ilmu bermanfaat kepada kicau mania. Tentu ilmu seperti ini membutuhkan pengamatan yang cermat dalam kurun waktu bertahun-tahun.

Pasalnya, sebagian besar kicau mania pasti tidak mengetahui karakter Lovebird miliknya masing-masing. Mereka tidak mempelajari kalau burung diberi setingan seperti ini, maka hasilnya gimana. Kalau dicoba dengan setingan yang lain, efeknya bagaimana.

Baca juga:

Semoga pembahasan tentang karakter Lovebird ini dapat menambah wawasan Anda. Sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang dibagikan kepada yang lain. Jadi, ilmu ini jangan pernah berhenti di Anda. Apabila ilmu tersebut dirasa bermanfaat, maka bagikan kepada yang lain, agar Saputrahardy juga mendapatkan pahalanya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara mandi malam buat burung lovebird tanpa kerodong

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!