Karakter Kacer di Lomba (hbw.com)

5 Cara Mengetahui Karakter Kacer di Lomba

Burungnya.com – Memahami karakter Kacer bisa dibilang gampang-gampang susah. Jika Anda sudah mengetahui karakternya, pasti Anda akan mudah memberikan perawatan yang tepat. Namun, bila karakter burung saja tidak diketahui, mungkin Kacer Anda akan kesulitan dalam memenangkan juara lomba.

Dalam hal perawatan sehari-hari, Anda juga harus mengetahui karakter atau kebiasaan burung Kacer. Kalau asal memberi makan dan minum, tentu performa dan suara burung Kacer tidak akan maksimal. Jadi saat di lapangan, burung Kacer kemungkinan tidak mau bunyi, tidak buka ekor, dan justru melakukan berbagai masalah.

Sekarang mari belajar cara mengenali karakter burung Kacer di lomba, terutama belajar mengetahui mengapa Kacer tidak buka ekor dan menunjukkan gaya bertarung yang indah.

Kacer Siap Lomba (youtube.com)
Kacer Siap Lomba (youtube.com)

Karakter Burung Kacer

1. Setingan Kacer Belum Tepat

Pertama, Anda harus mengetahui apakah setingan Kacer sudah benar atau belum. Bagaimana cara mengetahuinya? Salah satunya dengan uji coba memberikan pakan Kacer berupa jangkrik.

Jadi, coba berikan jangkrik full selama kurang lebih 15 menit. Hitung berapa jumlah jangkrik yang dimakan Kacer. Misal, burung memakan 10 ekor jangkrik, berarti setingan pakan EF jangkrik yang tepat adalah 10 ekor.

Pemberian jangkrik ini dapat dilakukan di pagi hari dan sore hari. Berikan perlakuan yang sama antara pagi dan sore hari. Nanti, lama kelamaan burung Kacer akan berubah dari yang suaranya ngriwik menjadi ngeplong dan buka ekor.

2. Ekor Kacer Naik Turun

Kalau ekor Kacer cuma naik turun seperti burung Ciblek dan tidak mau buka ekor, berarti pemberian pakan EF harus diperbanyak dan penjemuran harus lebih lama.

Untuk mandinya, bisa dilakukan seminggu sekali. Tujuannya agar birahi burung Kacer bisa cepat naik lagi. Perlu Anda ketahui, pemberian kroto yang berlebihan dapat membuat burung Kacer seperti Ciblek yang hobi menaikturunkan ekor. Burung Kacer jadi naik birahi tapi tidak emosi sehingga ekornya tidak terbuka.

3. Suara Kacer Monoton

Dari hari ke hari, suara Kacer masih terdengar monoton. Selain itu, ekor Kacer belum juga terbuka seperti ular Kobra. Bagaimana solusinya? Untuk masalah suara monoton, Anda dapat memberikan jangkrik yang banyak sampai burung Kacer kenyang.

Di samping itu, Anda juga harus memberikan pemasteran setiap hari pada Kacer. Burung yang dimaster setiap hari akan lebih mudah menyerap suara isian masteran.

4. Burung Kacer Lompat-lompat

Saat tampil di lapangan lomba, burung Kacer cuma lompat-lompat dan tidak mau buka ekor. Kondisi burung seperti ini menunjukkan bahwa mental fighter Kacer belum keluar. Untuk mengatasinya, Anda harus segera menurunkan burung dari gantangan agar dia tidak tambah stres dan mentalnya drop.

Sebaiknya, burung Kacer jangan ditrek dulu dalam beberapa minggu. Biarkan burung lebih fokus para pemasteran di rumah dan berikan setingan harian yang bagus. Setelah dirasa baikan, Anda dapat melatih Kacer dengan burung lain setiap seminggu sekali.

5. Kacer Mbalon dan Mbedes

Burung Kacer bisa terlihat mbalon atau mbedes dengan bulu dada yang menggembung. Alasannya karena burung tersebut sedang birahi tinggi dan sangat agresif. Saat melihat lawan, Kacer akan langsung menabrak dinding sangkar.

Namun, saat lawan mengeluarkan suara isian, dia akan langsung mbedes atau mentalnya turun. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan ulat bumbung agar birahinya turun. Selain itu, sebelum naik ke gantangan lagi, sebaiknya burung Kacer diangin-anginkan dulu.

Loading...
Karakter Burung Kacer (hbw.com)
Karakter Burung Kacer (hbw.com)

Alasan Burung Kacer Tidak Mau Buka Ekor

Mengapa Kacer tidak mau buka ekor atau ngobra? Padahal, setiap kicau mania menginginkan burung mereka bisa ngobra dan buka ekor seperti kipas. Namun, kembali lagi kepada burung itu sendiri. Apabila mental, bakat, birahi, pengalaman, dan usia belum matang, maka hal tersebut tidak akan tercapai.

1. Mental Kacer

Burung Kacer tidak akan buka ekor apabila mentalnya belum fighter. Masalahnya, setiap burung mempunyai mental yang tidak sama. Hal tersebut tergantung dari keturunan dan karakter burung masing-masing. Oleh karena itu, pilih gacoan yang berasal dari trah juara dan memiliki mental pemberani.

2. Bakat Alami Kacer

Anda pasti beruntung bila burung Kacer di rumah sudah memiliki bakat alami yang menakjubkan. Sayangnya, hal seperti ini cukup jarang ditemukan. Bakat alami burung dalam membuka ekor atau ngobra cuma ditemukan pada burung tertentu. Gaya tarung ngobra pada Kacer dapat menambah poin karena suara bagus saja tidak cukup.

3. Birahi Kacer

Agar burung Kacer bisa buka ekor, maka birahinya harus stabil dulu. Apabila birahi Kacer kurang maka burung tidak mungkin mau ngobra. Sebaliknya, kalau birahinya terlalu tinggi, justru burung Kacer bisa mbagong.

4. Pengalaman Kacer

Ikut lomba dan latihan di gantangan membuat burung Kacer semakin berpengalaman. Jadi, Kacer ngobra tidak akan terwujud dalam 1-2 hari saja. Dibutuhkan latihan dan pengalaman yang panjang dari satu arena lomba ke lomba yang lain. Kalau sekadar ikut lomba sekali saja, tentu burung Kacer tidak akan mempunyai pengalaman lebih, apalagi kalau cuma main di satu wilayah saja.

5. Usia Kacer

Burung Kacer yang belum mapan usianya terkadang lebih memilih diam. Entah karena menghormati yang lebih tua atau memang kalah mental. Jadi, Kacer dewasa cenderung lebih cepat buka ekor dan Kacer muda belakangan, bahkan terkadang dia tidak berani beraksi atau bergaya ngobra.

Kesimpulan

Demikian beberapa karakter burung Kacer di lomba serta alasan mengapa Kacer tidak buka ekor. Jadi, sebenarnya semua berasal dari burung itu sendiri. Apakah usia Kacer sudah matang, pengalamannya, bakat alami, birahi, hingga mental bertarung.

Baca juga:

Apabila semua hal tadi sudah dimiliki, bukan tidak mungkin burung Kacer langsung ngobra dan buka ekor. Sehingga dalam hal ini keturunan dari indukan dan perawatan sehari-hari sangat penting.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • memahami karakter kacer
  • karakter burung kacer
  • cara memahami karakter kacer
  • CAra mengenali karakter burung
  • kacer ngriwik ketemu lwn ngobra
  • kacer loncat loncat emosi
  • kacer hanya loncat2 saat lomba
  • Kacer cuma ngicau di kontes
  • Cara mengetahui karakter burung kacer
  • mengenal karakter kacer untuk lomba

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!