5 Cara Menghilangkan Suara Burung Kutilang pada Burung Kicau

Burungnya.com – Apabila burung kicau sudah kemasukan suara burung Kutilang biasanya akan ditawar murah. Jadi, jangan sampai burung-burung Anda mendapatkan masteran burung Kutilang.

Beberapa burung yang mudah terkena masteran burung Kutilang di antaranya Kacer, Murai Batu, Cendet, Jalak, Cucak Ijo, dan lain-lain.

Di perlombaan sendiri suara burung Kutilang dianggap kurang baik. Oleh karena itu, kicau mania sangat menghindari suara-suara burung Kutilang. Kalau ada tetangga yang memiliki burung Kutilang, pasti burung-burung lomba langsung dimasukkan dan dikerodong.

Ini sudah menjadi hal lumrah dan bisa dimaklumi. Sebab, pecinta burung Kutilang juga cukup banyak. Pemilik burung lomba tidak boleh melarang tetangga untuk memelihara burung Kutilang.

Sehingga harus ada tenggang rasa di antara kicau mania. Kalau Anda memiliki burung Kutilang, sebaiknya dirawat di dalam rumah saja. Hal ini untuk menghindari adanya burung yang kemasukan suara burung Kutilang.

Baca juga: 3 Aplikasi Burung Kutilang untuk Masteran

Apabila burung Anda sudah kemasukan suara burung Kutilang, untuk menghilangkannya cukup sulit. Soalnya burung sudah merekam suara tersebut di dalam otaknya.

Kalau Anda bisa cuci otak, suara burung Kutilang dapat dihilangkan dengan mudah. Namun, tidak ada cuci otak burung. Yang paling mudah adalah membiasakan burung Anda mendengarkan suara masteran burung lain.

Suara Burung Kutilang Kurang Bagus untuk Masteran (hewanbinatang.com)
Suara Burung Kutilang Kurang Bagus untuk Masteran (hewanbinatang.com)

Cara Menghilangkan Suara Burung Kutilang

1. Masukkan Ruangan Tenang

Apabila Anda memiliki burung Murai Batu atau burung lain yang sudah kemasukan suara Kutilang, maka segera tempatkan di ruangan yang tenang.

Biarkan burung di sana sendirian dulu. Jangan sampai burung mendengar suara burung lain. Dengan begitu, burung akan mulai fokus pada suaranya sendiri.

Loading...

2. Burung Dikerodong

Jangan lupa burung diposisikan dalam kondisi dikerodong full. Burung tidak boleh mendengar suara burung Kutilang dan tidak boleh melihat sekitar.

Namun, pastikan sirkulasi udara di dalam kandang baik. Sehingga burung dapat bernapas dengan lega. Kalau burung sampai mendengar suara Kutilang lagi, terapi tadi akan hancur berantakan.

3. Suara Burung Asli

Sekarang waktunya memaster burung dengan suara aslinya sendiri. Dengan begitu perlahan isian suara burung Kutilang akan menghilang.

Walau butuh waktu agak lama, yang penting suara Kutilang hilang selamanya. Tenang saja, burung pasti ingat dengan suaranya sendiri sebab itu adalah naluri burung sejak lahir.

Baca juga: 5 Makanan Burung Kutilang yang Bagus dan Cara Perawatan

4. Kurangi Pakan EF

Apabila Anda sering memberikan pakan EF atau extra fooding, sementara dikurangi dulu. Pakan EF membuat burung lebih gacor dan mengingat suara Kutilang.

Kalau pakan EF dikurangi, nanti fokus burung akan berkurang dan kembali ke suara aslinya. Berikan pakan voer biasa dan jangkrik 3 ekor sehari.

5. Full Masteran Burung Lain

Burung sudah mulai kembali ke suaranya sendiri. Kemudian berikan masteran burung lain yang Anda inginkan. Ini bertujuan agar burung Anda lupa dengan suara burung Kutilang.

Masteran burung tersebut di antara Lovebird, Cililin, Kenari, dan lain-lain yang penting bukan suara burung Kutilang.

Putar suara masteran ini setiap waktu saat kandang dikerodong full. Anda bisa memutar lewat mp3 player atau YouTube.

Walau dikerodong dan dalam ruangan tenang, burung juga masih harus diembunkan dan dijemur setiap hari. Jadi, kalau pagi persiapkan burung untuk embun dan jemur.

Baca juga: Burung Kutilang bisa Deteksi Tsunami, Caranya Unik

Kesimpulan

Demikian beberapa cara menghilangkan suara masteran burung Kutilang pada burung kicau Anda. Ini mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi berhasil.

Setiap burung memiliki daya ingat memori yang tidak sama. Apabila burung Anda ingatannya kuat, mungkin proses menghilangkan suara Kutilang akan terasa lebih lama.

Bersabar saja karena perjuangan tidak akan menghianati hasil. Apabila burung sering mendengar suara masteran burung lain, pasti suara burung Kutilang akan hilang dengan sendirinya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!