5 Cara Mengobati Perkutut Mencret Kotoran Cair

Burungnya.com – Di musim penghujan, udara dingin sekali, angin juga bertiup kencang. Waspada bila Anda memelihara burung Perkutut. Biasanya burung tersebut akan jatuh sakit yang ditandai dengan mencret atau kotoran cair.

Kalau sudah demikian, bagaimana cara mengobatinya? Ada beberapa tahapan untuk mengobati Perkutut kotoran cair. Yang penting dilihat dulu tingkat sakitnya parah atau tidak.

Kemudian perhatikan kondisi fisik burung Perkutut. Hati-hati bila kotoran cair ditandai dengan warna merah dan keluar cacing. Bisa jadi, Perkutut cacingan dan tubuh lemas.

Dalam kondisi seperti itu, terkadang Perkutut tidak mau makan. Sehingga Anda harus melolohnya agar dia mengonsumsi asupan gizi dari makanan.

Baca juga: 10 Jenis Penyakit Perkutut dan Cara Mengatasinya

Cara Mengobati Perkutut Mencret Kotoran Cair

Perkutut Sri Tumpuk Pembawa Rezeki (youtube.com)
Perkutut Sri Tumpuk Pembawa Rezeki (youtube.com)

1. Pengobatan Alami

Untuk pengobatan alami, Anda bisa menjemur burung Perkutut di bawah sinar matahari. Penjemuran yang lama juga tidak masalah. Yang penting jangan sampai jemur tengah hari. Nanti dia kepanasan.

Penjemuran di sini dimaksudkan agar tubuhnya lebih kuat. Rata-rata burung Perkutut mencret karena kedinginan di malam hari. Sehingga solusi utama ya dijemur dulu.

2. Bawang Putih

Selanjutnya, coba berikan bawang putih pada Perkutut. Bawangnya dipotong kecil-kecil seukuran kacang hijau.

Loading...

Pemberian bawang putih pada Perkutut cukup sehari 3 kali. Setiap pemberian 1 butir saja. Biasanya keesokan harianya kotoran Perkutut sudah normal. Namun, hal tersebut tergantung dari kondisi burung juga.

3. Kacang Ijo

Perawatan Perkutut mencret agar cepat sembuh bisa menggunakan kacang ijo. Setiap pemberian cukup 3 butir saja sekali sehari. Kacang hijau direndam dulu dengan air hangat sampai beberapa jam atau sampai melunak.

Baru kacang hijau diberikan ke burung Perkutut. Jangan memberikan kacang ijo dalam keadaan keras, nanti bisa tersangkut di tenggorokan.

Baca juga: Perkutut Sri Tumpuk Kotoran Menumpuk Seperti Gunung Simbol Rezeki

4. Jangan Dimandikan

Selama Perkutut mengeluarkan kotoran cair, Anda jangan memandikan burung tersebut. Sebab, semakin sering dimandikan nanti burung tambah stres dan sakit.

Lebih baik burung dibiarkan saja dan dijemur setiap pagi dan sore. Nanti burung akan sembuh dengan sendirinya.

5. Malam Masuk Rumah

Kalau Anda selama ini masih merawat Perkutut di luar rumah. Mulai sekarang setiap malam masukkan Perkutut ke dalam rumah. Alasannya udara malam tidak baik untuk kesehatan Perkutut.

Bila perlu kerodong sangkar Perkutut agar tubuhnya hangat. Perkutut yang badannya hangat lebih cepat birahi dan rajin bunyi.

Baca juga: 12 Cara Mengetahui Jenis Penyakit dari Warna Kotoran Burung

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengobati Perkutut mencret atau kotoran cair. Banyak Kung mania yang sudah mencobanya dan ternyata berhasil.

Namun, bila Anda baru beli Perkutut ombyokan tangkapan hutan dan didapati kotoran cair, penyembuhannya cukup sulit. Kondisi seperti itu, Perkutut sedang stres dan sakit.

Kalau sampai rumah dia langsung dimandikan, burung bisa mati. Lebih baik, burung diberi obat cacing dan langsung dijemur saja tanpa mandi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!