13 Cara Menjinakkan Burung Parkit yang Baru Dibeli

Burungnya.com – Menjinakkan burung parkit bisa menjadi proses yang membutuhkan waktu dan kesabaran. Secara umum, burung parkit dikenal cukup cerdas dan mampu menjalin ikatan emosional dengan pemiliknya.

Namun, setiap burung memiliki kepribadian yang berbeda, dan ada yang merasa lebih nyaman atau cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dibandingkan yang lain.

Lihat juga: 7 Cara Melatih Parkit Jinak dan Pintar Free Fly

Burung Parkit Jinak

Beberapa langkah yang dapat membantu dalam menjinakkan burung parkit adalah:

1. Kesabaran

Proses ini bisa memakan waktu, jadi bersiaplah untuk menjadi sabar. Jangan memaksa burung untuk melakukan sesuatu yang membuatnya merasa takut atau tidak nyaman.

2. Konsistensi

Pertahankan rutinitas yang konsisten dalam interaksi dan perawatan burung. Hal ini membantu burung merasa aman dan terbiasa dengan kehadiran Anda.

3. Pendekatan yang Lembut

Mulailah dengan pendekatan yang lembut. Biarkan burung mempelajari lingkungannya dan mendekati Anda secara sukarela.

4. Latihan Sosialisasi

Bicaralah dengan burung dalam nada suara yang lembut dan ramah. Berikan camilan favoritnya saat Anda berinteraksi dengannya untuk membangun asosiasi positif.

5. Pemberian Waktu

Biarkan burung memilih untuk mendekati Anda. Tidak semua burung akan cepat merasa nyaman dengan interaksi fisik, jadi berikan waktu bagi burung untuk membangun kepercayaan.

6. Konsistensi dalam Pelatihan

Jika Anda ingin mengajari trik atau perintah tertentu, latihlah secara teratur dengan penuh kesabaran.

Lihat juga: 10 Cara Merawat Burung Parkit untuk Pemula

Cara
Menjinakkan Burung Parkit

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan setelah membeli burung parkit:

Pemilihan Burung Parkit

Pilihlah burung parkit yang masih muda dan sehat. Biasanya, burung parkit yang masih muda lebih mudah dijinakkan karena lebih adaptif terhadap lingkungan baru.

Penyesuaian Lingkungan

Beri waktu pada burung parkit untuk beradaptasi dengan kandang baru. Biarkan mereka merasa nyaman dan aman di lingkungan baru sebelum Anda mulai menjinakkannya.

Kebiasaan Teratur

Parkit yang mempunyai rutinitas harian yang teratur akan lebih mudah dijinakkan. Berikan makanan pada jam yang sama setiap hari dan jaga lingkungan kandangnya tetap stabil.

Interaksi Positif

Mulailah dengan interaksi ringan dan positif. Duduklah di dekat kandangnya, bicaralah dengan suara yang lembut, berikan camilan dari luar kandang dengan tangan yang terbuka.

Latihan Keluar dari Kandang

Setelah mereka terbiasa dengan lingkungan kandang, biarkan mereka keluar dari kandang secara perlahan. Jangan mengejar mereka saat keluar, biarkan mereka menjelajahi area tersebut.

Pengulangan

Lakukan interaksi yang sama setiap hari. Ini akan membantu membangun kepercayaan di antara Anda dan burung parkit.

Penguatan Positif

Berikan imbalan positif saat parkit menunjukkan perilaku yang diinginkan. Hal ini bisa berupa camilan favoritnya.

Parkit dapat menjadi jinak dalam beberapa minggu atau beberapa bulan, tergantung pada sifat dan usia burung. Dalam menjinakkan burung parkit, pastikan Anda berada di dalam ruangan yang tertutup ya. Biar burung parkit tidak lepas terlalu jauh.

Kesimpulan

Inti dari menjinakkan burung parkit adalah membangun kepercayaan dan ikatan emosional yang positif antara Anda dan burung. Proses ini membutuhkan kesabaran, konsistensi, serta pendekatan yang lembut dan penuh kasih.

Dengan memberikan waktu bagi burung untuk merasa nyaman dengan kehadiran Anda, mengikuti rutinitas yang konsisten dalam perawatan dan interaksi, serta memberikan kesempatan bagi burung untuk mendekati Anda secara sukarela.

Anda dapat membantu burung parkit menjadi lebih jinak dan terbiasa dengan keberadaan Anda. Kesabaran dan pengertian terhadap karakteristik unik setiap burung sangatlah penting dalam proses ini.

Terima kasih telah membaca artikel Burungnya.com. Follow Official Instagram kami @burungnyadotcom.

Artikel ini boleh ditulis ulang tapi tolong dicantumkan sumbernya dari Burungnya.com. Kami sangat mengapresiasi hal tersebut.

Leave a Comment