Skip to content

10 Cara Merawat Kucing Anggora di Rumah Tanpa Kandang

Cara Merawat Kucing Anggora Tanpa Kandang

Burungnya.com – Banyak sekali orang Indonesia yang memelihara kucing Anggora di rumah. Namun, sebagian dari mereka tidak menyediakan kandang kucing karena keterbatasan dana.

Lantas apakah bisa merawat kucing di rumah tanpa kandang? Kucing lebih asyik hidup di luar kandang, terutama bila belum ada hewan lainnya di rumah.

Namun, bila nanti sudah ada kucing lain, biasanya kucing Anggora lebih aman hidup di dalam kandang.

Ini untuk menghindari bila kucing saling bertengkar dan menyakiti satu sama lain.

Baca juga: 

Kandang kucing penting atau tidak? Seperti yang kami utarakan barusan, bahwa kandang kucing memang penting. Namun, bila kucing Anda masih satu ekor. Mungkin Anda bisa menggunakan tempat lain, dari kardus atau kotak sepatu.

Penggunaan benda-benda tadi untuk sementara waktu saja. Jika Anda sudah mengumpulkan, silakan belikan kandang yang layak untuk kucing kesayangan Anda.

Cara Merawat Kucing Anggora di Rumah

1. Makanan Kucing Anggora

Dalam hal ini Anda harus memahami berapa berat kucing dan kebutuhan makanan kucing Anggora.

Jangan sampai kucing kegemukan dan mengalami obesitas. Kucing bisa diatur untuk diet dan makan secukupnya.

Contoh berat kucing 5 kg, berarti dia membutuhkan makanan 100 gram per hari. Nah, jumlah ini dibagi untuk pagi dan sore.

Pemberian makan kucing Anggora sehari dua kali ya. Kalau anakan kucing berikan makan 4-6 kali sehari.

Minuman kucing juga selalu disediakan dan ganti setiap hari biar bersih.

2. Kucing Pemakan Daging

Kucing masih berkerabat dengan singa, harimau, cheetah, leopard, dan lain-lain.

Hewan karnivora seperti mereka harus selalu diberi daging. Jadi kucing juga boleh diberi daging sebagai berikut, sapi, ayam, ikan, dan daging lainnya.

Kucing jangan diberi sayuran dan buah karena sulit dicerna. Walau kedua makanan tersebut bagus untuk tubuh, tapi kalau tidak bisa dicerna kucing, justru berbahaya.

Namun, bila kandungan sayur dan buah terkandung dalam makanan kering, hal tersebut masih diperbolehkan.

3. Bawa Kucing ke Dokter

Selalu pantau kesehatan kucing. Amati berat badan kucing dan perkembangannya. Kalau bisa buat catatan sendiri untuk berat badan, panjang, aktivitas, dan lain-lain.

Kemudian kucing juga perlu dibawa ke dokter walau tidak dalam keadaan sakit. Tujuannya untuk vaksinasi agar kucing tidak gampang sakit.

4. Kucing Anggora Mandi

Kucing Anggora bulunya cukup lebat, Anda harus sering memandikan kucing tersebut. Pemandian kucing bisa menggunakan sabun dan shampo khusus kucing.

Namun, bila Anda merasa kesulitan mendapatkannya, Anda bisa menggunakan shampo bayi. Kandungan di shampo bayi cukup aman untuk bulu kucing.

Saat mandi, bersihkan pula gigi kucing, telinga, dan kukunya. Biasanya ketiga tempat ini sering dijadikan area bersembunyi kuman dan bakteri.

Kucing bisa dimandikan dengan air dingin agar bulunya tidak rontok dan iritasi. Namun, bila kucing lagi kutuan, mandikan kucing dengan air hangat.

5. Sikat Bulu Kucing

Bulu kucing Anggora cukup panjang, sehingga harus dirapikan setiap hari. Anda harus menyikat bulu kucing Anggora agar kucing tidak kutuan dan bulunya sehat.

Bulu kucing yang kusut dan tidak rapi bisa menjadi sarang kuman. Sebab, bulunya jadi gampang kotor.

Dalam menyikat bulu kucing harus searah dan secara perlahan. Kalau Anda menyikat bulu secara kasar, pasti bulunya rontok dan kucing ketakutan.

6. Kucing Anggora Diajari Buang Kotoran di Litter Box

Saat memelihara kucing Anggora, litter box sangat penting, bahkan lebih penting dari kandang. Pasalnya, litter box tempat buang kotoran kucing.

Anda bisa beli litter box lebih dari satu agar kucing tidak buang kotoran di mana-mana.

Apalagi kucing tidak dikasih kandang, pasti kucing akan buang kotoran di mana saja. Berbeda bila Anda sudah mengajari kucing buang kotoran dan bisa pup di litter box, maka rumah Anda pasti akan bersih.

Agar kucing mau pup di kotak kotoran, setiap selesai makan arahkan dia untuk buang kotoran dulu. Antarkan kucing ke lokasi litter box, dan tunggui dia sampai pup dulu.

Cara Merawat Kucing Anggora di Rumah

Cara Merawat Kucing Anggora di Rumah

7. Tempat Tidur Kucing

Kucing bisa diberi tempat tidur dari kardus atau kotak sepatu. Anda tadi mungkin kesulitan membeli kandang, jadi tempat tidurnya sementara pakai kotak sepatu.

Bagian luar kotak diisolasi dengan selotip di seluruh permukaan. Tujuannya agar kotaknya lebih kuat dan awet.

Kemudian di bagin dalam diberi kain hangat atau handuk yang sudah tidak terpakai.

8. Bersihkan Tempat Tidur

Tempat tidur ini juga harus dibersihkan secara teratur. Takutnya kucing pup di situ tanpa diketahui. Kemudian jemur tempat tidurnya di bawah sinar matahari agar kuman dan bakteri mati.

Namun, sebelumnya tempat tidur kucing disemprot disinfektan biar tidak ada virus.

9. Mainan Kucing Anggora

Walau seekor kucing, dia juga butuh mainan. Belikan mainan yang bisa gerak, bunyi, dan menyala. Pasti kucing menyukai mainan tersebut, tapi lebih senang bila dia ditemani main.

Sempatkan waktu untuk bermain sebentar walau Anda sibuk sekali. Misal, Anda kerja dari pagi sampai malam. Berarti luangkan waktu pagi sebelum berangkat untuk memberinya makan sambil ngobrol ringan.

Pulang kerja kucing diajak main sebentar atau paling tidak disapa dan diberi snack kesukaannya.

10. Kucing Ditegasi Bila Salah

Saat kucing salah, jangan segan untuk bersikap tegas padanya. Pandangi kucing dengan mata marah tapi jangan memukul.

Ini menunjukkan bahwa apa yang dilakukan kucing, Anda tidak menyukainya. Sehingga kucing akan mengubah perilakunya tersebut.

Kesimpulan

Demikian cara merawat kucing Anggora di rumah tanpa kandang. Anda bisa memelihara kucing apapun tanpa kandang. Namun, bila kucing lebih dari satu sepertinya sulit.

Sebab, kucing yang banyak, butuh penjagaan ekstra. Hanya karena makanan saja, mereka bisa bertengkar.

Jadi kandang itu sebenarnya penting, tapi bila belum ada uang, Anda bisa menggunakan kotak sepatu atau kardus bekas.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.