12 Ciri Merpati Balap yang Bagus dan Selalu Juara

12 Ciri Merpati Balap yang Bagus dan Selalu Juara

Burungnya.comBurung Merpati Balap yang bagus berarti siap diadu di segala medan tanpa rasa takut. Cirinya adalah Merpati Balap tersebut tidak mudah menyerah walau harus diadu dengan burung lain.

Cara memilih burung Merpati Balap dengan kualitas bagus memang cukup membingungkan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui ciri-ciri burung Merpati Balap yang berkualitas agar selalu juara lomba.

Kalau asal memilih burung Merpati Balap, Anda akan kecewa di kemudian hari. Pasalnya, burung tersebut jarang juara dan tidak terbang cepat. Bahkan, burung Merpati cuma terbang tanpa arah dan tidak bisa tepat ke sasaran.

Baca juga: 20 Cara Melatih Merpati Balap Untuk Pemula dan Pantangannya

Jangan sampai hal tersebut menimpa Anda. Jadi, pilih ciri Merpati Balap yang benar-benar bagus. Sehingga, burung Merpati akan selalu juara di berbagai lomba.

Ciri Merpati Balap yang Bagus (nvi.com)
Ciri Merpati Balap yang Bagus (nvi.com)

Ciri-ciri Merpati Balap yang Bagus dan Selalu Juara

1. Kepala Merpati Balap

Burung Merpati Balap berkualitas bagus memiliki batok kepala dengan posisi lebih tinggi dibandingkan dengan kepala belakangnya.

Umumnya hal ini dianggap sebagai tanda bahwa Merpati Balap tersebut lebih pintar dari Merpati berkepala kecil. Otak Merpati yang besar dianggap lebih baik dibandingkan dengan otak yang kecil.

2. Hidung Merpati Balap

Apabila Merpati Anda dari jenis Merpati Prambon, ciri hidung yang bagus biasanya berukuran besar, panjang, serta melekat ke paruh burung.

Ciri-ciri hidung Merpati seperti ini tampak garis-garis samar sejajar warna merah pada seluruh hidung. Selain itu, pangkal hidung bawah Merpati harus menjorok ke belakang.

3. Paruh Merpati Balap

Burung Merpati Balap yang bagus memiliki paruh yang berukuran kecil,sedang, atau tidak terlalu panjang. Ya, paruh Merpati Balap yang bagus berukuran kecil, runcing, keras, dan sedikit melengkung. Hal ini merupakan tanda bahwa Merpati Balap keket atau giring dan semangat mengejar Merpati betina.

4. Mata Merpati Balap

Bagian mata Merpati bening, pupil kecil, dan berbentuk bulat kecil. Mata burung Merpati Balap harus bisa melihat betinanya dengan jarak 700-1200 meter.

Namun, biasanya burung Merpati lebih mengenali pemegang Merpati betina dulu. Setelah kelihatan, baru Merpati jantan akan menuju ke Merpati betina.

Baca juga: Inilah Merpati Balap Termahal, Harganya Rp 6,7 Miliar

Loading...

5. Leher Merpati Balap

Untuk leher Merpati Balap, jangan terlalu panjang dan terlalu pendek. Kalau bisa pilih ciri Merpati Balap dengan leher yang sedang.

Ukuran leher sedang dapat menjaga keseimbangan terbang Merpati. Di dunia penerbangan, hal tersebut sering disebut streamline.

6. Bulu Sayap Merpati Balap

Sayap Merpati Balap yang Bagus (stalkram.com)
Sayap Merpati Balap yang Bagus (stalkram.com)

Semakin lebar, rapat, dan panjang bulu sayap Merpati Balap, maka semakin bagus. Biasanya, bulu primer Merpati Balap berjumlah 10-11 helai.

7. Tulang Dada Merpati Balap

Untuk terbang cepat, Merpati Balap harus memiliki tulang dada yang sedikit melengkung dan tegap. Dengan begitu, tubuh Merpati Balap menjadi fleksibel sehingga dapat mengurangi hambatan udara saat terbang.

8. Tulang Supit Urang Merpati Balap

Burung Merpati Balap jantan selalu terbang menuju Merpati betina. Oleh karena itu, tulang supit urang Merpati jantan harus kuat agar burung semakin percaya diri saat menabrakkan tubuhnya ke Merpati betina.

9. Postur Tubuh Merpati Balap

Lihat bagian postur tubuh, apakah terlihat tegap atau tidak. Pasalnya, Merpati Balap yang bagus selalu terlihat tegap dan kuat.

Ukuran badan Merpati Balap harus sedang dan berbentuk bulat berisi. Selain itu, badan Merpati enak dan lentur saat dipegang seperti bola karet. Berat badan burung ini juga harus sedang dan tidak terlalu ringan atau berat.

10. Kaki Merpati Balap

Pilih kaki burung Merpati Balap yang panjang, kering dan mbesik. Saat dipegang, kaki Merpati Balap harus mendorong ke belakang sejajar dengan ekor. Ini tandanya Merpati tersebut kuat dan cepat saat terbang.

11. Ekor Merpati Balap

Bulu ekor Merpati Balap yang bagus yaitu berbentuk tebal dan rapat serta lentur tapi kokoh. Ukuran panjang ekornya proporsional dan saat dipegang dan ekornya akan turun ke bawah.

12. Perut Merpati Balap

Bagian perut Merpati Balap yang bagus selalu berisi dan lentur. Jadi, saat diraba perut Merpati sedikit berisi tapi lentur. Burung seperti ini termasuk Merpati Balap berkualitas dan mempunyai mental yang fighter.

Demikian ciri-ciri Merpati Balap yang baik, bagus, dan berkualitas. Burung Merpati Balap seperti ini pasti akan juara lomba atau paling tidak prospek lomba. Sebab, dilihat dari burung Merpati Balap yang sering menang lomba, dia pasti mempunyai ciri-ciri fisik yang telah dijelaskan di atas.

Baca juga: Menang Hadiah Rp 2 Miliar, Kecurangan Merpati Balap Ini Terbongkar

Namun, jangan lupa faktor keturunan juga penting. Pasalnya, trah juara dari Merpati Balap selalu menghasilkan anakan Merpati Balap yang bagus dan juara.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Terah merpati balap perot
  • merpati balap juara
  • kepala burung merpati balap bagus
  • foto merpati balap juara
  • Ciri2 merpati balap yg ba
  • ciri merpati balap juara
  • Ciri ciri merpati snot mata
  • ciri ciri burung dara yang bagus diadu
  • cara memilih merpati balap pilih sayap
  • burung merpati yang sayap primerny 11

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!