10 Tips Memilih Tangkringan Pleci yang Nyaman dan Bagus

10 Tips Memilih Tangkringan Pleci yang Nyaman dan Bagus

Burungnya.com – Untuk mendongkrak performa Pleci (Zosterops) salah satu cara yang bisa dilakukan, yakni benar dalam memilih tangkringan. Meski terkesan sepele, tetapi pemilihan tangkringan Pleci dapat menjadi kunci sukses juara saat di lomba.

Pleci mania atau Pleman sering memakai tangkringan dari pohon asem. Tangkringan atau pangkringan ini mudah diperoleh di toko burung kicauan. Biasanya malah ada penjual tangkringan Pleci yang khusus berjualan di lokasi lomba.

Baca juga: 5 Model Tangkringan Pleci Biar Nagen dan Tidak Salto

Harga tangkringan tersebut juga relatif terjangkau, per batang pangkringan biasanya dijual sekitar Rp 1.000. Oh iya, dalam memilih tangkringan burung Pleci tidak boleh sembarangan. Pasalnya, diameter tangkringan Pleci harus sesuai dengan cengkeraman kaki Pleci.

Model Tangkringan Pleci (burungjuara.com)
Model Tangkringan Pleci (burungjuara.com)

Tips Memilih Tangkringan Pleci yang Nyaman

Berikut beberapa tips memilih tangkringan Pleci yang bagus dan nyaman:

1. Batang Kayu Tua

Pilih tangkringan batang kayu yang berusia tua. Ciri-cirinya dapat dilihat dari tingkat kematangan warna kayu tangkringan.

2. Tangkringan Pohon Asem

Misal, tangkringan Pleci yang terbuat dari pohon asem. Kalau sudah tua, kayu pohon asem akan berwarna cokelat matang, tetapi lebih kuat dan lentur. Kalau kayu asem yang berusia muda warna cokelatnya lebih terang.

Loading...

3. Permukaan Kayu Agak Kasar

Pilih kayu pohon asem yang mempunyai permukaan agak kasar. Hal ini untuk memudahkan kaki Pleci mencengkeram.

4. Bentuk Tangkringan Lurus

Selain itu, jangan lupa pilih bentuk tangkringan yang lurus supaya posisi kaki bisa sejajar dan tubuh Pleci seimbang.

5. Panjang Tangkringan

Untuk ukuran panjang tangkringan, sebaiknya disesuaikan dengan lebar sangkar. Biasanya mayoritas panjang tangkringan Pleci sekitar 26 cm.

6. Model Tangkringan Pleci

Pemilihan model tangkringan terbagi menjadi dua, yakni model trap (dua tangkringan atas bawah dan sejajar) dan model T (satu tangkringan panjang dan di tengah diletakkan tangkringan model T).

7. Karakter Pleci

Sesuaikan model tangkringan dengan karakter Pleci. Untuk Pleci yang suka naik turun, lebih baik diberi tangkringan model trap. Sementara, karakter Pleci yang suka tampil di satu titik di tengah, biasa diberi model tangkringan T.

8. Tangkringan Bambu Cina

Jika Pleci masih kurang nyaman saat bertengger, maka ganti bahan kayu tangkringan, seperti bambu cina agar lebih dingin.

9. Diameter Tangkringan Pleci

Perhatikan pula diameter tangkringan. Sesuaikan dengan cengkeraman kaki Pleci agar tidak terlalu besar atau terlalu longgar. Rata-rata diameter tangkringan Pleci sekitar 0,5 cm.

10. Sesuaikan dengan Pemilik Burung

Namun, kembali lagi pada kicau mania sendiri. Sebab, mereka yang tahu karakter Pleci di lapangan. Dengan penentuan bahan kayu tangkringan dan model, tentunya dapat mendongkrak performa Pleci di lomba.

Baca juga: 9 Cara Membuat Burung Nagen dan Mencegahnya Turun dari Tangkringan

Demikian beberapa tips memilih tangkringan Pleci yang nyaman dan bagus. Anda tidak perlu ikut-ikutan Pleman yang lain. Perhatikan saja burung Pleci Anda maunya seperti apa. Kemudian ikuti apa yang diinginkan burung tersebut dan sesuaikan dengan karakternya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • bambu cina untuk pleci
  • tangkringan yang cocok untuk peleci
  • ukuran tangkringan kaki pleci
  • tangkringan yang pas untuk pleci
  • tangkringan pleci yang baik
  • membuat tangkringan pleci
  • manfaat bambu cina untuk pleci
  • Kandang dan tangkringan pleci
  • tangkringan pleci yang bagus biar anteng sang juara
  • tangkringan yang cocok untuk pelci

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!