20 Ciri Perkutut Lokal yang Bagus Dipelihara

Burungnya.com – Perkutut lokal mayoritas berasal dari hutan. Hal ini menjadikan Perkutut lokal digemari Kung Mania. Pasalnya, Perkutut lokal mempunyai katuranggan atau cirimathi yang bagus untuk dipelihara. Mitos Perkutut lokal ada yang dapat mendatangkan keberuntungan, pembawa rezeki, dan lain-lain.

Bagi yang percaya hal-hal mistis pasti sebagian besar orang lebih memilih Perkutut lokal. Namun, dari segi suara, masih terasa kurang. Sebab, suara Perkutut lokal cenderung pelan dan tipis. Meski begitu, irama suara Perkutut lokal terdengar cepat dan suara kung terdengar patah-patah.

Perbedaan Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok (bukalapak.com)
Perbedaan Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok (bukalapak.com)

Jadi, untuk kualitas suara, biasanya Kung Mania lebih memilih Perkutut Bangkok yang mempunyai suara besar dan ngebass. Namun, ada juga Kung Mania yang terlanjur suka dengan Perkutut Lokal karena faktor mistisnya.

Baca juga: 17 Cara Membedakan Ciri Fisik Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok

Berbicara tentang Perkutut lokal, sebenarnya ciri Perkutut lokal yang bagus dan gacor itu seperti apa?

Ciri Perkutut Lokal yang Bagus

1. Kepala Perkutut Besar

Dibandingkan dengan jenis Perkutut yang lain, kepala Perkutut lokal cenderung lebih besar. Ukuran kepala yang besar menandakan otaknya juga besar dan pintar.

2. Hidung Perkutut Besar

Ukuran hidung Perkutut lokal terlihat besar. Hal ini menandakan pernapasan Perkutut ini lebih kuat dan mampu manggung lebih panjang. Lokasi hidung terletak di antara bawah mata dan paruh.

3. Ukuran Tubuh Perkutut Besar

Ciri Perkutut lokal seperti ini memiliki ukuran bodi bulat dan besar. Tubuh Perkutut yang besar menandakan fisiknya kuat saat tampil di lomba.

Baca juga: 16 Tips Memilih Perkutut Lomba yang Bagus dari Fisik dan Suara

4. Pupur Abu-abu

Bagian pupur abu abu atas paruh melebar hingga bagian atas mata. Ini hanya ciri Perkutut lokal yang bagus. Jadi, kemungkinan jarang ditemukan di jenis Perkutut lain. Pupur tampak berwarna abu-abu bersih dan merata.

5. Paruh Perkutut Panjang

Untuk paruh Perkutut lokal yang bagus biasanya berukuran panjang. Kalau paruhnya panjang, Perkutut ini biasanya rajin bunyi atau rajin manggung.

6. Bola Mata Bulat

Perkutut lokal yang bagus mempunyai bola mata yang bulat dan sorot mata tajam serta terlihat lebar. Ini karena burung Perkutut sering melihat burung lain atau mangsa dari kejauhan di dalam hutan.

Baca juga: 25 Cara Membedakan Perkutut Jantan dan Betina dari Fisik dan Cara Kawin

7. Lingkar Garis Hitam Tegas

Bagian lurik atau lingkar garis hitam Perkutut lokal selalu tampak yang tegas dan jelas. Sebagian Perkutut lain mungkin juga mempunyai ciri fisik yang sama.

Perkutut Lokal yang Bagus (africanbirdclub.org)
Perkutut Lokal yang Bagus (africanbirdclub.org)

8. Leher Warna Abu-abu

Burung Perkutut lokal memiliki warna bulu abu-abu terang di leher dan coraknya melebar.

9. Punggung Agak Menonjol

Dilihat dari samping, Perkutut lokal yang berkualitas mempunyai punggung menonjol ke atas (mirip punuk unta).

Baca juga: 11 Ciri Perkutut yang Dilarang Dipelihara Menurut Buku Primbon Jawa

10. Dada Melengkung ke Dalam

Kebalikan dari bagian punggung, kalau bentuk dada Perkutut lokal yang bagus biasanya melengkung ke dalam.

11. Bulu Ekor Panjang

Untuk bulu ekor pastinya berukuran panjang. Semakin panjang ekornya, berarti Perkutut tersebut semakin bagus. Kemudian jumlah ekor Perkutut yang penuh misteri biasanya berjumlah ganjil.

12. Fisik Lebih Gagah

Jika dilihat secara keseluruhan, bagian fisik Perkutut lokal lebih gagah dan proporsional. Tubuhnya tampak gagah saat dia berdiri tegak. Kemudian tidak ditemukan luka atau darah di tubuh Perkutut lokal.

Baca juga: Perkutut Udan Mas Bertuah dengan Ciri Katuranggan yang Asli

Loading...

13. Warna Kaki Perkutut Lokal

Ciri Perkutut lokal yang cukup mudah dikenali yakni kakinya lebih pendek dan berwarna keunguan atau merah kehitaman. Oh iya, jumlah sisik kaki burung Perkutut lokal juga mempunyai arti tersendiri. Kalau Anda penasaran, silakan baca artikelnya di Mitos Katuranggan Perkutut dari Jumlah Ekor dan Sisik Kaki.

14. Cengkeraman Kaki Kuat

Salah satu patokan untuk mengenali Perkutut lokal terbaik ada pada cengkeraman kakinya. Coba Anda pegang Perkutut lalu sodorkan jari Anda di kakinya. Kalau dia mencengkeram kuat dan tidak dilepas, berarti itu Perkutut lokal bagus.

15. Mental Perkutut

Dari segi mental juga penting, karena Perkutut Lokal yang bagus mempunyai mental fighter. Walau didekati siapapun dia tidak takut. Perkutut ini akan tetap bunyi nggayer dan terlihat melawan. Namun, jarang sekali ditemukan Perkutut pemberani seperti ini.

Sebab, kebanyakan Perkutut lokal akan merasa stres saat dipelihara oleh manusia. Wajar saja karena dia sebelumnya Perkutut alam yang tidak pernah berinteraksi dengan manusia. Jadi, diperlukan waktu lama untuk sampai ke tahap mental yang bagus.

Ciri Perkutut Lokal yang Bagus (wikipedia.org)
Ciri Perkutut Lokal yang Bagus (wikipedia.org)

16. Usia Cukup Tua

Semakin tua usia burung Perkutut lokal maka suaranya akan semakin bagus. Berbeda dengan Perkutut Bangkok, karena kalau semakin tua, performa suaranya akan menurun. Kalau mau beli Perkutut lokal, maka beli saja dari seseorang yang sudah memeliharanya dalam waktu lama.

Jika Anda beli Perkutut lokal ombyokan, Anda harus menyiapkan stok sabar yang banyak. Pasalnya, Perkutut lokal ombyokan lebih lama proses gacornya. Terkadang di awal-awal, Perkutut tidak mau bunyi karena proses adaptasi.

17. Suara Perkutut Besar

Banyak orang yang bertanya-tanya kenapa burung Perkutut lokal miliknya bersuara kecil. Ini karena Perkutut lokal alam memang suaranya kecil. Berbeda dengan suara Perkutut bangkok yang selalu terdengar besar dengan ketukan yang jelas.

Suara perkutut lokal memang kecil, tapi ada Perkutut lokal yang suaranya besar. Setiap burung tidak sama, tetapi bila Anda memiliki Perkutut lokal dengan suara besar, berarti Anda sangat beruntung. Tambahkan beberapa jamu, seperti kencur, terasi, dan biji kacang hijau agar suaranya lebih gacor.

18. Leher Perkutut Besar

Coba raba bagian leher Perkutut. Caranya pegang bagian paruh lalu tarik ke atas perlahan. Pegang leher dan rasakan apakah besar atau kecil. Jika Perkutut lokal memiliki leher besar atau tenggorokan besar, maka suaranya pasti besar dan panjang.

19. Kotoran Padat

Jangan salah, kotoran Perkutut bisa dijadikan indikasi dia sedang sakit atau sehat. Apabila kotoran Perkutut lokal berbentuk padat, berarti dia sedang sehat. Namun, saat beli dari ombyokan atau hasil jaringan, kebanyakan kotoran Perkutut cair.

Anda bisa memberikan obat cacing atau menjemurnya lama. Burung seperti ini hanya stres dan proses adaptasi. Kalau bisa burung jangan dimandikan dulu, tapi dijemur saja sampai kotoran kembali normal. Lokasi tempat gantung sangkar juga jangan dipindah-pindah biar dia cepat beradaptasi.

20. Perkutut Tidak Kerabyakan

Burung Perkutut lokal yang bagus tidak akan kerabyakan saat didekati manusia. Dia justru akan tetap tenang dan menatap tajam orang di sekitarnya. Perkutut seperti ini mentalnya bagus sekali.

Kesimpulan

Demikian ciri Perkutut lokal yang bagus dipelihara. Untuk masalah mitos Perkutut lokal, Anda bisa percaya atau tidak. Namun, yang pasti burung Perkutut lokal mempunyai cirimathi atau katuranggan yang bagus untuk dipelihara.

Baca juga: 15 Ciri-ciri Perkutut Bertuah yang Baik Dipelihara

Terbukti sampai sekarang banyak sekali yang memelihara Perkutut lokal hasil tangkapan hutan. Namun, karena sering ditangkap, populasi Perkutut asli hutan menjadi berkurang. Mungkin sekarang, cukup sulit mendapatkan Perkutut lokal yang asli hutan.

Harga Burung Perkutut Lokal (olx.co.id)
Harga Burung Perkutut Lokal (olx.co.id)

Sebagian orang kemungkinan cuma mendapatkan Perkutut lokal dari hasil penangkaran. Hal ini karena lebih mudah ternak Perkutut lokal daripada menangkap Perkutut lokal langsung dari alam.

Kalau Anda mau mengambil Perkutut lokal sebaiknya pilih yang anakannya saja. Sebab, anakan Perkutut bisa dipelihara tanpa indukan. Kalau Anda mengambil indukan Perkutut, maka anakannya akan mati semua di sarang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • ciri-ciri perkutut jantan yang bagus
  • perkutut lokal jantan
  • suara perkutut lokal yang bagus
  • ciri perkutut lokal jantan
  • ciri-ciri perkutut lokal yang bagus
  • Suara burung perkutut lokal jantan
  • perkutut suara panjang
  • ciri perkutut yang bagus
  • ciri-ciri perkutut lokal jantan yang bagus
  • burung perkutut lokal yang bagus

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!