Ciri Kenari Jantan Dewasa dan Paud 100 Persen Akurat (youtube.com)

12 Ciri Kenari Jantan Dewasa dan Paud 100 Persen Akurat

Burungnya.com – Anda yang masih bingung membedakan jenis kelamin Kenari jantan dan betina, tidak perlu khawatir. Soalnya, sekarang Anda pasti bisa mengetahui mana burung Kenari jantan dan mana burung Kenari betina.

Dari bagian fisik sangat terlihat ciri Kenari jantan atau betina. Nanti akan kami jelaskan fisik bagian mana yang bisa menunjukkan jenis kelamin Kenari. Dijamin Anda langsung bisa membedakan kelamin burung Kenari.

Bahkan, Anda bisa mengetahui Kelamin jantan 100 persen akurat. Jika sudah mengetahui mana burung jantan, berarti burung betina akan ketahuan. Terlebih banyak orang lebih memilih Kenari jantan daripada betina. Sehingga pembahasan kali ini kami fokuskan pada burung pejantan.

Ciri Fisik Kenari Jantan 100 Persen Akurat.

  1. Bagian dubur menonjol dan panjang.
  2. Sekitar dubur terdapat bulu panjang, agar mudah melihatnya Anda bisa menyemprot bagian dubur.
  3. Mata dan garis paruh sejajar. Artinya bagian mata lurus dengan garis belahan paruh.
  4. Postur tubuh Kenari jantan besar dan gagah.
  5. Bagian kepala besar dan barong.
  6. Kaki Kenari sangat kokoh dan cengkeraman kuat.
  7. Ekor Kenari jantan panjang kalau betina pendek.

Perlu Anda ketahui, ini ciri fisik Kenari jantan yang sudah dewasa. Kalau Anda melihat burung Kenari dengan ciri-ciri tersebut, sudah pasti 100 persen jantan. Agar lebih akurat lagi, Anda bisa membeli Kenari dari penangkarnya langsung.

Biasanya di sana sudah jelas, mana burung Kenari jantan dan betina. Selain itu, di cincin kakinya terdapat biodata asal usul atau trah Kenari tersebut. Dengan begitu, Anda akan mengetahui burung Kenari ini berasal dari mana.

Ciri Kenari jantan 100 persen akurat (youtube.com)
Ciri Kenari jantan 100 persen akurat (youtube.com)

Ciri Kenari Jantan Paud 100 Persen Akurat

Burung Kenari jantan usia dewasa mungkin cukup mudah dikenali jenis kelaminnya. Nah, bagaimana dengan Kenari paud atau bakalan, apakah jenis kelaminnya juga mudah dikenali? Kenari paud jantan dan betina memang cukup sulit dibedakan karena usianya masih 3-5 bulan.

Loading...
  1. Alat kelamin atau dubur besar, lebar, dan menonjol.
  2. Garis paruh sejajar dengan tengah mata.
  3. Kenari paud jantan lebih aktif ngeriwik sejak usia 1 bulan.
  4. Ukuran tubuh lumayan besar dan gagah.
  5. Kaki kokoh dan mencengkeram kuat.

Ciri Kenari Betina Paud 100 Persen Akurat

  1. Alat kelamin kecil, pendek, dan lancip.
  2. Garis paruh berada di bawah mata.
  3. Ukuran tubuh kecil.
  4. Burung tidak ngeriwik.
  5. Kaki kecil dan cengkeraman biasa saja.

Bagaimana mudah bukan cara membedakan Kenari jantan dewasa dan paud? Perbedaan kelamin burung Kenari bisa dilihat dengan jelas dari dubur atau pen. Bila bulu yang menutupi dubur tebal, Anda bisa meniupnya atau membasahinya dengan air.

Bagian tubuh burung Kenari yang dijadikan faktor penentu jenis kelamin adalah dubur, garis paruh, ukuran tubuh, dan suara. Setelah faktor-faktor tadi Anda kuasai, maka Anda pasti bisa membedakan kelamin Kenari secara akurat.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian ciri Kenari jantan dewasa dan paud 100 persen akurat. Kalau burung sudah dewasa, tentunya lebih mudah mengetahui jenis kelaminnya. Namun burung bakalan agak sulit karena pertumbuhannya belum maksimal. Sehingga ada kemungkinan burung yang dikira jantan ternyata jadi betina.

Oleh karena itu, kami sarankan Anda membeli burung dari peternak Kenari. Kalau membeli burung Kenari ombyokan, penjualnya mungkin akan memberikan jaminan kelamin jantan, tapi setelah beberapa bulan ternyata burung betina. Daripada mengambil risiko seperti ini lebih baik beli Kenari dari penangkaran.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Dubur burung kenari dewasa

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!